Seragam

by : Milyader

port_seragam_bumn

APA ITU SERAGAM

  • Memang ini merupakan pekerjaan berat membuat seragam makanya jangana anda kerjakan sendirian, serahkan saja pada ahlinya. Memang betul salah satu manfaat positif dari adanya seragam dapat meningkatkan rasa persatuan bangsa sehingga dapat memunculkan sikap kebersamaan. Teringat dulu ketika sama-sama menggunakan seragam SMA, para remaja akan merasa berada di satu kelompok yang sama, meskipun berasal dari sekolah yang berbeda ini membuktikan fungsi adanya identitas. Seragam sekolah adalah seragam yang digunakan sebagai identitas siswa- siswi disebuah lembaga pendidikan baik negeri ataupun swasta. Negara yang berada didunia ini mempunyai ketentuan masing-masing dalam ketentuan seragam sekolah bagi siswa dan siswinya, khususnya pada siswa siswi sekolah dasar dan menengah harus memilikinya, namun membuat pekerjaan seragam adalah bukan profesi anda, serahkan saja pada ahlinya.

 

seragam hipmi solo

 

KENAPA MEMBUAT SERAGAM ITU RUMIT ?

  • Ini kami ceritakan mengapa pembuatan seragam itu berat. Proses pembuatan seragam sekolah, langkah pertama yang harus dilakukan yakni membuat sejumlah sketsa atau desain sesuai kebutuhan untuk pekerjaan selanjutnya. Pembuatan desain perlu dan diseleksi dari beberapa desain yang sudah ada, selanjutnya dilakukan analisa dan pemilihan desain yang terbaik kemudian diproses lebih lanjut untuk dibuatkan pola yang akan digunakan untuk proses pemotongan. Seragam sekolah dapat didefinisikan sebagai sebuah pakaian yang biasa dikenakan di lembaga pendidikan. Konon penggunaan pakaian seragam untuk keperluan sekolah ini awalnya dimulai di Inggris pada abad ke-16 untuk alasan kesetaraan sosial dan identitas kemudian diikuti oleh banyak negara lain di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia raya. Inilah yang membuat seragam itu menjadi pekerjaan yang tidak mudah bahkan rumit, serahkan saja pada ahlinya, beres !!

seragam kain biru

DETAIL PROSES BERATNYA MEMBUAT SERAGAM

  • Proses design, memang proses ini merupakan proses kreatif yang akan menentukan nanti seragam itu akan berwujud seperti apa ? artinya anda memerlukan skill gambar, skill imajinasi tinggi untuk proses kreatif ini.
  • Pemilihan Warna Seragam, proses ini adalah sebuah ketentuan yang sudah disepakati atas ide kreatif contohnya : Seragam Putih Merah Untuk SD. Seragam SD yang terdiri dari atasan putih bawahan merah dipilih sebagai perlambang energi dan semangat tinggi yang menunjukkan keceriaan anak dengan rentang umur seusia SD. Seragam Putih Biru Untuk SMP. Seragam SMP yang terdiri dari atasan putih dan bawahan biru biasanya biru tua dipilih karena warna biru mencerminkan rasa percaya diri dan mandiri sesuai jiwa pelajar SMP yang mulai menginjak usia remaja. Seragam Putih Abu Untuk SMA Seragam SMA dengan warna putih abu dipilih untuk menunjukkan kedewasaan dan ketenangan. Dimana pada masa ini para pelajar berkesempatan untuk mulai mengenal atau mencari jati diri mereka.
  • Proses Pembuatan Seragam Sekolah, Berbicara mengenai seragam sekolah lantas proses-proses penting apa saja ya yang kira-kira terjadi dalam sebuah pabrik konveksi seragam? tentunya dari prosesnya pun¬† rudah rumit, serahkan saja pada ahlinya itulah mental orang kaya.

port_seragam_hipmisafari

  • Mendesain Seragam Sekolah, Dalam pembuatan seragam sekolah, langkah pertama yang harus dilakukan yakni membuat sejumlah sketsa atau desain sesuai kebutuhan. Dari beberapa desain yang sudah ada, selanjutnya dilakukan analisa dan pemilihan desain yang terbaik kemudian diproses lebih lanjut untuk dibuatkan pola.
  • Pemilihan Bahan Kain, Untuk membuat seragam sekolah yang berkualitas hendaknya dipilih bahan kain yang bagus, bersifat sejuk dan dapat menyerap keringat dengan mudah. Diantara sekian banyak jenis bahan kain yang ada, kain katun, oxford, TC dan TR merupakan kain yang paling umum digunakan sebagai seragam di Indonesia.

koleksi seragam hipmi

  • ¬†Pembuatan Pola Seragam, Saat pabrik konveksi menerima pesanan seragam, maka mereka akan melakukan tahap analisis desain kemudian membuat pola seragam berdasarkan hasil pengukuran (dari sampel). Untuk membuat sebuah seragam yang berkualitas dan terasa nyaman saat dikenakan perlu dilakukan pula pengukuran yang tepat.
  • Khusus di sejumlah pabrik konveksi biasanya terdapat dua macam metode pembuatan pola baju yang dapat diterapkan yakni menggunakan metode manual ataupun metode CAD/CAM.
  • Grading Pola Baju, Dalam proses pembuatan seragam sekolah diperlukan pula yang namanya grading untuk memproduksi pakaian secara masal dengan berbagai ukuran sekaligus. Tingkatan ukuran pola seragam sekolah yang telah melalui tahap grading baik secara manual ataupun dengan komputer biasanya dinyatakan dalam ukuran S, M, L dan XL.

seragam kain batik

  • Pengaturan Marker Making, Dari pola standar yang sudah dibuat sebelumnya, marker making selanjutnya menentukan seberapa panjang dan lebar (dalam yard) kain yang dibutuhkan untuk setiap desain seragam sekolah. Dalam membuat seragam model dan ukuran yang dipesan hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Pemotongan Bahan Kain, Setelah melakukan marker making selanjutnya perlu dilakukan yang namanya cutting atau pemotongan bahan kain yang telah diberi pola. Supaya pemotongan desain pola pada kain lebih rapi, pabrik konveksi biasanya akan mengandalkan kerja mesin untuk memotong bahan kain.

sablon batik seragam

  • Quality Control, Setelah proses penjahitan selesai dilakukan, seragam sekolah selanjutnya akan diseleksi oleh bagian quality control untuk mengendalikan, menyeleksi dan menilai kualitas suatu produk pakaian agar sesuai standar mutu yang diinginkan. Dengan kata lain tujuan utama dari quality control yaitu:
  • Proses Finishing, Setelah seragam sekolah selesai di produksi selanjutnya seragam tersebut dirapikan dengan cara disetrika supaya hasilnya terlihat lebih rapi. Untuk yang terakhir kalinya sebelum didistribusikan kepada konsumen seragam sekolah dibawa ke ruang pengepakan dan diseleksi sesuai kualitasnya.
  • Pengemasan Produk, Pengemasan produk menjadi proses akhir dari pembuatan seragam. Biasanya pabrik konveksi memiliki unit pengemasan yang bertugas menata seragam-seragam atau produk jadi konveksi untuk siap didistribusikan kepada pemesan atau konsumen.

sablon batik kerja

PRODUKSI KAIN SERAGAM BATIK

  • Lagi-lagi ini proses yang menjenuhkan. Proses yang panjang dari Cetak Kain Batik Bebas Biaya Design & Media Cetak, Bebas Revisi Hingga Disetujui ini memeng menjenuhkan. Dituntut dengan Pelayanan Profesional, Berkomitmen, Kepuasan Konsumen Tujuan Utama Kami untuk membuatkan seragam batik berkualitas. Harus kuat melayani Pesan Seragam Kanto, Pesan Seragam Sekolah, Pesan Seragam Kedinasan. Kami pabrik pembuatan kain batik terbesar di Solo, sehari kami produksi 10.000m kain batik. Pabrik milik sendiri, harga termurah, pengerjaan cepat. Ini pekerjaan orang susah, anda cukup diam saja dikantor, kami kerjakan untuk anda sampai jadi.

meja sablon batik

 

kaos seragam iibf solo

 

kaos olah raga smp muhammadiyah

 

seragam paud

 

seragam tk paud

suasana produksi kain batik seragam

meja batik

 

rakel batik

 

seragam tk

 

konveksi seragam

 

 

 

 


>>>Lainnya<<<