Daftar tanya jawab membangun keberkahan hidup berkeluarga | Kayamara Jaya Barokah
Menu

Daftar tanya jawab membangun keberkahan hidup berkeluarga

Aug
09
2020
by : .... Posted in : uncategorized

Dalam kesempatan ini kami mencoba berbagi cara2 membangun keberkahan dan poncasi2 utama yang harus dibangun untuk tujuan tsb. Kami menamainya Standart Operating Prosedure (SOP) keberkahan hidup dimana SOP ini dapat dijadikan tanya jawab untuk sumber inspirasi saya dalam membangun keberkahan berkeluarga, syukur juga bermanfaat untuk anda, barokaallah. Hidup berkah itu bukan mimpi 1 malam, namun harus dibangun sejak 25 tahun sebelum anak lahir.

 

keberkahan

Pernahkan anda merasakan hal – hal ini didalam hidup anda ? jika ya, berati hidup anda berkah :

Semakin bersahaja hidup terasa serba kecukupan pas dengan apa yang dibutuhkan dan tidak berlebih atau melampaui batas. Karena keberkahan bukan berarti banyak namun lebih pada tercukupinya semua kebutuhan hingga dapat berbagi. Nikmat ketika beribadah, banyak orang ketika beribadah masih ingat akan dunia, ibadah yang seharusnya merupakan wujud syukur dan taat menjadi media teringatnya amsalah – masalah duniawi hal tersebut tidak akan anda rasakan jika hidup ini berkah. Istiqomah dalam kebaikan, Allah maha membolak balikan hati, jika ALLAH meneguhkan hati anda kepada agama Allah hingga mati, itulah keberkahan yang sejati. Bijaksana dalam bertindak, hal ini ditunjukan semakin kuatnya ke ketaatan anda kepada syariat Allah karena tidak ada yang lebih bijaksana selain hal yang disyariatkan oleh Tuhan Yang Maha Bijaksana.
Karena keberkahan erat kaitanya dengan pendidikan anak yang tumbuh menjadi anda, maka baca dulu mengenai mendidik anak 25 tahun sebelum dia lahir di buku ini.
Imam Ghozali berkata :

“Didiklah anakmu 25 tahun sebelum ia dilahirkan”.

Mendidik diri sekali lagi tidaklah instan. Butuh waktu yang panjang. Tak heran, Imam Al Ghazali bertutur, “Didiklah anakmu 25 tahun sebelum ia dilahirkan”. Didiklah diri kita untuk menjadi pribadi qur’ani jauh sebelum anak itu dilahirkan. Yah…mendidik gurunya dahulu, orang tuanya sebagai madrasah pertamanya.
Artinya dibangun ketika seseorang belum mendapat jodohnya atau masa lajang, dengan kata lain yang membangun adalah orang tua kita sebelumnya. Sedang keberkahan yang didapat ditengah jalan oleh pribadi dinamakan hidayah., Sebelumnya kita pahami yang namanya keberkahan.
Keberkahan akan mengundang rejeki dari arah yang tak disangka – sangka, apa itu rejeki sebenarnya ? rejeki bukanlah uang, uang adalah salah satu cabang rejeki terendah derajatnya karena uang adalah ciptaan manusia, sedangkan rejeki adalah ciptaan Allah yang maha memilik rejeki. Jika anda ingin mengetahui hakekat rejeki sebenarnya silahkan pelajari dulu buku ini.

 

bukuilmu1 Intermezo, gambar sebagai pemanis saja


Kapan keberkahan harus mulai dibangun ?

Keberkahan keluarga adalah masa dimulainya berkeluarga, na’am ( نَعَم ), kita fokus lagi kepada SOP membangun keberkahan hidup, dimulai dari 25 tahun sebelum anak kita lahir. na’am ( نَعَم ), betul 20th, artinya anda harus mendidik diri sendiri agar senantiasa beriman dan bertakwa.

  • SOP Masa Bayi Yang Berkah, tanda  – tanda keberkahan dibangun dari usia bayi, contoh: nabi Yusuf sudah menampakan tanda2 kenabiannya yang berkah ketika bayi, nabi ismail pun demikian, jugapun nabi ISA hingga Muhammad. Maka pembangunan keberkahan dapat dimulai dari usia bayi. Untuk melihat secara detail cara – cara membangun keberkahan ketika bayi simak artikel berikut ini
  • SOP Masa Kecil Yang Berkah, masa kecil adalah masa yang begitu menentukan keshalehan seseorang. Kenapa demikian karena seseorang yang masih kecil masih suci dapat dengan mudah menerima ajaran kebaikan dengan cepat menirunya kemudian menjadi kebiasaan. Masa kecil tidaklah dapat dianggap remeh. Seorang anak yang berasal dari keluarga baik – baik jika di letakan dilingkungan kemaksiatan, dia akan tumbuh menjadi produk2 kemaksiatan. Maka masa kecil adalah masa untuk membangun keberkahan sedini mungkin.
  • SOP Masa Remaja Yang Berkah, masa remaja merupakan masa transisi, masa peralihan manusia dari anak-anak menuju dewasa. Dimana terjadi perubahan baik secara fisik, psikis, maupun sosial. Pada masa ini juga remaja mulai belajar banyak hal tentang kehidupan. Remaja mulai belajar bergaul dan mengenali lingkungan sekitarnya. Masa remaja adalah masa krisis dimana pembangunan karakter dimulai menuju kematangan atau dewasa sehingga jika tidak berhati – hati diusia ini maka akan mengakibatkan sulitnya membangun keberkahan di masa selanjutnya.
  • SOP Masa Dewasa Yang Berkah, adapun tugas perkembangan masa dewasa awal adalah: memilih pasangan hidup, mencapai peran sosial, bertanggung jawab, mencapai kemandirian emosional, belajar membangun kehidupan rumah tangga dengan pasangan hidup, mengasuh anak, dan menjadi warga negara yang baik. Pada masa inilah segala pengetahuan tentang kesolehan diuji. Masa dewasa adalah masa penentu apakah keberkahan itu akan dipanen dikemudian hari.
  • SOP Masa Berkeluarga Yang Berkah, perencanaan keluarga sangat erat kaitannya dengan mempersiapkan kehamilan. Dengan memahami kapan harus menunda kehamilan dan jarak yang ideal antar kelahiran, pasangan muda bisa lebih produktif dan bahagia menjalani aktivitasnya. Masa inilah adalah masa regenerasi untuk memperkuat pondasi keberkahan karena menggandeng pihak dari luar diri seseorang.
  • SOP Masa Tua Yang Berkah, Jika seseorang sudah merasakan lebih mudah lelah, gampang pegal linu, sering merasa tidak enak badan, sudah istirahat, tapi tubuh terasa tidak fit, imun menurun dan mudah sakit inilah masa tua. Namun ketika masa tuapun masih di nilai berkah jika masa tua itu lebih bermanfaat untuk mendekatkan diri, keluarga dan lingkungan untuk mendekat kepada Allah SWT.
  • SOP Masa Mati Yang Berkah, mati merupakan titik terakhir perjuangan seseorang didunia fana ini. Saat mati merupakan momentum untuk menentukan apakah kita akan memiliki kehidupan yang lebih baik setelah mati ? Karena ada kehidupan setelah mati yang kekal abadi yaitu dikehidupan akhirat. Seseorang akan memiliki keberkahan ketika melanjutkan kehidupanya di surga, sedang ketidakberkahan akan melanjutkan kehidupannya di neraka.

Demikian itu jika kedua calon orang tuanya semakin bertambah kebaikannya, maka anak itu membawa berkah
Jadi keberkahan itu dibangun secara bertahap, tentunya membutuhkan istiqomah dalam membangunnya. Nabipun meletakan dasar istiqomah menjadi pondasi utama dalam membangun keberkahan. Ada 1 doa yang tak pernah dilupakan oleh nabi dan tidak pernah ditinggalkan, yaitu doa meminta istiqomah. Doa ini begitu pentingnya, bahkan lebih Rasulullah sering membacanya melebihi doa sapu jagad. Bagaimana bunyi doa istiqomah ini ?

 

Selalu istiqomah di jalan Allah. Berikut ini dua di antaranya, yaitu:

Kemudian doa yang pertama:

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِى عَلَى دِينِكَ
Yaa muqollibal qulub tsabbit qolbi ‘ala diinik
Artinya: “Wahai Zat yang membolak-balikkan hati teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu,” (HR. Tirmidzi, Ahmad, dan Hakim)

 

Kemudian doa yang kedua:

َّأَللَّهٌمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ وَعَطَائِكَ رِزْقًا طَيِّبًا مٌبَارَكًا، اَللَّهُمَّ إِنَّكَ أَمَرْتَ بِالدُّعَاءِ وَقَضَيْتَ عَلَىَّ نَفْسَكَ بِالْاِسْتِجَابَةِ وَأَنْتَ لَا تٌخْلِفٌ وَعْدَكَ وَلَا تٌكَذِّبُ عَهْدَكَ اَللَّهُم مَا أَحْبَبْتَ مِنْ خَيْرٍ فَحَبِّبْهٌ إِلَيْنَا وَيَسِّرْهُ لَنَا وَمَا كَرَهْتَ مِنْ شَئْ ٍفَكَرِهْهُ إِلَيْنَا وَجَنِّبْنَاهُ وَلَا تُنْزِعْ عَنَّا الْإِسْلَامَ بَعْدَ إِذْ أَعْطَيْتَنَا

Allahumma innii as’aluka min fadhlika wa athaa’ika rizkan thayyiban mubaarakan. Allahumma innaka amarta bid du’aa’i wa qadhaita alayya nafsaka bil istijaabah wa anta laa tukhlifu wa’daka wa laa tukadzzibu ahdaka. Allahumma ma ahbabta min khairin fa habbibhu ilaina wa yassirhu lanaa wa maa karahta min syaiin fa karihhu ilaina, wa jannibnaahu wa laa tunzi’ annal islaam ba’da iz a’thaitanaa.


PORTOFOLIO

UNIT USAHA







Thursday 9 May 2019 | uncategorized

Jika anda ingin memiliki usaha dibidang advertising tapi minim modal inilah solusinya. Kayamara Advertising, anak perusahan…

Wednesday 20 January 2021 | uncategorized

Panduan Cara Mengisi Formulir e-Form DJP Online Sebelum mengisi SPT Tahunan UMKM, WP harus mendaftar ke…

Wednesday 7 November 2018 | Relasi, uncategorized

Dalam kesempatan yang baik itu Kayamara menyediakan waktu untuk selalu menjaga jejaring, kali ini bersilaturahmi dengan…

Sunday 10 May 2020 | uncategorized

Asalamualaikum wrwb. Perkenalkan say budi kayamara .. Masa pandemik ini akan sangat panjang. Tentu perlu doa…

Monday 18 September 2017 | Bisnis, uncategorized

Akhir – akhir ini kami menemukan Solusi Cerdas dan Terpercaya Pembayaran Tagihan Keluarga sehingga dengan jasa…

Thursday 17 August 2017 | uncategorized

Inilah Cara Bagi Hasil Keuntungan Usaha untuk Investor , inilah Cara bagi hasil keuntungan usaha untuk…

Wednesday 30 December 2020 | uncategorized

FAMILY MAN *1380013836833 *Desi NIAGA *701052072900 *Desi BCA *3270349837 *Desi BNI *0477548884 *Desi BRIS *1029873611 *Desi…

Monday 15 January 2018 | Investasi, uncategorized

cara investasi emas syariah INVESTASI Cicil Emas adalah fasilitas yang disediakan oleh INVESTASI untuk membantu nasabah…