Menu

Syirkah persewaan molen dan pembelian aset tanah profit 30%

Jun
25
2020
by : .... Posted in : Bisnis, Blog, Investasi, uncategorized

Asalamualaikum warahmatullahi wabarrakatuh. Bismillahirrahmannirrohim. Dengan hormat, kami kayamara tak bosannya menginformasikan peluang kerja sama yang menguntungkan ini yaitu Syirkah persewaan molen dan pembelian aset tanah usaha. Kami berani bilang ini menguntungkan karena kami sudah mengalaminya selama 3 tahun dan persewaan molen ini ternyata memiliki keunggulan disamping sangat minim resiko.
sewamolen kra

Berikut ini adalah alasan mengapa kami memberikan tawaran syirkah sewa molen ini.

  1. Mudah dijalankan. Karena prinsip kerjanya sederhana, yang menjadi perhatian adalah pengiriman, maintanance dan administrasi
  2. Tak perlu karyawan terlalu banyak karena sewa molen ini hanya pekerjaan yang sebentar dilakukan, karyawanyapun dapat dibayar by job.
  3. Cepat balik modal dan tentunya cepat Return of Investment (ROI).
  4. Pangsa pasar jelas, calon pelanggan potensial untuk rental molen cor, scafolding, alat pemadat tanah adalah pemborong atau kontraktor bangunan.
  5. Aset molen dapat dijual kembali dengan harga yang cukup baik.
  6. Aman karena aset berupa molen yang merupakan benda keras tahan banting
  7. Molen adalah alat yang sangat bandel dengan perawatan yang sangat mudah.
  8. Kami telah menjalankan selama 3 tahun sehingga tahu betul dimana kendala dan cara mengantisipasinya.
  9. Jaringan kami sudah cukup baik untuk mengcover jasa ini.
  10. Di Google, youtube, facebook kami sudah populer terkhusus pada kata kunci didaerah kami
  11. Dana anda aman, karena di backup oleh property tanah yang diatasnya untuk tempat usaha tersebut, kita tahu bahwa tanah tidak perlu perawatan dan nilainya terus naik permanen 10 – 20% per tahun
  12. Anda tak perlu menanggung resiko operasional bisnis yang begitu rumit dan melelahkan seperti : penyediaan armada mobil angkut, SDM kirim, perawatan tanah dan molen, pengkontrolan molen, penjemputan molen, kerusakan2 alat, penyediaan peralatan, kebersihan dll semua secara operasional adalah tanggungan pengusaha.

 

Gambaran umum tentang syirkah ini

  • Kami menangkap peluang sebidang tanah dikawasan perkotaan didekat kantor kayamara yang harganya sudah tentu insya Allah naik setiap tahunnya
  • Kami sudah menjalankan usaha persewaan molen dengan baik selama 3 tahun lamanya
  • Syirkah ini secara garis besar adalah titip sewa, dimana anda menitipkan barang berupa tanah dan unit molen untuk dikelola dalam sebuah bisnis persewaan molen cor
  • Syirkah ini dengan akad musyarokah al mudarobah, dengan kata lain bagi hasil berdasarkan kesepakatan yang ditetapkan berdasar musyawarah ditimbang dari resiko yang ditanggung masing – masing mitra
  • Pemilik modal menanggung 100% dana yang menonjol adalah biaya penyusutan aset molen dan biaya tak terduga perawatan molen saja
  • Pengusaha menanggung seluruh biaya operasional harian untuk persewaan molen cor seperti : penyediaan armada mobil angkut, SDM kirim, perawatan tanah dan molen, pengkontrolan molen, penjemputan molen, kerusakan2 alat, penyediaan peralatan, kebersihan dll semua secara operasional adalah tanggungan pengusaha.
  • Sedangkan untuk menghemat biaya balik nama maka pembelian tanah dapat langsung diatas namakan anda selaku pembeli tanah kemudian sertifikat dapat dititipkan di ntaris atau lembaga perbankan dengan membayar biaya titip yang harus ditandatangani oleh 2 belah pihak jika mengambil sertifikat tersebut.
  • Kami memiliki bengkel las dan 3 unit molen saat ini yang aktif beroperasi terkadang molen disewa hingga 5 bulan lamanya. Bengkel las tersebut berlokasi di Jl. Sembungan raya, jaten, karanganyar jawa tengah lihat maps untuk lebih jelasnya. Dengan demikian anda tak perlu kwatir akan bisnis ini karena kami yakin ini baik maka kami memperkuat armada atau aset untuk berbagi dengan anda.
  • Persewaan kami sudah berpengalaman berikut adalah dokumentasi operasional diwebsite resmi kami.

 

Foto calon lahan usaha

 

Peluang syirkah

Dengan syirkah maka resiko dapat diperkecil dan peluang saling memberi manfaat lebih besar. Dengan syirkah / kerjasama maka akan dibagi penanggungan resiko sesuai porsinya. Kami kayamara membuka peluang dengan dalam hal keikutsertaan dalam penyediaan lahan dan unit molen cor. Dengan cara ini mitra tidak perlu menanggung biaya-biaya operasional yang tidak melekat pada aset yang dibeli. Sedangkan biaya-biaya yang melekat seperti biaya servis / perawatan dan biaya tak terduga yang melekat pada aset yang dibeli ditanggung dua belah pihak yaitu mitra dan kayamara. Sedangkan nilai penyusutan aset molen cor ditangung oleh mitra dengan kata lain jika syirkah ini selesai masa kontraknya maka aset molen cor akan dijual dan 100% hasil penjualan akan dikembalikan kepada mitra. Dengan cara ini maka resiko mitra menjadi lebih kecil. Kenapa kayamara dapat menerapkan cara ini ? karena beberapa fasilitas seperti nampak pada tabel sudah dimiliki oleh kayamara  untuk operasional bisnis lain sehingga dengan cara ini kayamara  memaksimalkan fungsi aset / fasilitas tersebut untuk mensubsidi silang program syirkah ini. Berikut adalah perhitungan syirkah yang kayamara tawarkan. Sehingga dengan kondisi tersebut diatas biaya-biaya jauh lebih murah jika mitra ber-Syirkah dengan kayamara daripada menjalankan bisnis sendiri. Jika menjalankan bisnis sendiri biaya operasional cukup besar dan belum memiliki pengalaman berbisnis dibidang tersebut. Berikut tabel penghasilan syirkah. Hasil disini tentunya jika kondisi sesuai dengan rencana dimana harga dan volume sewa benar-benar tercapai. Kondisi ini akan mampu mencapai Return of Investment atas dana syirkah mitra kembali dalam hitungan kurang dari 2 tahun atau tepatnya 24 bulan dan mitra masih memiliki hak penuh atas hasil penjualan asset molen cor jika habis masa kerja samanya. Kerja sama ini rencananya akan dilakukan dengan tempo 3 tahun dan dapat diperbaharui sesuai dengan musyawarah mufakat.

 

Tabel potensi modal yang dibutuhkan

SM001 modal molen

Keterangan : Anggaran pembelian tanah itu kami hitung berdasarkan harga pasar yang ditawarkan kepada kami, posisi tanah sudah fix ada didekat kantor kami kayamara di PERUMNAS jl. salak 5 no. 125, ngringo, jaten, karanganyar, kurang lebih hanya berjarak 10 meter dari lokasi kantor kami. Tanah tersebut cukup strategis dan sudah ada fasilitas PDAM, Listrik, dan lingkungan yang sudah jadi. Pembelian tanah ini dibiayai penuh oleh anda sebagai pemilik modal. Begitu juga dengan pengadaan barang berupa alat berat molen cor sebanyak 3 unit pun juga anda yang mengadakan. Soal teknis pengadaan dapat dimusyawarahkan bersama.

 Tabel potensi omset / penjualan

SM002 OMSET

Keterangan : Dengan mengetahui HPP maka kita akan mengetahui potensi penjualan berdasar HPP tanah dan molen. Kami asumsikan tanah akan naik terus 10% per tahun secara progrsif sehingga harga jual akan mapak pada tabel diatas, nilai ini tidak permanen bisa naik lagi namun sangat jarang nilai properti turun apalagi di ngringo adalah hunian terpadat di kota karanganyar dengan jumlah penduduk mencapai 30.000 jiwa. Asumsi sewa molen adalah Rp. 1.300.000,- per bulan maka akan mendapatkan nilai seperti pada tabel ini asumsinya adalah setiap bulan laku terus molen keluar terus, namun jika tidak maka nilai akan berbeda.

 

 Tabel potensi keuntungan, biaya dan sharing profit


Keterangan : anda dapat melihat potensi keuntungan dari kerjasama syirkah ini, tabel diatas adalah keuntungan kotor sebelum dikurangi zakat 2,5% dan pajak 0,5% . Sedangkan biaya  – biaya syirkah yang mucul adalah perhitungan penyusutan molen dan perawatan tak terduga seperti turun mesin molen. Sedangkan penyusutan nilai aset menjadi tanggungan anda bukan berarti anda mengeluarkan uang lagi, karena sudah barang tentu molen akan menyusut harganya jika suatu saat dijual nantinya kira kira akan menjadi Rp. 6.000.000,- /unit kalau dijual lagi sebuah molen bekas namun juga sesuai harga pasaran saat itu nantinya.

 

Ketentuan umum

Mitra selaku pemilik modal menyerahkan sejumlah uang tertentu kepada kayamara group untuk dipergunakan sebagai modal usaha untuk jenis usaha persewaan molen cor. Kayamara selaku pengelola modal dari Mitra bertanggungjawab untuk mengelola usaha secara penuh. Kayamara menerima modal dalam bentuk uang ataupun barang dari mitra yang diserahkan pada saat perjanjian / sebelum syirkah disepakati dan ditandatangani. Mitra akan mendapatkan keuntungan bagi hasil usaha menurut persentase keuntungan yang telah disepakati bersama sebagaimana diatur dalam dalam perjanjian syirkah.

 

Modal syirkah

Besar uang modal usaha adalah seharga tanah yang dijual pada lokasi yang sudah ditentukan sedangkan besarnya modal untuk molen adalah sebesar harga molen sesuai dengan harga toko yang tertera pada kuitansi nantinya. Modal mitra tersebut diserahkan sebelum akad ini ditandatangani.

 

Pengelolaan usaha

Kayamara bekerja mengelola usaha sebagaimana tercantum dalam akad syirkah. Dalam mengelola usahanya, kayamara bisa dibantu oleh sejumlah staf yang semuanya berstatus sebagai partner usaha, pekerja lepas ataupun karyawan.

 

Pembagian keuntungan

Keuntungan usaha adalah keuntungan bersih berupa keuntungan (net profit) yang diperoleh dari kegiatan usaha dan bersifat relatif menyesuaikan volume penyewaan setiap bulannya. Keuntungan tersebut dikurangi zakat ( 2,5% dari profit ). Nisbah bagi hasil atas keuntungan usaha untuk mitra disepakati sebesar 30% & untuk kayamara 70% dari net profit untuk sewa molen dan pembelian lahan tanah sebesar 40% untuk kayamara dan 60% untuk pemilik modal . Pajak usaha adalah 0.5% dari omset usaha yang diambil tiap bulannya yang akan disetor kepada negara indonesia.

 

Menejemen resiko

Semua kerugian usaha sebagaimana tercantum akad syirkah ditanggung oleh mitra dan kayamara sesuai porsinya dengan mengutamakan asas musyawarah/kekeluargaan dalam menyelesaikan masalah kerugian tanpa meninggalkan kewajiban. Berikut adalah tabel penaggungan resiko dalam akad syirkah ini.

 

Laporan

Tutup buku akhir usaha dilakukan setiap bulan. Laporan bulanan terinci mengenai hasil penyewaan molen akan dikirimkan paling lambat 10 hari pada bulan berikutnya oleh Kayamara kepada Mitra. Penyerahan hasil keuntungan sebagaimana dalam akad syirkah dilakukan selambatnya-lambatnya 10 hari setelah jatuh tempo pembayaran akan diserahkan melalui transfer ke nomor rekening mitra.

 

Jangka waktu

Jangka waktu syirkah ini 36 bulan terhitung sejak akad syirkah ini disepakati dan ditandatangani. Ketika masa berakhirnya modal masih dalam bentuk asset barang maka akan dijual dan hasil penjualan molen 100% akan diserahkan kepada mitra. Akad syarikat ini akan ditinjau kembali setiap akhir periode untuk diperbarui dan/atau dimusyawarahkan kembali oleh kedua belah pihak.

 

Hak dan kewajiban

Mitra berkewajiban untuk :

  • Tidak mencampuri kebijakan usaha yang sedang dijalankan oleh kayamara
  • Tidak melakukan pemaksaan kepada kayamara untuk menjalankan usul, saran, ataupun keinginannya dalam melaksanakan kegiatan usaha ini
  • Tidak melakukan kegiatan teknis di tempat usaha tanpa seizin kayamara
  • Tidak mengambil atau menambah sejumlah modal usaha sebelum masa kontrak
  • Tidak menjalankan bisnis usaha yang serupa dilakukan oleh kayamara
  • Berhak membatalkan perjanjian dan/atau mengambil kembali sebagian modal usaha dari kayamara setelah terbukti kayamara melakukan penyelewengan, pelanggaran hukum negara dan/atau mengkhianati isi akad ini
  • Berhak untuk menunjuk ahli waris yang akan menerima keuntungan bagi hasil usaha bila berhalangan, yang dibuktikan dengan surat kuasa bertandatangan diatas materai selama jangka waktu Syirkah
  • Membantu mempromosikan usaha persewaan molen melalui media internet

Kayamara berkewajiban untuk:

  • Mengelola modal usaha yang telah diterima dari mitra untuk suatu kegiatan usaha yang telah ditetapkan, selambat-lambatnya 1 minggu setelah akad disepakati
  • Membuat laporan periodik kegiatan usaha setiap bulan untuk diserahkan kepada mitra
  • Melaporkan hal-hal yang bersifat luar biasa/musibah yang terjadi ketika kegiatan usaha sedang berjalan kepada mitra selambat-lambatnya 10 hari setelah kejadian.
  • Wajib menyerahkan keuntungan bagi hasil kepada pewaris mitra bila berhalangan dan menunjuk seorang ahli warisnya untuk menerima keuntungan tersebut.
  • Berhak mengelola dan menentukan kebijakan-kebijakan dalam kegiatan usaha
  • Berhak membatalkan perjanjian dan/atau mengembalikan kembali sebagian modal usaha dari mitra setelah terbukti mitra melakukan penyelewengan, pelanggaran peraturan negara dan/atau mengkhianati isi akad ini.

 

Perselisihan

Apabila terjadi perselisihan antara kedua belah pihak sehubungan dengan akad Syirkah ini, kedua belah pihak bersepakat menyelesaikannya secara musyawarah. Segala sesuatu yang merupakan hasil penyelesaian perselisihan akan dituangkan dalam suatu berita acara

 

Proses kesepakatan

Syirkah mengikat secara hukum kepada kedua belah pihak. Hal-hal lain yang mungkin kelak akan muncul dikemudian hari dan belum diatur dalam surat akad syirkah akan dimusyawarahkan kedua belah pihak dan akan dituangkan dalam bentuk addendum. Surat akad syirkah dibuat rangkap 2, seluruhnya ditandatangani oleh kedua belah pihak pada hari dan tanggal dimuka setelah dibubuhi materai. Demikian, atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih. *Perhitungan diatas berdasar harga sebelumnya, untuk perhitungan ter update menyesuaikan harga pasar saat ini.

Wa’ala ikumssalam Wr. Wb.

Hubungi kami segera, kesempatan bermitra terbatas
Hormat kami, Direksi
Budi Prihono, S.Sos
085725072225

 

Gallery operasional syirkah molen yang sudah berjalan 3tahun.

Anda juga dapat melihat dokumentasi operasional persewaan molen yang sudah kami jalankan lebih dari 2 tahun disini


PORTOFOLIO

UNIT USAHA





BACA: Grafis

Monday 19 February 2018 | Blog

KAYAMARA Turut Mendukung Pengajian di Masjid Hidayatullah Kentingan Solo, Pengajian dalam bahasa Arab disebut At-ta’llimu asal…

Monday 15 January 2018 | Blog, Investasi

Tawaran Investasi Bagi Hasil Cara Bagi Hasil Keuntungan Usaha Sebelumnya Kita sudah menjelaskan tiga jenis rekan…

Monday 22 January 2018 | Blog, Investasi

Program kerjasama ini adalah medel bagi hasil yang ditetapkan berdasar kemampuan perusahaan dalam memberikan laba dan…

Friday 16 February 2018 | Bisnis, Blog, Relasi

Perjuangan ekonomi tidak dapat dilakukan dengan seorang diri, karena sekuat apapun seekor singa tak akan mampu…