Categories
uncategorized

Apa itu coronavirus, bagaimana kronologinya kok bisa hebohh ?

Apa itu coronavirus, bagaimana kronologinya kok bisa hebohh ? – Jawaban atas semua pertanyaan Anda tentang wabah penyakit yang menyebar di seluruh dunia. Dari mana coronavirus datang dan kemana bisa menyerang selanjutnya? Jawaban untuk semua pertanyaan Anda. Seberapa mematikan koronavirus? Apa saja gejala penyakitnya? Coronavirus baru (Covid-19) menyebar dengan cepat. Lebih dari 149.000 orang diketahui terinfeksi dan lebih dari 5.500 kematian telah dicatat – termasuk 21 orang di Inggris yang didiagnosis dengan virus tersebut. Sebagian besar kasus dan kematian telah terbatas di Tiongkok, tetapi virus ini menyebar secara internasional. Apa itu coronavirus? Coronavirus adalah keluarga virus yang menyebabkan penyakit pada hewan. Tujuh, termasuk virus baru, telah membuat lompatan ke manusia, tetapi kebanyakan hanya menyebabkan gejala seperti pilek. Dua coronavirus lain – Sindrom Pernafasan Timur Tengah (Mers) dan sindrom pernafasan akut yang parah (Sars) – jauh lebih parah, setelah menewaskan lebih dari 1.500 orang di antara mereka sejak tahun 2002. Virus baru, yang secara resmi disebut Covid-19, juga berbahaya – sejauh ini, sekitar 20 persen dari kasus yang dikonfirmasi telah diklasifikasikan sebagai parah atau kritis. Sejauh ini, sekitar 15 hingga 20 persen kasus rumah sakit telah diklasifikasikan sebagai “parah” dan tingkat kematian saat ini bervariasi antara 0,7 persen dan 3,4 persen tergantung pada lokasi dan, yang terpenting, akses ke perawatan rumah sakit yang baik. Ini jauh lebih rendah daripada tingkat kematian untuk Mers (30 persen) dan Sars (10 persen), tetapi masih merupakan ancaman yang signifikan.

————

Bagaimana wabah virus CORONA ini mulai?

Sumber coronavirus diyakini sebagai “pasar basah” di Wuhan yang menjual hewan hidup dan mati termasuk ikan dan burung. Pasar-pasar seperti itu menimbulkan risiko yang lebih tinggi dari virus yang berpindah dari hewan ke manusia karena standar kebersihan sulit dipertahankan jika hewan hidup dipelihara dan disembelih di lokasi. Biasanya, mereka juga padat. Sumber hewan dari wabah terbaru belum diidentifikasi, tetapi inang aslinya dianggap sebagai kelelawar. Kelelawar tidak dijual di pasar Wuhan tetapi mungkin telah menginfeksi ayam hidup atau hewan lain yang dijual di sana. Kelelawar memiliki banyak virus zoonosis termasuk Ebola, HIV dan rabies.

————

Opo iso gedhe neng indonesia ? Bisakah wabah ini tumbuh lebih besar?

Tidak mungkin untuk mengatakan ke arah mana penyakit ini akan pergi tetapi, pada lintasannya saat ini, kemungkinan akan menyebar ke lebih banyak negara, mempengaruhi lebih banyak orang. Jumlah kasus mulai menurun di Cina tetapi terus meningkat di seluruh dunia. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa yang mungkin terjadi. Tampaknya semakin besar kemungkinan wabah koronavirus yang dimulai di Cina pada bulan Desember akan menjadi pandemi global. Penyakit ini sekarang menyebar dengan cepat di Korea Selatan, Italia, dan Iran dan kemungkinan akan ada tetapi belum terdeteksi di negara-negara berpenduduk padat lainnya di Asia dan Pasifik. Di beberapa negara, termasuk Italia, tidak ada hubungan langsung yang jelas ke Cina, yang membuat penyebaran virus semakin sulit. Para pengkritik akan mengatakan bahwa penguncian yang dilakukan oleh pihak berwenang di Wuhan dan sebagian besar Cina tengah tidak berhasil dan bahwa strategi penahanan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah gagal. Tetapi ada sedikit keraguan bahwa tindakan keras Cina telah menunda penyebaran virus dan membeli waktu tambahan lainnya di dunia untuk persiapan. Pertanyaan kuncinya sekarang, ketika virus mencapai wilayah, adalah apakah NHS dan otoritas kesehatan lainnya di seluruh dunia telah menggunakan waktu itu dengan bijak. Berikut adalah beberapa hal penting yang diharapkan jika Covid-19 sekarang melakukan putaran dunia.

————

Berapa banyak orang yang meninggal karena penyakit ini sejauh ini??

Lebih dari 145.000 kasus telah dikonfirmasi sejak wabah dimulai, dan jumlah kematian telah melebihi 5.400. Sebagian besar kasus ada di Cina, tetapi virus telah menyebar ke lebih dari 100 negara lain. Menurut data dari otoritas Cina, sekitar 80 persen kasus penyakit ini ringan, tetapi 20 persen memerlukan rawat inap.
pasien mati corona
————

Coronavirus: Garis waktu tentang bagaimana wabah COVID-19 yang mematikan berkembang.

Inilah garis waktu bagaimana wabah Coronavirus berevolusi dari kota Wuhan di Cina dan menyebarkan tentakelnya ke seluruh dunia. Lebih lanjut: Lima darurat kesehatan global baru-baru ini dinyatakan oleh WHO
————

31 Des: Kasus pertama terdeteksi

China telah memberi tahu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tentang beberapa kasus serupa flu di Wuhan, ibukota provinsi Hubei China Tengah dengan 11 juta penduduk. Pasien telah dikarantina dan otoritas kesehatan mulai bekerja untuk melacak sumber flu.

1 Jan:

Pasar Wuhan diidentifikasi sebagai pusat penyebaran

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS telah mengidentifikasi pasar makanan laut di Wuhan sebagai tersangka pusat wabah dan pasar tetap ditutup sejak saat itu.
————

3 Jan : Penumpang diputar di Bandara Wuhan

Penumpang yang tiba dari bandara Wuhan ke bandara Changi menjalani pemeriksaan suhu setelah wabah seperti flu.

5 Jan:
WHO menyarankan untuk tidak melakukan pembatasan perjalanan

WHO telah mengeluarkan pernyataan yang menyarankan agar tidak menerapkan pembatasan perjalanan atau perdagangan dengan China berdasarkan informasi yang tersedia.
————

6 Jan:
SARS, MERS dan flu burung dikesampingkan

Investigasi awal terhadap wabah tersebut mengesampingkan flu burung, flu musiman, SARS dan MERS. Pihak berwenang Cina telah melaporkan bahwa jumlah kasus yang diduga menyentuh hampir 60 dengan tujuh di antaranya dalam kondisi kritis. Penularan dari manusia ke manusia belum dikonfirmasi oleh pejabat kesehatan.

7 Jan:
Virus diidentifikasi sebagai coronavirus 2019n-CoV

Pihak berwenang Cina telah mengidentifikasi virus, yang disebut Coronavirus, yang merupakan keluarga virus termasuk flu biasa, SARS dan MERS. Untuk sementara, virus baru ini dinamai 2019-nCoV.
————

8 Jan:
Kasus koronavirus pertama yang dicurigai di Thailand

Empat tersangka kasus mirip flu telah terdeteksi di Bandara Internasional Chiang Mai.

9 Jan:
Urutan genom coronavirus dirilis

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Tiongkok (CDC) telah melaporkan bahwa 2019-nCoV adalah agen dan membuat urutan genom tersedia bagi dunia. Virus baru dikaitkan dengan grup SARS-CoV.
————

11 Jan:
Kematian coronavirus pertama kali dilaporkan

Seorang pria berusia 61 tahun, yang dirawat di rumah sakit pada 27 Desember dengan dugaan demam, meninggal karena virus di Wuhan. China merevisi jumlah orang yang terinfeksi virus menjadi 41.

13 Jan:
Kasus koronavirus pertama yang dikonfirmasi di Thailand

Coronavirus telah menyebar ke luar China, dengan Thailand melaporkan kasus pertama seorang wanita Cina, kembali dari kunjungan ke Wuhan, dan didiagnosis dengan gejala mirip flu.
————

15 Jan:
Kasus coronavirus pertama yang dikonfirmasi di Jepang

Jepang telah mengkonfirmasi kasus pertama coronavirus pada seseorang yang tinggal di Wuhan.

17 Jan:
Cina melaporkan kematian virus korona kedua

-China telah melaporkan kematian kedua, dengan virus tersebut merenggut nyawa seorang pria berusia 69 tahun di Wuhan.
-US telah memulai penyaringan penumpang yang tiba dari Wuhan di bandara San Francisco, JFK dan Los Angeles.
————

20 Jan:
Kasus pertama terdeteksi di Korea Selatan

-Paspor di beberapa negara di dunia telah mulai melakukan skrining terhadap pasien yang menunjukkan gejala coronavirus.
-China telah mengumumkan kematian ketiga dari virus mematikan dan lebih dari 100 kasus baru, meningkatkan kekhawatiran menjelang liburan Tahun Baru Imlek (Imlek), yang dimulai pada 25 Januari.
– Sebanyak lebih dari 200 kasus telah dilaporkan di berbagai kota di Cina.
-Seorang Tionghoa yang tiba dengan pesawat dari Wuhan ke Korea Selatan terdeteksi dengan virus.
-Presiden Tiongkok Xi Jinping telah mengumumkan bahwa virus itu harus diatasi.
Ahli kesehatan Cina telah mengkonfirmasi bahwa penularan dari manusia ke manusia adalah afirmatif.
-Satu turis Inggris di Thailand dikhawatirkan terinfeksi virus corona.
————

21 Jan:
AS mengkonfirmasi kasus coronavirus pertama

–US telah mengkonfirmasi kasus coronavirus pertamanya. Korban, dikatakan berusia 30-an, telah dirawat di rumah sakit di Washington sekembalinya dari Cina.
-Cina telah meningkatkan jumlah orang yang terinfeksi coronavirus menjadi 300 orang.
-Virus mencapai Australia, yang mengumumkan kasus koronavirus-nya. Korban, yang tinggal di Brisbane, dites positif dengan coronavirus setelah kembali dari kota Wuhan.
– Ilmuwan di National Institutes of Health (NIH) di AS sudah mulai bekerja menuju vaksin melawan virus korona baru yang mematikan.
————

22 Jan:
WHO bertahan mendeklarasikan darurat kesehatan internasional

-Virus telah menginfeksi lebih dari 500 orang dan menyebabkan kematian 17 orang.
-Airport di seluruh dunia meningkatkan penyaringan penumpang yang datang dari Wuhan.
Pejabat -WHO bertemu di Jenewa untuk membahas perlunya menyatakan coronavirus sebagai darurat kesehatan internasional dan memutuskan untuk menunggu lebih jauh.
– Provinsi Henan, Cina Tengah, memberlakukan larangan penjualan unggas hidup untuk mencegah penyebaran virus korona. Virus ini pertama kali diidentifikasi di Pasar Makanan Laut Huanan di Wuhan, ibukota provinsi Hubei yang berdekatan.
————

23 Jan:
China menerapkan larangan bepergian; Singapura mengkonfirmasi kasus pertama

–China telah menangguhkan perjalanan ke dan dari kota Wuhan. Beberapa jam kemudian, pihak berwenang telah menempatkan dua kota lagi, Huanggang dan Ezhou, di bawah larangan perjalanan.
-Dokter menggunakan robot untuk mengobati pasien virus corona AS pertama.
-WHO bertemu lagi dan menunda keputusan deklarasi darurat kesehatan internasional dari virus yang mematikan itu.
–Beberapa perusahaan AS telah mengumumkan rencana untuk mengembangkan obat-obatan dan vaksin untuk memerangi virus.
-Beijing membatalkan perayaan Tahun Baru Cina.
————

24 Jan:
Cina menerapkan pembatasan perjalanan lebih lanjut; Mulai membangun rumah sakit sementara

-Cina memberlakukan pembatasan perjalanan di beberapa kota lain seperti Chibi, Zhijiang, Huangshi, Xiantao, Enshi, Qianjiang, dan Xianning, menurut surat kabar People’s Daily.
-Pemerintah Tiongkok telah memulai pembangunan rumah sakit baru dengan 1000 tempat tidur sementara di distrik Caidian Wuhan dengan rencana untuk menyelesaikannya dalam waktu singkat hanya dalam enam hari. Dengan tingkat keamanan dan perlindungan yang tinggi, rumah sakit yang baru akan merawat pasien dari virus mematikan secara terpisah.
-Toll telah meningkat menjadi 830 kasus yang dikonfirmasi di Cina dengan 95 pasien yang tersisa dalam kondisi kritis.
Jaringan restoran Starbucks dan McDonald telah mengumumkan penutupan toko mereka di provinsi Hubei Cina.
Bandara di Malaysia, Kanada, Thailand dan Uganda menerapkan langkah-langkah berbeda untuk menyaring penumpang yang mungkin terinfeksi
Thailand telah menangguhkan penerbangan dari Bandara Chiang Mai ke Wuhan hingga 4 Februari.
Otoritas Maritim dan Pelabuhan Singapura telah memulai pemeriksaan suhu di semua pos pemeriksaan pada 24 Januari.
————

25 Jan:
Hong Kong mengumumkan darurat kesehatan; Kanada, Nepal melaporkan kasus pertama

– Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam telah mengumumkan darurat kesehatan di kota itu karena virus korona dan mengumumkan perpanjangan waktu istirahat sekolah hingga 17 Februari. Hong Kong membatalkan semua kunjungan resmi ke China, karena kota itu melaporkan lima kasus yang dikonfirmasi pada hari Sabtu.
– Kanada telah melaporkan kasus koronavirus “dugaan” pertama dari seorang pria berusia 50 tahun yang kembali dari Wuhan, Cina pada 22 Januari, sementara seorang siswa Nepal yang kembali dari Cina dinyatakan positif menggunakan virus corona baru.
– Jumlah kematian meningkat menjadi 41 sementara kasus yang dikonfirmasi menyentuh 1320 secara global, menurut WHO. Dari jumlah tersebut, 1297 kasus dilaporkan di Cina Besar dan 23 dilaporkan di luar Cina.
-Cina melarang perdagangan hewan liar sampai merebaknya coronavirus.
-Hong Kong Mass Transit Railway (MTR) meningkatkan aksi peningkatan di stasiun kereta api dan kompartemen kereta.
-Airports Council International (ACI) World mengeluarkan pedoman ‘Bulletin Penasihat: Penularan Penyakit Menular’ untuk bandara untuk mengadopsi langkah-langkah yang diperlukan terhadap virus.
-Perjalanan operator termasuk Royal Caribbean dan MSC, telah menghentikan sementara pelayaran ke Cina.

26 Jan:
AS, Prancis untuk mengevakuasi warga negara dari Wuhan; WHO mengubah risiko menjadi ‘tinggi; Meksiko mengkonfirmasi kasus pertama

– Pemerintah AS telah mengumumkan penerbangan khusus antara Wuhan dan San Francisco untuk mengevakuasi semua warga negara Amerika dari kota yang dilanda pada 28 Januari.
– AS juga telah mengkonfirmasi kasus ketiganya di Orange County, California, sementara Shanghai melaporkan kematian pertamanya seorang pria berusia 88 tahun akibat virus mematikan itu.
– Meksiko melaporkan kasus pertama yang dikonfirmasi, sementara Pantai Gading sedang menangani dugaan kasus coronavirus.
– Perancis sedang bersiap untuk mengevakuasi ratusan warganya dari Wuhan melalui udara, karena negara tersebut telah melaporkan tiga kasus virus korona yang dikonfirmasi.
– Hong Kong dan Taiwan telah memperketat pembatasan terhadap pengunjung dari provinsi Hubei.
– Organisasi Kesehatan Dunia merevisi laporan sebelumnya tentang virus China dengan mengatakan bahwa risiko global dari virus itu “tinggi” dan tidak “sedang”.
– Komisi Kesehatan Nasional China mengatakan pada hari Minggu pagi bahwa negara itu telah melaporkan 15 kematian lebih lanjut pada 25 Januari, dengan jumlah korban mencapai 56 dan melaporkan kasus ke tahun 1975 sehingga meningkatkan alarm di seluruh dunia.
————

27 Jan:
Sri Lanka melaporkan kasus virus korona pertama; Lebih banyak negara mencari evakuasi warga negara

– Sri Lanka telah melaporkan kasus koronavirus pertamanya tentang seorang turis wanita berusia 40 tahun dari provinsi Hubei di Cina, seorang pejabat senior kesehatan Sri Lanka dikonfirmasi pada hari Senin.
– Spanyol dan Portugal adalah dua negara baru setelah AS dan Prancis yang ingin mengevakuasi warga negara mereka dari kota Wuhan.
– AS, Taiwan dan Singapura telah mengumumkan masing-masing kasus virus korona mematikan yang kelima, sementara Korea Selatan melaporkan yang keempat.
– Malaysia memberlakukan larangan sementara terhadap pengunjung Tiongkok dari kota Wuhan dan provinsi Hubei di sekitarnya.
– Jumlah korban tewas telah meningkat menjadi 81 dan kasus-kasus yang dikonfirmasi di Tiongkok menjadi 2.744, dengan sekitar setengahnya dari provinsi Hubei.
————

28 Jan:
Jepang, Taiwan dan Jerman melaporkan transmisi domestik pertama

– Jepang, Taiwan dan Jerman mengkonfirmasi kasus pertama penularan virus corona dalam negeri.
– Jepang mengirimkan penerbangan charter ke Wuhan untuk mengevakuasi warganya.
– Jerman dan Kamboja telah melaporkan kasus pertama mereka Senin malam, menandai penyebaran lebih lanjut dari virus mematikan ke daerah yang lebih baru.
– Cina telah mengeluarkan pembaruan coronavirus terbaru, yang mengkonfirmasi 107 kematian sejauh ini, diikuti oleh 4.515 yang dikonfirmasi dan 6.973 kasus yang dicurigai.
– Dalam upaya untuk membatasi penyebaran virus, Hong Kong berencana untuk membatasi transportasi dengan China daratan dari 30 Januari.
– Peneliti Cina sedang mengeksplorasi penggunaan produk alami dan obat-obatan tradisional mereka untuk memerangi virus corona.
– China telah menghentikan sementara perdagangan di dua bursa saham utamanya, Shanghai dan Shenzhen, hingga Senin depan untuk mencegah penjualan panik karena ketakutan terhadap virus corona.
– Air Canada dan Finnair telah membatalkan beberapa penerbangan ke Cina.
– Gedung Putih dapat menangguhkan penerbangan ke Cina.
– Sri Lanka menangguhkan visa pada saat kedatangan untuk warga negara Cina.
————

29 Jan:
Korban jiwa menyentuh 132; UEA dan Jerman mengkonfirmasi empat kasus

– Hingga akhir Selasa, Cina telah mengkonfirmasi 132 kematian dan total 5.974 kasus terinfeksi, termasuk 1.459 kasus baru. Setidaknya 86 kasus dilaporkan di negara lain.
– Finlandia telah mengkonfirmasi kasus pertamanya.
– Empat anggota keluarga Cina yang sama di UEA telah terinfeksi virus corona, sementara Jerman mengkonfirmasi tiga kasus lagi sehingga total menjadi empat.
– AS mengevakuasi warga negara dari Wuhan, India untuk mengirim pesawat malam ini untuk mengangkut 250 warga dari Wuhan.
– Australia telah mengkonfirmasi kasus kedua di Victoria dan yang pertama di Queensland membawa tujuh kasus Australia yang dikonfirmasi.
– Selandia Baru akan bergabung dengan Australia untuk mengevakuasi warga negara mereka dari Wuhan di Cina.
– Peneliti Australia telah menjadi yang pertama menciptakan coronavirus baru di luar Cina.
– Inggris berencana untuk mengevakuasi warganya dari Wuhan. British Airways telah menangguhkan semua penerbangan langsung ke dan dari daratan Cina.

————

30 Jan:
Rusia menutup perbatasan 2.700 mil; AS melaporkan kasus domestik pertama

– Rusia telah melaporkan dugaan kasus pertama, Perdana Menteri Mikhail Mishustin telah menandatangani perintah untuk segera menutup perbatasan 2.700 mil dengan China.
– Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di AS telah mengkonfirmasi kasus penularan dari orang ke orang yang pertama.
– Jumlah kematian akibat virus ini telah mencapai 170 pada akhir 29 Januari, dengan total 7.783 orang terinfeksi, di mana 7.678 di antaranya berada di daratan Cina.
– India dan Filipina telah mengkonfirmasi kasus pertama mereka, sementara Italia mengkonfirmasi dua kasus.
– Jumlah negara yang terkena dampak sejauh ini adalah 23, termasuk Cina.
– Sebuah pesawat lepas landas dari Portugal untuk mengevakuasi orang-orang dari berbagai negara Eropa dari Wuhan. Sekretaris Negara untuk Urusan Luar Negeri dan Persemakmuran Inggris Dominic Raab menegaskan warga Inggris akan dievakuasi besok pagi – warga negara Spanyol juga akan dipulangkan secara bersamaan sebagai bagian dari operasi bersama antara kedua negara.

————

31 Jan:
Korban tewas mencapai 213; WHO mengumumkan keadaan darurat global; Inggris mengkonfirmasi kasus pertama

– Korban tewas akibat virus telah menyentuh 213 dan jumlah kasus yang terinfeksi meningkat menjadi 9.776, pada akhir Kamis.
– Tersangka coronavirus pertama di Selandia Baru diumumkan.
– Kepala petugas medis NHS Inggris Profesor Chris Whitty membenarkan dua kasus pertama coronavirus di Inggris.
– Thailand melaporkan kasus penularan domestik pertamanya, sementara China mengirim penerbangan untuk membawa kembali warga Wuhan dari Thailand dan Malaysia.
– Mongolia dan Singapura menutup perbatasan mereka dengan China untuk menampung virus itu.
– Komite darurat WHO telah menyatakan wabah tersebut sebagai darurat kesehatan publik yang menjadi perhatian internasional.

————

01 Feb:
Korban tewas mencapai 259; Coronavirus mencapai Rusia, Spanyol, Swedia

– Dengan 46 kematian baru di Tiongkok, jumlah korban telah mencapai 259, sementara jumlah kasus yang terinfeksi telah menyentuh 11.374 di total 26 negara.
– Menyebarkan akarnya lebih lanjut, coronavirus mencapai tiga negara lagi pada 01 Februari. Rusia melaporkan dua kasus pertama sementara Spanyol dan Swedia masing-masing melaporkan satu.
– AS membantah masuk ke warga negara asing yang telah mengunjungi China dalam dua minggu terakhir.
– Tidak ada kematian dilaporkan di luar daratan Cina.
– Australia pada hari Sabtu mengumumkan bahwa mereka akan melarang masuknya non-warga negara yang datang dari Tiongkok.
– Menghela nafas lega, otoritas kesehatan Cina mengumumkan pada 01 Februari bahwa 243 coronavirus telah dikeluarkan dari rumah sakit setelah pemulihan pada akhir Jumat.

————

02 Feb:
Korban tewas melonjak menjadi 305; Pasien coronavirus pertama di luar China meninggal di Filipina

– Kematian Coronavirus telah melewati 300 pada akhir 01 Februari, dengan China melaporkan 304 kematian dan Filipina mengkonfirmasikan kematian pertamanya pada seorang pria Cina berusia 44 tahun dari kota Wuhan.
– Kasus Filipina juga menandai kematian pertama di luar Tiongkok, sejak pertama kali terjadi di kota Wuhan pada 31 Desember 2019.
– Kasus yang terinfeksi Coronavirus telah melonjak pada hari Sabtu dengan lebih dari 3.000 kasus baru, menjadikan totalnya menjadi 14.413 yang mengkhawatirkan, menurut otoritas kesehatan Cina.
– Kasus yang dicurigai mendekati 20.000, berdiri di 19.544 pada 01 Februari.
– Pemerintah Cina menyerukan pemusnahan ayam di kota Shaoyang menyusul wabah flu burung H5N1 di provinsi Hunan.

————

03 Feb:
Australia membawa kembali 243 warga negara; Staf medis Hong Kong mogok

– Sebuah pesawat Qantas yang membawa 243 warga negara Australia dan penduduk tetap, termasuk 89 orang yang berusia di bawah 16 tahun, dari Wuhan telah mendarat di pangkalan RAAF Learmonth di Australia Barat.
– Ratusan pekerja hopsital di Hong Kong mogok, menuntut penutupan perbatasan kota dengan Cina untuk meminimalkan risiko penyebaran virus corona.
– Rumah sakit 1000 tempat tidur Huoshenshan dibangun dalam waktu sepuluh hari untuk pasien coronavirus di Wuhan sekarang siap.
– Novel coronavirus sejauh ini telah merenggut 362 nyawa, termasuk satu di Filipina, pada akhir 02 Februari. Sebanyak 17.386 kasus telah dicatat secara global. Dari 17.238 kasus yang dilaporkan di Tiongkok, 2.296 kasus parah.
– India melaporkan kasus coronavirus baru pada hari Senin, dengan total kasus yang dikonfirmasi di country to three – all from the southern state of Kerala.
– AS mengkonfirmasi dua kasus baru pada 2 Februari, meningkatkan total negara

————

04 Feb:
Malaysia melaporkan warga negara pertama terinfeksi; Belgia mengkonfirmasi kasus pertama

– Seorang pria berusia 41 tahun, yang melakukan perjalanan ke Singapura untuk konferensi, telah menjadi orang Malaysia pertama yang terinfeksi oleh virus corona. Malaysia adalah salah satu dari dua kasus baru yang dikonfirmasi sementara yang lain menjadi warga negara Cina berusia 61. Ini membuat jumlah total kasus virus corona di negara itu menjadi sepuluh, termasuk sembilan warga negara Cina.
– Belgia telah mengkonfirmasi kasus coronavirus pertamanya setelah satu dari sembilan orang yang dipulangkan dari Wuhan dinyatakan positif terkena virus tersebut.
– Kematian akibat coronavirus Wuhan telah melonjak menjadi 427, pada akhir 03 Februari. Jumlah kasus yang dikonfirmasi mencapai 20.623, sementara 646 pasien yang terinfeksi telah pulih.
– Hong Kong telah melaporkan kasus kematian pertamanya, menandai yang kedua di luar daratan Cina, setelah Filipina. Seorang pria berusia 39 tahun yang melakukan perjalanan dari Wuhan meninggal pada hari Selasa di Hong Kong.
– Pemogokan staf medis di Hong Kong terus berlanjut, sementara kota itu menutup lebih banyak titik kontrol lintas batas ke China dan membiarkan dua titik terbuka.
menjadi 11.

————

05 Feb:
Korban tewas mencapai 492; Jepang mengkonfirmasi sepuluh kasus pelayaran

– Dengan 65 kematian baru di China, jumlah korban telah mencapai 492, sementara jumlah kasus yang terinfeksi telah melonjak menjadi hampir 24.527, pada akhir 04 Februari, kata pihak berwenang China. Dari 24.324 kasus yang dikonfirmasi di Cina daratan, 3.219 kasus dalam kondisi serius.
– Setelah memeriksa penumpang di kapal pesiar, bernama Diamond Princess, pihak berwenang Jepang mengkonfirmasi sepuluh kasus positif. Pasien-pasien ini termasuk tiga orang Jepang, dua orang Australia, tiga dari Hong Kong, satu dari AS dan satu anggota kru Filipina.
– Otoritas kesehatan mengkonfirmasi bahwa dua pengungsi Malaysia, seorang pria berusia 45 tahun dan putranya yang berusia sembilan tahun, dari Wuhan telah dinyatakan positif mengidap virus corona baru. Ini meningkatkan jumlah kasus di negara itu menjadi 12 – sembilan warga negara Cina dan tiga warga Malaysia.
– AS mengkonfirmasi kasus baru di Wisconsin, seorang dewasa yang melakukan perjalanan ke Beijing, Cina. Ini membuat jumlah total kasus di negara ini menjadi 12.

————

06 Feb:
Kasus ketiga dikonfirmasi di Inggris; Tes pengungsi India negatif

– Kepala petugas medis Inggris Profesor Chris Witty telah mengkonfirmasi kasus ketiga coronavirus di Inggris.
– Hingga akhir 5 Februari, coronavirus telah menyebabkan 565 kematian, termasuk 73 kematian baru dibandingkan dengan 4 Februari di Cina daratan. Jumlah total kasus yang dikonfirmasi adalah 28.275. Dari 28.049 kasus yang dikonfirmasi di Tiongkok, 3.859 dilaporkan sebagai kasus yang parah. Sejauh ini, 1.153 pasien telah pulih di daratan Tiongkok.
– Otoritas India mengkonfirmasi bahwa semua 645 pengungsi di negara itu dari Wuhan dinyatakan negatif untuk virus corona.
– Pejabat kesehatan Jepang mengatakan sepuluh penumpang lagi di kapal pesiar Diamond Princess telah dites positif untuk virus corona baru.
– Dua kasus baru di Vietnam meningkatkan totalnya menjadi 12, sementara jumlah kasus di Singapura mencapai 30.

————

07 Feb:
Korban tewas mencapai 638; Dokter whistleblower China meninggal

– Korban meninggal akibat coronavirus baru mencapai 638, pada akhir 06 Februari. Sebanyak 31.428 kasus infeksi telah dikonfirmasi, termasuk 31.161 di daratan Tiongkok.
– Dokter Tiongkok yang dilaporkan mencoba mengeluarkan peringatan dini tentang wabah korona telah meninggal setelah tertular virus saat bekerja di sebuah rumah sakit di Wuhan.- Jepang melaporkan 41 kasus baru infeksi coronavirus di kapal pesiar yang dikarantina di pelabuhan Yokohama. Ini meningkatkan total kasus positif di kapal menjadi 61.
– Pusat Komando Epidemi Sentral (CECC) di Taiwan telah mengkonfirmasi tiga kasus virus corna impor baru, menjadikan total negara menjadi 16.

————

08 Feb:
Prancis melaporkan lima kasus baru; UEA mengkonfirmasi dua

– Perancis dan UEA telah mengkonfirmasi dua kasus baru hari ini, dengan total masing-masing menjadi 11 dan tujuh.
– Menteri Kesehatan Perancis mengatakan pada hari Sabtu bahwa lima warga negara Inggris di negara itu telah dites positif terkena virus corona. Kasus-kasus baru, termasuk seorang anak, tinggal di chalet ski yang sama dan dilaporkan tertular virus setelah melakukan kontak dengan orang Inggris, yang baru-baru ini bepergian ke Singapura.
– Uni Emirat Arab juga melaporkan dua kasus baru pada hari Sabtu. Kementerian Kesehatan dan Pencegahan UEA menambahkan bahwa dua pasien, seorang Cina dan seorang warga negara Filipina, sedang dalam pengamatan.
– Cina telah membuka rumah sakit prefabrikasi kedua dengan 1.600 tempat tidur di Wuhan untuk merawat pasien yang terinfeksi coronavirus.

Warga negara AS dan Jepang mati di Wuhan
– Kedutaan AS telah mengkonfirmasi bahwa seorang warga negara Amerika yang didiagnosis dengan coronavirus meninggal di Wuhan pada 06 Februari. Ini adalah kematian pertama warga negara AS yang diketahui karena coronavirus baru.
– Seorang pria Jepang berusia 60 tahun dengan dugaan infeksi coronavirus juga meninggal di Wuhan hari ini.

Korban tewas melewati 700; Hong Kong memberlakukan karantina
– Kematian Coronavirus telah melewati 700 pada akhir 07 Februari, dengan China melaporkan 86 kematian baru. Korban tewas sekarang mencapai 724, sementara total 34.881 kasus telah dikonfirmasi. Dari 34.546 kasus di Cina daratan, 6.101 adalah kasus serius.
– Hong Kong mulai memberlakukan karantina dua minggu bagi siapa pun yang datang dari daratan Cina. Pengunjung harus mengkarantina diri di kamar hotel atau pusat yang dikelola pemerintah, sementara warga negara yang kembali harus tinggal di dalam

————

09 Feb:
Inggris melaporkan kasus coronavirus keempat

– Inggris telah melaporkan kasus virus corona keempatnya pada hari Minggu.
– Kepala petugas medis profesor Inggris Chris Whitty mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pasien baru tersebut adalah kontak yang diketahui dari salah satu kasus Inggris yang ada dan dilaporkan telah terinfeksi virus di Prancis.
– Pasien sekarang telah dipindahkan ke pusat NHS di The Royal Free Hospital, dan sedang dirawat menggunakan langkah-langkah pengendalian infeksi yang kuat untuk menahan penyebaran virus lebih lanjut.

Korban tewas melewati 800 di Cina; Menyalip SARS
– Jumlah kematian akibat virus korona mencapai 813 secara global pada akhir 8 Februari, menyusul epidemi Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARS) pada 2002-2003 yang menewaskan 774 orang.
– Dari total kematian, 811 dilaporkan di daratan Cina dan masing-masing di Hong Kong dan Filipina.
– Kasus-kasus baru kini telah menyentuh 37.549 di seluruh dunia, di mana 37.198 mewakili Cina daratan.
– Komisi Kesehatan Nasional China melaporkan 2.656 kasus baru yang dikonfirmasi, 3.916 kasus baru yang dicurigai, 87 kasus serius, dan 89 kematian pada hari Sabtu saja.
– NHC juga melaporkan 600 kasus baru yang ditemukan pada hari Sabtu, menjadikan keseluruhan kasus yang sembuh di daratan Tiongkok menjadi 2.649 pada hari Sabtu.
rumah mereka.

————

10 Feb:
UEA, AS melaporkan kasus baru; Infeksi pada kapal pesiar hampir dua kali lipat

– Kasus kedelapan telah dikonfirmasi di UAE, warga negara India yang melakukan kontak dengan orang yang baru didiagnosis.
– CDC AS melaporkan kasus baru di California, yang merupakan salah satu pengungsi dari Wuhan. Ini meningkatkan total kasus di negara itu menjadi 13.
– Jumlah kasus di kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina di Jepang hampir dua kali lipat, dengan total 135 kasus. Pada 9 Februari, 70 kasus dikonfirmasi tentang Puteri Berlian.

Inggris menyatakan ancaman yang akan terjadi ketika empat kasus dikonfirmasi
– Pemerintah Inggris telah menyatakan wabah koronavirus sebagai ‘ancaman serius dan segera bagi kesehatan masyarakat’.
– Empat kasus baru telah didiagnosis di Inggris, dua kali lipat dari total kasus yang dikonfirmasi menjadi delapan.
– WHO telah mencatat bahwa kasus-kasus coronavirus baru di antara orang-orang yang belum melakukan perjalanan ke China bisa menjadi ‘puncak gunung es’. Badan tersebut telah mengirim anggota tim misi ahli internasionalnya untuk membantu Cina menangani wabah tersebut.

Korban tewas melonjak ke 910; Malaysia mengkonfirmasi kasus warga negara keenam
– Jumlah kematian akibat wabah koronavirus Wuhan telah melonjak menjadi 910, pada akhir 09 Februari, termasuk 97 kematian baru dari hari sebelumnya.
– Jumlah total kasus mencapai 40.547 secara global, di mana 40.171 di Cina daratan. Laporan NHC menunjukkan total 3.281 pemulihan di wilayah tersebut.- Direktur kesehatan Malaysia mengkonfirmasi kasus keenam warga negara dari infeksi coronavirus, seorang pria berusia 31 tahun yang bekerja di Macau, Cina dan kembali ke Malaysia pada 1 Februari. Ini menjadikan total kasus coronavirus di negara ini menjadi 18.

————

11 Feb:
WHO memberi nama untuk penyakit coronavirus baru

– WHO secara resmi menyebut penyakit yang disebabkan oleh coronavirus baru sebagai ‘Covid-19’.
– Ukraina menyaring lima warganya untuk virus corona baru, Menteri Kesehatan Zoriana Skaletska mengatakan pada konferensi pers pada 11 Februari.
– Menurut Skaletska, tiga dari lima pasien yang dicurigai kembali dari Tiongkok sementara dua yang tersisa melakukan kontak dengan mereka.
– Jerman mengkonfirmasi dua kasus baru coronavirus di Bavaria, meningkatkan total kasus di negara itu menjadi 16.
– Pusat Perlindungan Kesehatan di Hong Kong telah melaporkan tujuh kasus infeksi coronavirus baru, yang mencapai 49 poin.
– Setelah dua kasus dikonfirmasi di gedung yang sama, pemerintah Hong Kong mengevakuasi semua lebih dari 100 warganya untuk mengendalikan penyebaran infeksi. Kasing yang dikonfirmasi berada di berbagai lantai gedung.
– Kementerian Kesehatan Vietnam mengkonfirmasi sebuah kasus baru, yang adalah bayi berusia tiga bulan yang diduga terinfeksi oleh kakek-neneknya. Jumlah total kasus di negara ini mencapai 15.
– Dengan 108 kematian baru di Tiongkok, total korban telah mencapai 1.018. Laporan NHC menunjukkan 42.638 kasus virus korona terkonfirmasi di Cina daratan, pada akhir 10 Februari, yang membawa jumlah kasus global menjadi sekitar 43.000.

————

12 Februari:
Kongres Dunia Seluler dibatalkan

– Acara mobile global terbesar, Mobile World Congress, telah dibatalkan karena ketakutan coronavirus.
– Keputusan dikatakan didasarkan pada concern keprihatinan global terkait wabah koronavirus, kekhawatiran perjalanan, dan keadaan lain ’.
– Ini muncul setelah berbagai peserta pameran, termasuk Facebook, Amazon, Sony, Nokia dan LG mengatakan bahwa mereka akan menarik diri dari acara tersebut.

Inggris melaporkan kasus kesembilan; AS mengkonfirmasi kasus kedua di antara para pengungsi
– Kepala petugas kesehatan Inggris telah menyatakan bahwa jumlah kasus virus corona di negara itu telah meningkat menjadi sembilan.
– CDC AS mengkonfirmasi kasus kedua di antara para pengungsi yang dikarantina di California, meningkatkan jumlah kasus di negara itu menjadi 14.

DBS mengevakuasi 300 setelah satu terinfeksi- Bank DBS Singapura telah mengevakuasi 300 karyawan setelah satu karyawan dipastikan mengontrak virus corona. Dengan tiga kasus baru yang dilaporkan, total kasus di Singapura menyentuh 50, salah satu yang tertinggi di luar China.

Kasus pelayaran Jepang meningkat menjadi 174
– Jumlah kasus yang dikonfirmasi pada kapal pesiar Diamond Princess, yang dikarantina di Jepang, telah melonjak menjadi 174, di samping kasus positif seorang petugas karantina.

Korban tewas mencapai 1.115; pemulihan meningkat
– Kematian akibat coronavirus baru telah mencapai 1.115, sementara jumlah total kasus melebihi 45.100, termasuk 44.653 yang dilaporkan di daratan Cina oleh pihak berwenang pada akhir 11 Februari.
– Menurut pejabat NHC Mi Feng, proporsi pasien yang pulih di Cina meningkat menjadi 8,2% pada 10 Februari, dari 1,3% pada 27 Januari.

————

13 Feb:
Jepang melaporkan kematian pertama Covid-19

– Menteri Kesehatan Jepang Katsunobu Kato membenarkan kematian Covid-19 pertama di negara itu – seorang wanita berusia 80-an yang infeksi dilaporkan telah dikonfirmasi setelah kematian.
– Jumlah total kasus di Jepang mencapai 248, termasuk 218 dari kapal pesiar yang dikarantina dan 30 di negara tersebut.

Kasus baru di AS, Malaysia, Vietnam, dan Hong Kong
– CDC AS mengumumkan kasus ke-15 di negara itu – pengungsi baru-baru ini dikarantina di JBSA-Lackland di Texas.
– Direktur Jenderal Kesehatan Malaysia telah mengkonfirmasi kasus ke-19 negara tersebut, seorang wanita berusia 39 tahun yang kembali dari Wuhan, Cina. Wanita itu dilaporkan terkait dengan 14 dan 16 kasus Covid-19 yang dikonfirmasi di negara tersebut.
– Jumlah kasus di Vietnam meningkat menjadi 16, setelah seorang pria berusia 50 tahun dinyatakan positif di kota Son Loi. Pihak berwenang setempat telah menempatkan Son Loi, yang mencatat total delapan kasus, dalam kurungan selama 20 hari.
– Otoritas Hong Kong telah melaporkan kasus baru, yang totalnya menjadi 51.

Kematian meningkat menjadi 1.369; Hubei melihat infeksi melonjak
– Jumlah kematian Covid-19 meningkat menjadi 1.369, mengindikasikan 254 kematian baru, pada akhir 12 Februari.
– Jumlah kasus baru mengalami peningkatan sekitar 15.200, dari sekitar 45.100 menjadi lebih dari 60.300. Lompatan ini disebabkan oleh 14.840 kasus baru yang dikonfirmasi di Provinsi Hubei saja.
– Menteri Kesehatan Jepang mengonfirmasi 44 kasus baru di kapal pesiar Diamond Princess, menambah total menjadi 219, termasuk seorang petugas karantina.

————

14 Feb:
Facebook, IBM membatalkan rencana konferensi karena ketakutan coronavirus

– Facebook mengumumkan pembatalan KTT Pemasaran Global yang dijadwalkan berlangsung dari 9 Maret hingga 15 Maret di San Francisco, AS.- IBM menarik diri dari konferensi cybersecurity RSA tahunan, yang akan dimulai pada 24 Februari di San Francisco.

Penumpang di kapal pesiar Westerdam turun
– Kapal pesiar Westerdam, yang merapat di Kamboja setelah ditolak oleh lima negara karena takut akan virus corona, telah menerima izin untuk menurunkan tamunya setelah 20 sampel yang diambil di atas kapal diuji negatif.

Korban tewas naik menjadi 1.383
– Kematian akibat coronavirus baru Covid-19 meningkat menjadi 1.383, termasuk yang terbaru di Jepang. Jumlah total kematian di Cina daratan adalah 1.380. Jumlah total infeksi mencapai 64.429, termasuk 63.911 di Cina, Hong Kong dan Makau

————

15 Feb:
Prancis melaporkan kematian pertama pada 19; Malaysia, Thailand melaporkan kasus baru

– Perancis melaporkan kematian pertama pada 19 hari ini, yang juga menandai kematian pertama di luar Asia.
– Menteri Kesehatan Prancis Agnes Buzyn membenarkan kematian seorang wisatawan Tiongkok berusia 80 tahun, yang melakukan perjalanan ke Prancis dari provinsi Hubei pada 16 Januari.
– Malaysia telah melaporkan dua virus coronavirus-19 kasus baru pada hari Sabtu, menjadikan total kasus yang terinfeksi di negara ini menjadi 21, sementara Thailand telah melaporkan sebuah kasus baru yang menjadikan total negara menjadi 34.

AS untuk mengangkut orang Amerika di atas kapal Princess Diamond; India membuat upaya
– AS berencana untuk mengangkut warga negaranya dari kapal pesiar Jepang, Diamond Princess.
– Kedutaan AS di Jepang telah memberi tahu semua penumpang dan awak Amerika tentang keputusan ini melalui email.
– Diamond Princess telah mencatat jumlah infeksi coronavirus tertinggi di luar China sejauh ini.
– Kedutaan Besar India di Jepang juga mengatakan pada hari Sabtu bahwa pihaknya sedang melakukan upaya untuk mengevakuasi semua orang India di atas kapal pesiar.

Korban tewas menyentuh 1.526; Mesir melaporkan kasus pertama
– Jumlah kematian Covid-19 telah meningkat menjadi 1.526, dengan 143 kematian baru dilaporkan, pada akhir 13 Februari.
– Jumlah kasus baru meningkat menjadi lebih dari 67.000 di mana 66.492 infeksi dilaporkan di Daratan China.
– Mesir telah mengkonfirmasi kasus pertama Covid-19 dan telah menyatakan bahwa yang terkena dampak adalah ‘orang asing’ yang tidak menunjukkan gejala.

————

17 Feb:
Pembaruan: Lebih dari 200 pengungsi Australia pulang ke rumah

– Lebih dari 200 pengungsi Australia dari Wuhan pulang ke rumah setelah 14 hari karantina di Pulau Christmas. Tidak ada pengungsi yang dinyatakan positif selama periode karantina.

Singapura mengkonfirmasi dua kasus baru dengan total 77
– Kementerian Kesehatan Singapura mengkonfirmasi dua kasus baru – seorang pengungsi pria berusia satu tahun dari Wuhan dan seorang pria berusia 35 tahun yang tidak memiliki riwayat perjalanan baru-baru ini ke China. Kasus-kasus baru ini menjadikan total Covid-19 kasus negara menjadi 77.

Princess Diamond – kasing naik menjadi 454; 14 penumpang AS baru dinyatakan positif; Australia berencana repatriasi
– Kementerian Kesehatan, Perburuhan dan Kesejahteraan Jepang mengumumkan bahwa jumlah kasus di kapal pesiar semakin meningkat menjadi 454 dari 1.723 orang yang diuji.
– Departemen Luar Negeri AS dan Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan mengumumkan bahwa setelah warga menurunkan kapal, 14 penumpang, yang menjalani tes dua hingga tiga hari sebelumnya, telah dinyatakan positif. Pasien-pasien ini tidak menunjukkan gejala dan telah diisolasi di area penahanan khusus di pesawat evakuasi.
– Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengkonfirmasi bahwa negara tersebut akan memulangkan lebih dari 200 warga Australia dan Selandia Baru di atas kapal pesiar. Sebuah pesawat akan dikirim ke Jepang pada 19 Februari.

Thailand melaporkan kasus ke-35
– Thailand telah melaporkan kasus Covid-19 baru, yang meningkatkan total negara menjadi 35. Pasien baru adalah seorang wanita Cina berusia 60 tahun yang anggota keluarganya didiagnosis sebelumnya.

Kasing baru di Diamond Princess
– Jumlah total kasus di kapal pesiar Diamond Princess di Jepang telah meningkat menjadi 355, termasuk tiga warga Israel dan dua warga negara India baru menjadikan total onboard negara menjadi lima.
– Israel sedang mempertimbangkan untuk mengirim penerbangan untuk menerbangkan Israel yang tersisa, yang belum dites positif, dari Jepang.
– Pihak berwenang Filipina telah mengkonfirmasi 16 kasus baru di atas kapal, menjadikan jumlah total orang Filipina yang terinfeksi dalam pelayaran menjadi 27.

Korban tewas mencapai 1.775; Taiwan melaporkan kematian pertama
– Koronavirus Covid-19 korban jiwa telah mencapai 1.775 dengan 105 kematian baru di Cina dan satu di Taiwan, pada akhir 16 Februari.
– Di Taiwan, seorang pria berusia 61 tahun dengan riwayat diabetes dan hepatitis B telah meninggal setelah tertular Covid-19, menandai kematian pertama terkait virus corona di negara itu.
– Jumlah total kasus infeksi telah meningkat menjadi lebih dari 71.000, termasuk 70.548 di Cina daratan.16 Feb:
Pembaruan: UAE melaporkan kasus kesembilan; Jerman melepaskan 100 dari karantina
– Kementerian Kesehatan dan Pencegahan di UEA melaporkan kasus coronavirus novel kesembilan di negara tersebut. Pasien baru adalah seorang Cina berusia 37 tahun yang didiagnosis selama pemeriksaan rutin.
– Di sebuah pangkalan militer dekat bandara Frankfurt, 100 pengungsi Jerman dari Wuhan, China dibebaskan dari karantina dua minggu mereka setelah tidak satupun dari mereka dinyatakan positif.

Korea Selatan mengkonfirmasi kasus Covid-19 ke-29
– Pemerintah Korea Selatan melaporkan kasus coronavirus Covid-19 yang baru pada hari Minggu, yang menandai kasus ke-29 negara itu.
– Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC) mengatakan bahwa pasien baru, yang berusia 82 tahun, tertular virus tanpa riwayat perjalanan ke luar negeri atau kontak dengan pasien yang dikonfirmasi.

Covid-19 kematian meningkat menjadi 1.669
– Coronavirus Covid-19 kematian telah mengklaim lebih jauh ke 1.669 dengan 142 kematian baru di Cina dan satu di Perancis pada akhir 15 Februari. Total jumlah kematian di Cina daratan mencapai 1.665.
– Jumlah total kasus positif melonjak menjadi 69.186 dengan 68.500 kasus di Cina Daratan.
– Kasus parah dikatakan 11.273, sedangkan total pemulihan mencapai 9.600.

————

18 Feb:
Singapura, Hong Kong melaporkan kasus baru

– Kementerian Kesehatan Singapura mengkonfirmasi empat kasus Covid-19 baru, yang meningkat menjadi 81. Kementerian juga melaporkan total 29 pemulihan hingga saat ini.
– Pusat Perlindungan Kesehatan di Hong Kong melaporkan dua kasus baru menjadi total 62.

– Kasus Diamond Princess mencapai 542; Taiwan merencanakan pemulangan
– Kementerian Kesehatan, Perburuhan dan Kesejahteraan Jepang membenarkan bahwa jumlah kasus pada Diamond Princess telah mencapai 542 dari 2.404 orang yang dites.
– Taiwan mengumumkan rencana untuk menerbangkan kembali warga negaranya yang berada di atas kapal pesiar. Dari lebih dari 20 warga Taiwan di kapal itu, empat di antaranya dinyatakan positif.

Korea Selatan mengkonfirmasi kasus ke-31
– Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC) telah melaporkan kasus ke-31 negara itu – seorang wanita Korea Selatan berusia 61 tahun yang saat ini terisolasi.
Inggris dan Korea Selatan merencanakan evakuasi Puteri Intan
– Korea Selatan akan mengirim pesawat ke Jepang untuk membawa kembali lima penumpang di atas kapal pesiar Berlian Princess yang dikarantina. Pesawat akan lepas landas hari ini di Pangkalan Udara Seoul di Seongnam, Seoul.
– Pemerintah Inggris juga berencana untuk mengirim penerbangan ke Jepang untuk mengevakuasi warganya dari kapal.

Kematian meningkat menjadi 1.873; tingkat infeksi menurun
– Jumlah kematian Covid-19 telah meningkat menjadi 1.873, dengan 98 kematian baru di Tiongkok, pada akhir 17 Februari. Jumlah total kasus infeksi telah melampaui 73.000, termasuk 72.436 kasus di Cina daratan.
– Pihak berwenang Cina telah melaporkan bahwa kasus virus korona baru yang dikonfirmasi di luar provinsi Hubei mencatat penurunan selama 14 hari berturut-turut sejak 3 Februari.

————

19 Feb:
Kasus Diamond Princess meningkat menjadi 621

– Kementerian Jepang mengumumkan bahwa jumlah kasus pada Diamond Princess telah meningkat menjadi 621 dari 3.011 orang yang dites. Ini merupakan peningkatan 79 kasus dari hitungan terakhir.

Hong Kong melaporkan kematian kedua
– Hong Kong melaporkan kematian Covid-19 keduanya – seorang pria berusia 70 tahun, yang menderita penyakit yang mendasari dan sedang menerima perawatan di Rumah Sakit Princess Margaret.

Penumpang di Diamond Princess turun
– Penumpang yang telah dites negatif mulai turun dari kapal pesiar setelah periode karantina 14 hari.

Korea Selatan melaporkan 19 kasus baru menjadi total 51 kasus
– Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC) telah melaporkan 19 kasus baru, yang meningkatkan jumlah total kasus yang dikonfirmasi di negara itu menjadi 51.
– Investigasi epidemiologis mengungkapkan bahwa 11 dari kasus baru adalah kontak dari kasus ke-31.

Korban tewas melewati 2.000; Pemulihan baru melebihi infeksi baru
– Kematian akibat coronavirus baru telah meningkat menjadi lebih dari 2.000, termasuk 2.004 di daratan Cina, pada akhir 18 Februari.
– Untuk pertama kalinya, jumlah pasien yang baru pulih melebihi jumlah kasus baru yang

————

20 Feb:
Iran melaporkan tiga kasus baru

– Pada akhir 20 Februari, Iran telah mengkonfirmasi tiga kasus Covid-19 baru sehari setelah kematian dua warga lanjut usia di negara itu.

India berencana untuk membatasi ekspor obat
– India berencana untuk membatasi ekspor antibiotik dan vitamin karena pasokan dari China terganggu karena coronavirus Covid-19.

Satu kematian dilaporkan di Korea Selatan
– KCDC melaporkan kematian seorang pasien coronavirus yang terkait dengan kluster rumah sakit Cheongdon Daenam.
– Agensi juga mengkonfirmasi 22 kasus baru sejak penghitungan terakhir, dengan total menjadi 104. Dari 21 kasus baru, lima berhubungan dengan gugus Gereja Shincheonji Yesus, 13 dengan rumah sakit Cheongdo Daenam dan satu dengan rumah sakit oriental Saeronan.

Korea Selatan mengkonfirmasi 31 kasus baru menjadi total 82 kasus
– KCDC di Korea Selatan telah mengkonfirmasi 31 kasus baru sehingga total menjadi 82. Dari kasus-kasus baru, 23 telah ditelusuri ke kasus 31 yang menghadiri Gereja Yesus Shincheonji di Daegu.

Pembaruan Putri Berlian
– Dua penumpang Jepang dari kapal pesiar Diamond Princess telah meninggal karena virus corona baru. Kedua pasien berusia 80-an dengan kondisi kesehatan yang mendasarinya, lapor media lokal. Ini meningkatkan Covid-19 kematian menjadi 2.128.- Sekitar 180 warga Australia yang dipulangkan dari kapal pesiar telah mendarat di Darwin dan akan dikenakan masa karantina 14 hari kedua.

Korban tewas mencapai 2.126; Iran melaporkan dua kematian
– Kematian Covid-19 telah mencapai 2.126, termasuk dua kematian di Iran, pada akhir 19 Februari. Almarhum di Iran adalah dua warga lanjut usia di kota Qom, kata Alireza Vahabzadeh, penasihat menteri kesehatan negara itu.
– Jumlah total kasus meningkat menjadi lebih dari 75.700, termasuk 74.576 di daratan Cina. Jumlah pemulihan juga meningkat menjadi sekitar 16.300.
dikonfirmasi di Cina. Di Cina daratan, 1.749 kasus baru dikonfirmasi pada 18 Februari, sementara 1.824 pasien baru pulih.
– Jumlah total infeksi meningkat menjadi lebih dari 75.000.

————

21 Feb:
Italia mengkonfirmasi satu kasus baru

– Italia telah mengkonfirmasi satu kasus baru Covid-19, sehingga totalnya menjadi empat kasus di negara ini. Sebelumnya, dua warga negara Tiongkok dan satu Italia dinyatakan positif.
– Kasus positif dikonfirmasi pada seorang pria berusia 38 tahun di wilayah Lombardy, yang kini dirawat di rumah sakit di Codogno.

Kasus-kasus di Korea Selatan naik menjadi 204
– Total kasus yang dikonfirmasi di Korea Selatan telah melonjak menjadi 204, yang sebagian besar ditemukan di kota Daegu.
– Pejabat telah melarang demonstrasi di pusat kota dan menutup taman, dalam upaya untuk mencegah penyebaran virus.

Pembaruan Putri Berlian
– Penerbangan yang membawa sekitar 200 warga Kanada lepas landas dari bandara Tokyo. Setelah mendarat di Ontario, Kanada, para penumpang akan menjalani 14 hari karantina tambahan.
– Penerbangan untuk mengevakuasi warga Inggris dari kapal pesiar akan lepas landas pada 21 Februari, satu hari setelah tanggal yang diumumkan sebelumnya.

Tiongkok melaporkan lebih dari 200 kasus di penjara
– China telah melaporkan lebih dari 200 kasus positif di dua penjara di luar provinsi Hubei, pusat wabah.

Dokter muda di Wuhan meninggal
– Covid-19 telah merenggut nyawa seorang dokter berusia 29 tahun yang bekerja di First People’s Hospital di Wuhan.
– Dinamakan Peng Yinhua, dokter, yang menunda pernikahannya untuk terus bekerja, dirawat di rumah sakit pada 25 Januari dan meninggal karena penyakit coronavirus pada 20 Januari.

AS melaporkan satu kasus baru; total 16- Sebuah kasus baru telah dilaporkan di Humboldt County, California, meningkatkan jumlah kasus di negara itu menjadi 16 kasus.

Kasus-kasus di Korea Selatan meningkat menjadi 156
– Dengan 52 infeksi baru dilaporkan di Korea Selatan, total negara itu melonjak menjadi 156 kasus. Dari kasus-kasus baru, 39 dilacak ke cluster gereja Shincheonji.
– Pemerintah telah memperkuat langkah-langkah untuk mengendalikan penyebaran, dan menyatakan kota Daegu dan Cheongdo sebagai ‘zona perawatan khusus’.

Korban tewas mencapai 2.247
– Kematian akibat Covid-19 telah mencapai 2.247, dengan sebagian besar kematian di Daratan China, pada akhir 20 Februari.
– Jumlah total kasus yang dikonfirmasi meningkat menjadi lebih dari 76.000, dengan lebih dari 75.400 di Cina daratan. Jumlah pemulihan sekitar 18.200.

Dua pengungsi Australia dari tes Diamond Princess positif
– Dua penumpang Diamond Princess dinyatakan positif terkena virus corona Covid-19 di Australia setelah sekitar 170 warga Australia dievakuasi dari kapal pada 20 Februari. Total kasus di kapal mencapai 634.

Pengunjuk rasa Ukraina menyerang bus-bus evakuasi Tiongkok
– Pengunjuk rasa di kota Ukraina telah menyerang bus yang mengangkut para pengungsi dari Cina. Para pengungsi sedang diangkut ke rumah sakit di Novi Sanzhary.
– Semua pengungsi dinyatakan negatif selama pemutaran resmi. Protes muncul setelah email palsu, yang diklaim berasal dari Kementerian Kesehatan, mengatakan beberapa pengungsi telah tertular virus itu.
– Layanan keamanan Ukraina (SSU) mengatakan bahwa email palsu sedang diselidiki. Menurut laporan media, sembilan polisi dan satu warga sipil dirawat di rumah sakit, sementara lebih dari sepuluh pemrotes ditahan.

————

22 Feb:
– AS, UEA, Israel dan Lebanon telah melaporkan kasus tambahan.

Korban tewas naik menjadi 2.360; Iran melaporkan dua kematian
– Jumlah kematian karena Covid-19 telah mencapai 2.360, termasuk dua kematian lainnya yang dikonfirmasi di Iran pada akhir 21 Februari. Jumlah total kematian di Iran sekarang empat.
– Jumlah total kasus yang dikonfirmasi di seluruh dunia meningkat menjadi 77.659 dengan 76.288 kasus di Cina Daratan. Jumlah pemulihan juga meningkat menjadi lebih dari 20.000.

Italia melaporkan satu kematian
– Italia mengumumkan satu kematian di negara di Padova di wilayah Veneto. Almarhum adalah seorang pria berusia 78 tahun.
– Negara ini juga telah melaporkan 16 kasus tambahan, sehingga totalnya menjadi 20.

————

23 Feb:
Inggris melaporkan empat kasus baru; total 13

– Departemen Kesehatan dan Perawatan Sosial Inggris mengkonfirmasi empat kasus tambahan di Inggris. Ini membuat total kasus menjadi 13. Pasien baru adalah pengungsi dari kapal pesiar Diamond Princess.

Iran melaporkan dua kematian lagi
– Dua kematian tambahan telah terjadi di Iran, dengan total menjadi delapan, menurut menteri kesehatan negara itu. Total jumlah kasus di negara ini mencapai 43.

Korea Selatan melaporkan kematian kelima, kasus baru
– KCDC di Korea Selatan telah melaporkan satu kematian tambahan, sehingga total menjadi lima. Juga, dengan 46 kasus baru, jumlah total infeksi mencapai 602.

Singapura melaporkan kasus baru
– Pihak berwenang Singapura telah mengkonfirmasi total 89 kasus hingga saat ini. Kementerian kesehatan negara itu juga melaporkan total 51 pemulihan.

Empat penumpang India lainnya dalam tes Putri Berlian positif
– Empat penumpang India tambahan di karantina kapal pesiar Diamond Princess di Jepang telah dinyatakan positif. Ini meningkatkan jumlah kasus India di kapal menjadi 12.

Kasus dan kematian meningkat di Korea Selatan
– Jumlah total kasus di Korea Selatan telah meningkat menjadi 556. Mayoritas kasus baru terkait dengan gereja Shincheonji atau cluster rumah sakit Cheongdo Daenam.
– Negara itu juga melaporkan dua kematian baru, yang menambah total menjadi empat.
Italia mencatat lonjakan kasus
Jumlah infeksi di Italia telah melonjak menjadi 79, mewakili pertumbuhan hampir empat kali lipat dari hitungan terakhir 20.

Korban tewas naik menjadi 2.458; Iran melaporkan kematian keenam
– Korban tewas telah meningkat menjadi 2.458, termasuk 2.443 kematian di Cina, pada akhir 22 Februari. Jumlah total kasus meningkat menjadi lebih dari 78.600.
– Satu kematian baru terjadi di Iran pada 22 Februari, menjadikan totalnya menjadi enam, lapor media negara itu.
————

24 Feb:

– Spanyol mengkonfirmasi kasus ketiga pada seorang pria Italia yang sedang berlibur di Tenerife.
– Italia melaporkan tujuh kematian secara total dengan 229 total kasus yang dikonfirmasi di negara itu, pada akhir 24 Februari.
– Kementerian Kesehatan Oman mengkonfirmasi kasus koronavirus pertama pada dua wanita yang kembali dari Iran.
– Kuwait dan Bahrain melaporkan kasus tambahan, masing-masing bertambah menjadi lima dan dua. Para pasien baru di Kuwait dikatakan telah tiba dari Masyhad, Iran.
CDC AS mengkonfirmasi 53 kasus coronavirus
– Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menyatakan bahwa ada 53 kasus Covid-19 di negara tersebut, pada 24 Februari.
– Dari 53 kasus, 14 ada di negara itu, termasuk dua kasus baru di California. 39 sisanya adalah warga yang dipulangkan dari kapal pesiar Diamond Princess.
– Irak mengkonfirmasi kasus coronavirus Covid-19 pertamanya di kota Najaf.
– Italia melaporkan dua kematian lagi, sehingga totalnya menjadi lima. Pemerintah telah menempatkan hampir 50.000 orang di 11 kota di Lombardy dan Veneto di bawah karantina.
– Afghanistan mengkonfirmasi kasus pertama coronavirus Covid-19.
– Korea Selatan melaporkan 70 kasus tambahan baru dengan total 833.

Pejabat Iran menyatakan 50 kematian di negara itu; Pemerintah membantah klaim
– Kantor berita ILNA mengutip seorang pejabat Qom Ahmad Amiriabadi Farahani yang mengatakan bahwa jumlah korban jiwa di negara itu mencapai 50 pada 13 Februari.
– Namun, para pejabat telah menyatakan pada 24 Februari bahwa jumlah kematian telah meningkat 12, termasuk empat kematian tambahan yang dilaporkan hari ini.
– Wakil Menteri Kesehatan Iran Iraj Harirchi telah menolak klaim yang ditutup-tutupi. Dia menyatakan bahwa itu ‘bukan saatnya untuk konfrontasi politik’.
– Farahani membantah untuk menarik kembali pernyataannya.

Kuwait, Bahrain mengkonfirmasi kasus pertama
– Kementerian Kesehatan di Bahrain telah melaporkan kasus coronavirus pertama – seorang warga negara yang kembali dari Iran.
– Tiga kasus telah dikonfirmasi di Kuwait, lapor kantor berita lokal KUNA, yang mengatakan bahwa orang-orang itu baru saja kembali dari Iran.

Update Princess Diamond: satu kematian dilaporkan
– Penumpang Jepang lainnya, seorang pria berusia 80-an telah meninggal karena virus corona Covid-19. Total kasus pada Diamond Princess adalah 691 dengan tiga kematian.Tetangga dekat Iran berbatasan
– Arab Saudi, Kuwait, Irak, Turki dan Afghanistan memberlakukan pembatasan perjalanan dan imigrasi terhadap Iran, yang merupakan yang pertama melaporkan kematian di wilayah Timur Tengah.
– Turki, Pakistan, Afghanistan dan Armenia juga menutup perbatasan mereka dengan Iran.

Korban tewas melebihi 2.600; Korea Selatan melaporkan 161 kasus baru
– Korban meninggal akibat Covid-19 coronavirus meningkat menjadi lebih dari 2.600, pada akhir 23 Februari.
– Jumlah kasus yang dikonfirmasi meningkat menjadi lebih dari 79.000, dengan kasus-kasus di Daratan Tiongkok melintasi 77.000.
– Korea Selatan telah mengumumkan 161 kasus positif baru dari coronavirus, sehingga totalnya menjadi 763, dengan tujuh kematian di negara itu. Pemerintah menaikkan kewaspadaan penyakit menular ke level tertinggi.

Italia melaporkan kematian ketiga dan kasus baru
– Italia sekarang telah menjadi negara yang paling terkena dampak di Eropa dengan lebih dari 150 Covid-19 kasus. Negara itu juga melaporkan kematian ketiga akibat virus baru itu.
– Kota-kota Coronavirus ‘hotspot’ telah ditutup untuk mengontrol penyebaran. Negara itu juga menghentikan pertemuan publik, termasuk penskorsan karnaval Venesia.

Israel mengkonfirmasi kasus kedua
– Seorang Israel yang kembali dari kapal pesiar Diamond Princess telah dinyatakan positif, kata Pusat Medis Sheba. Ini meningkatkan total negara menjadi dua.

————

25 Feb:
Aljazair melaporkan kasus pertama; negara Afrika kedua dengan kasus yang dikonfirmasi

– Aljazair melaporkan kasus positif pertamanya – seorang dewasa Italia yang tiba di negara Afrika pada 17 Februari. Ini merupakan kasus kedua di Afrika.

– Jamaika dan Kepulauan Cayman membantah masuk ke kapal pesiar Meraviglia karena membawa anggota awak yang sakit yang bepergian ke negara-negara dengan kasus coronavirus yang dikonfirmasi.
– Swiss mengkonfirmasi kasus Covid-19 pertamanya di kanton Ticino. Kementerian kesehatan Swiss mencatat pria itu berada di Italia sekitar sepuluh hari yang lalu ketika ia menghadiri sebuah acara di dekat Milan.
– Italia telah melaporkan 322 kasus yang dikonfirmasi dan 11 kematian dengan satu pemulihan, pada akhir 25 Februari.
– Brazil melaporkan kasus pertama dari coronavirus.
– El Salvador melarang pengunjung dari Italia dan Korea Selatan. Warga Salvador yang datang dari negara-negara ini akan menghadapi karantina selama 30 hari.
Deputi Menteri Kesehatan Iran positif; satu kematian dilaporkan
– Wakil Menteri Kesehatan Iran Iraj Harirchi telah dinyatakan positif mengidap coronavirus, juru bicara kementerian kesehatan yang dikonfirmasi.
– Negara ini telah melaporkan 95 kasus dikonfirmasi dari virus dengan 16 kematian sejauh ini. Kementerian Kesehatan telah meminta warga untuk tinggal di rumah.

– Austria telah mengumumkan dua kasus Covid-19 pertamanya di provinsi Tyrol yang berbatasan dengan Italia.
– Kroasia telah melaporkan kasus pertama coronavirus di negara itu. Pasien adalah orang muda dan memiliki gejala ringan yang berada di Milan dari 19 hingga 21 Februari.
– Kementerian Kesehatan Bahrain mengkonfirmasi total delapan kasus, termasuk enam kasus baru – dua warga Bahrain dan empat warga Saudi yang tiba dari Iran melalui Dubai.
– Dengan tiga konfirmasi baru, total Covid-19 kasus Kuwait meningkat menjadi delapan. Kantor berita KUNA mencatat bahwa ketiga kasus baru telah kembali dari Iran.
– Iran telah melaporkan tiga kematian tambahan karena Covid-19, sehingga jumlah kematian menjadi 15 dengan 61 kasus yang dikonfirmasi.
– Irak telah mengumumkan empat kasus positif baru di provinsi Kirkuk, sehingga totalnya menjadi lima. Kasus-kasus diidentifikasi dalam keluarga Irak yang melakukan perjalanan ke Iran.
– Italia Selatan telah mencatat kasus positif pertama dari coronavirus. Wanita itu, yang sedang berlibur di Sisilia, dikirim ke rumah sakit dan suaminya serta teman-temannya dimasukkan ke dalam karantina 15 hari.
– Dengan 84 kasus baru di Korea Selatan, total negara itu melonjak menjadi 977. Dua kematian tambahan juga dikonfirmasi, sehingga totalnya menjadi sepuluh.
– Pejabat kesehatan Thailand mengkonfirmasi dua kasus coronavirus Covid-19 baru, yang meningkat menjadi 37. Kedua kasus baru ini dikatakan warga negara Thailand.
Update Princess Diamond: Jepang melaporkan kematian keempat; Filipina dan India akan mengirim penerbangan- NHK melaporkan bahwa penumpang lain dari Diamond Princess telah meninggal, dengan total kematian dari kapal menjadi empat. Almarhum berusia sekitar 80 tahun dan dari Jepang.
– Jepang meminta sekolah untuk sementara waktu menutup, bahkan jika tidak ada kasus yang dikonfirmasi di sekolah.
– Departemen Luar Negeri Filipina telah mengirim dua penerbangan untuk memulangkan sekitar 400 warga yang berada di kapal pesiar Diamond Princess.
– India juga telah memulai pengaturan untuk penerbangan charter untuk mengevakuasi sekitar 120 warga di kapal.
Korban tewas mendekati 2.700; pemulihan melebihi 27.000
– Jumlah kematian karena Covid-19 telah mendekati 2.700, pada akhir 24 Februari.
– Jumlah kasus positif telah melampaui 80.000 di seluruh dunia dan jumlah pemulihan mencapai lebih dari 27.000.
Korea Selatan melaporkan 60 kasus baru dan satu kematian baru
– Korea Selatan telah melaporkan 60 kasus tambahan, peningkatan terkecil dalam kasus yang dikonfirmasi sejauh ini. Sekarang ada 893 kasus positif di Korea Selatan.
– KCDC juga mengumumkan satu kematian lagi di negara itu, sehingga total menjadi delapan.
————

27 Feb:
Jepang melaporkan kematian keempat

– Kementerian Kesehatan, Perburuhan dan Kesejahteraan Jepang telah mengumumkan kematian keempat di negara itu karena Covid-19. Pasien adalah seorang pria Jepang berusia 80-an yang dites positif pada 22 Februari.
– Kementerian menambahkan bahwa penyebab kematian masih dalam konfirmasi.
PBB untuk memberikan pengecualian sanksi kepada Korea Utara
– Panel PBB yang memantau sanksi di Korea Utara telah mengizinkan WHO untuk memasok peralatan medis ke Korea Utara untuk membantu upaya pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19.
Kasus Swiss meningkat menjadi sembilan
– Reuters melaporkan bahwa jumlah kasus di Switerland telah meningkat menjadi sembilan, termasuk kasus terakhir pada seorang wanita yang bepergian dari Milan.- Wanita itu bekerja di fasilitas penitipan anak dan mengikuti hasil tes positifnya, sang anak telah dimasukkan ke dalam karantina 14 hari.
Oman melaporkan kasus keenam
– Oman telah melaporkan kasus keenamnya pada seseorang yang kembali dari Iran.
Kasus meningkat di Spanyol, Yunani, Swedia dan Prancis
– Spanyol telah melaporkan peningkatan kasus, sehingga total menjadi 15 di negara ini.
– Yunani telah mengumumkan dua kasus lagi coronavirus, sehingga totalnya menjadi tiga. Kedua pasien memiliki riwayat bepergian ke Italia utara. Negara ini telah membatalkan acara publik untuk menghentikan penyebaran virus.
– Swedia telah mengumumkan lima kasus Covid-19 baru dengan total sekarang ada tujuh.
– Menteri Kesehatan Perancis telah menyatakan bahwa ada 38 kasus yang dikonfirmasi di negara ini, dengan 20 kasus yang dikonfirmasi.
Irlandia Utara melaporkan kasus pertama
– Badan Kesehatan Masyarakat Irlandia Utara telah mengkonfirmasi bahwa seorang wanita telah dites positif untuk Covid-19. Ini adalah kasus pertama di wilayah ini. Total kasus di Inggris saat ini adalah 16.
Lebanon melaporkan kasus ketiga
– Kantor berita NNA melaporkan bahwa seorang pria yang kembali dari Iran dinyatakan positif. Libanon sejauh ini melaporkan tiga kasus virus korona.
VP Iran positif untuk Covid-19
– Wakil Presiden Iran untuk Urusan Wanita dan Keluarga Masoumeh Ebtekar telah dinyatakan positif memiliki virus corona Covid-19.
Belanda dan San Marino melaporkan kasus pertama
– Belanda telah melaporkan kasus pertamanya. Pasien memiliki riwayat perjalanan ke wilayah Lombary Italia.
– San Marino di Eropa juga telah mencatat kasus pertama dari coronavirus. Otoritas kesehatan sudah mulai mencari orang yang berhubungan dengan pasien dan sedang memantau dokter umum.
Kasus dan kematian di Italia meningkat
– Kementerian Kesehatan Italia telah melaporkan tambahan kasus baru di negara itu, sehingga totalnya menjadi 655. Jumlah korban jiwa di negara itu juga telah meningkat menjadi 17 sementara total pemulihan mencapai 45.
Korea Selatan melaporkan kasus baru dan kematian
– Korea Selatan telah melaporkan 171 kasus baru, yang meningkat total menjadi 1.766. Dengan satu kematian baru, Covid-19 kematian di negara itu mencapai 13.
Malaysia melaporkan satu kasus baru; total 23
– Malaysia melaporkan kasusnya yang ke-23 secara nasional yang baru-baru ini bepergian ke Jepang.
Kuwait mengonfirmasi 43 kasus
– Dalam konferensi pers, Menteri Kesehatan Kuwait menyatakan bahwa jumlah kasus Covid-19 di negara ini telah meningkat menjadi 43.
Iran melaporkan empat kematian baru, 106 kasus baru
– Iran telah mengumumkan bahwa empat orang tambahan telah meninggal, yang menjadikan angka kematian negara itu menjadi 26. Jumlah orang yang terinfeksi meningkat menjadi 245.
Swiss mengumumkan tiga kasus baru
– Otoritas kesehatan Swiss telah mengumumkan tiga kasus baru coronavirus, menjadikan total negara menjadi empat.
Australia mengatakan pandemi tak terhindarkan
– Pada konferensi pers, Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan bahwa “dunia akan segera memasuki fase pandemi virus corona.”
– Dalam upaya mempersiapkan prediksi tersebut, negara mengimplementasikan Rencana Tanggap Darurat / rencana kesiapsiagaan menghadapi pandemi virus.
– Australia juga memperpanjang larangan bepergian ke Tiongkok hingga 7 Maret.Inggris melaporkan dua kasus baru; total 15
– Pemerintah Inggris mengkonfirmasi dua kasus baru di Inggris, sehingga total negara menjadi 15.
– Kepala medis Inggris Chris Whitty mengatakan bahwa pasien baru tertular virus di Italia dan Tenerife, Spanyol.
Jumlah kematian Iran meningkat menjadi 22
– Iran telah mengkonfirmasi empat kematian lagi, sehingga total menjadi 22. Negara sejauh ini mengkonfirmasi 141 kasus.
Korea Selatan melaporkan kematian tambahan
– KCDC telah melaporkan kematian tambahan, sehingga total menjadi 13, dengan 1.595 kasus yang dikonfirmasi.
Irak mengkonfirmasi kasus keenam
– Irak mengkonfirmasi kasus keenamnya, yang menandai yang pertama di ibukotanya, Baghdad. Pasien baru adalah laki-laki yang kembali dari Iran.
– Irak menghentikan pertemuan publik dan melarang perjalanan ke dan dari total sembilan negara, termasuk Kuwait dan Bahrain.
Estonia, Denmark melaporkan kasus pertama
– Kasus pertama Estonia telah dikonfirmasi pada seorang pria dengan sejarah perjalanan baru-baru ini ke Iran, menurut kantor berita Rusia TASS dan Interfax.
– Otoritas kesehatan di Denmark telah mengkonfirmasi kasus positif pertama negara itu, yang dikatakan sebagai lelaki yang kembali dari liburan di Italia utara. Pasien berada di bawah isolasi di rumahnya.
Kota Cina menawarkan $ 1.400 kepada orang-orang yang melapor sendiri
– Qianjiang di Provinsi Hubei telah mengumumkan hadiah 10.000 yuan ($ 1.425,96) untuk orang-orang dengan gejala Covid-19 yang melaporkan diri mereka kepada pihak berwenang. Hadiah akan diberikan untuk kasus yang dikonfirmasi.
Wanita Jepang dinyatakan positif untuk kedua kalinya
– Seorang wanita Jepang dari Osaka dinyatakan positif mengidap coronavirus untuk kedua kalinya.
– Dia pertama kali dinyatakan positif pada akhir Januari dan pulih pada 1 Februari.
Arab Saudi menghentikan ziarah Mekah
– Kerajaan Arab Saudi untuk sementara waktu melarang semua kunjungan keagamaan ke Mekah dan Madinah, situs suci Islam, dalam upaya untuk mencegah penyebaran coronavirus dari negara-negara Arab lain yang terinfeksi.
AS mengkonfirmasi kasus pertama dari sumber yang tidak diketahui
– AS telah mengkonfirmasi satu kasus baru yang diduga sebagai akibat dari ‘penyebaran komunitas’, ketika sumber infeksi tidak diketahui.
– Ini membuat total kasus di negara ini mencapai 60 kasus, termasuk 42 kasus yang dipulangkan dari kapal pesiar Diamond Princess dan tiga pengungsi Wuhan.
India mengevakuasi warga negara dengan Puteri Berlian dan Wuhan
– India telah mengevakuasi 119 warga India bersama dengan dua orang Sri Lanka, satu Nepal, satu Afrika Selatan, dan satu Peru dari kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina.
– Pesawat bantuan Angkatan Udara India telah mengirim 76 orang India dan 36 warga negara asing dari Wuhan. Pesawat berangkat ke China dengan 15t pasokan medis ke Wuhan setelah itu dievakuasi 112 penumpang.
Korea Selatan melaporkan kasus baru
-Korea Selatan telah melaporkan 334 kasus baru dan tidak ada kematian baru. Total kasus sekarang mencapai 1.595 dan 12 kematian sejauh ini.
Finlandia dan Lebanon melaporkan kasus kedua
– Finlandia telah mengkonfirmasi kasus coronavirus kedua di Finlandia – seorang wanita nasional yang baru-baru ini mengunjungi Milan, Italia.
– Kementerian Kesehatan Lebanon juga melaporkan kasus kedua negara itu pada orang yang kembali dari perjalanan ke Iran.
Korban tewas menyentuh 2.800
– Jumlah kematian akibat coronavirus telah meningkat menjadi 2.800 dengan sekitar 2.640 kematian di Provinsi Hubei di Cina pada akhir 26 Februari.
– Kasus yang dikonfirmasi di seluruh dunia lebih dari 82.000 sementara pemulihan juga meningkat menjadi 32.000.26 Feb:
Kroasia mengkonfirmasi kasus ketiga
– Kroasia mengkonfirmasi kasus ketiga – seorang pria yang telah bekerja di Italia – di kota Rijeka. Dua kasus pertama dilaporkan sebelumnya di ibukota negara itu, Zagreb.
Romania melaporkan kasus pertama
– Romania mengkonfirmasi kasus Covid-19 pertamanya pada seorang pria yang berhubungan dengan seorang Italia yang didiagnosis dengan virus. Orang Italia, yang mengunjungi Rumania antara 18 dan 22 Februari, didiagnosis setelah kembali ke Italia.
AS-Korea Selatan menunda pelatihan militer
Republik Korea (ROK) -Aliansi AS telah menunda pelatihan pos komando gabungan setelah pemerintah ROK mendeklarasikan tingkat siaga tertinggi pada Covid-19.
Kasus Diamond Princess meningkat menjadi 705
– Kementerian Kesehatan, Perburuhan dan Kesejahteraan Jepang telah mengumumkan bahwa total kasus yang terkait dengan kapal pesiar Diamond Princess telah meningkat menjadi 705. Pihak berwenang menguji 4.061 orang.
Italia melaporkan kasus baru
– Italia telah melaporkan bahwa jumlah total kasus telah meningkat menjadi 400 di negara ini. Belum dilaporkan adanya kematian baru yang saat ini mencapai 12.
Kasus pertama di Pakistan, Norwegia, Georgia, dan Makedonia Utara
– Pakistan telah melaporkan dua kasus pertamanya. Orang yang terinfeksi memiliki riwayat bepergian ke Iran. Para pasien dilaporkan stabil.
– Norwegia mencatat kasus Covid-19 pertamanya pada seseorang yang kembali dari Tiongkok. Media lokal menyatakan bahwa pasien stabil dan tidak menunjukkan gejala.
– Seorang warga Georgia dinyatakan positif, yang pertama di negara itu. Pria itu datang dari Azerbaijan dan sedang melakukan perjalanan dari Iran. Teman perjalanan pria itu dinyatakan negatif untuk virus tersebut, tetapi sedang dikarantina.
– Makedonia Utara juga melaporkan kasus pertamanya. Wanita itu bepergian ke negara itu dari Italia.
Italia melaporkan satu kematian baru; 52 kasus baru
– Kementerian Kesehatan Italia telah melaporkan 374 infeksi di negara di mana 12 orang telah meninggal. Satu orang telah pulih.
Jepang melaporkan satu kematian baru
– Dengan satu kematian baru di Jepang, jumlah kematian bangsa meningkat menjadi enam, termasuk empat kematian dari kapal Diamond Princess.
– Korban terakhir, yang terjadi di Tokyo, dikatakan laki-laki berusia 80-an.
Yunani mengkonfirmasi kasus pertama
– Yunani telah melaporkan kasus pertamanya pada seorang warga negara berusia 38 tahun yang mengunjungi Italia utara, menurut perwakilan kementerian kesehatan Sotiris Tsiodras.
Jumlah kematian Iran mencapai 19; Kuwait melaporkan enam kasus baru
– Dengan tiga kematian baru yang dilaporkan, jumlah kematian Iran naik menjadi 19 dengan 139 kasus dikonfirmasi.
– Kuwait mengkonfirmasikan enam kasus positif tambahan, sehingga total menjadi 18 kasus.
Prancis melaporkan kematian kedua
– Otoritas kesehatan Prancis telah melaporkan kematian kedua. Kematian itu, seorang pria Prancis berusia 60 tahun di Paris, adalah salah satu kasus baru yang dilaporkan di negara itu. Total infeksi di Prancis adalah 18.

– Otoritas Manajemen Krisis Darurat dan Bencana Nasional UEA mengatakan kepada Reuters bahwa ia siap untuk menangani ‘skenario terburuk’ wabah coronavirus.
Bahrain mengkonfirmasi sembilan kasus
– Bahrain telah mengkonfirmasi sembilan kasus baru ke 17 sebelumnya, sehingga total menjadi 26. Negara ini telah mulai menyaring penumpang yang datang dari negara-negara yang terkena dampak. Orang-orang yang telah mengunjungi Iran pada bulan Februari telah diminta untuk dites.

– KCDC melaporkan 115 kasus tambahan dan satu kematian, sehingga total menjadi 1.261 kasus yang dikonfirmasi dan 12 kematian.- Penerbangan evakuasi kedua yang dikirim oleh Malaysia memulangkan 66 warga dari Wuhan. Pesawat mendarat hari ini di Bandara Internasional Kuala Lumpur.
– Thailand membenarkan tiga kasus baru, menjadikan total infeksi menjadi 40. Kementerian kesehatan mengatakan bahwa dua kasus baru telah kembali dari liburan di Jepang dan melakukan kontak dengan yang ketiga.
– Kuwait melaporkan infeksi coronavirus baru, yang meningkatkan jumlah total di negara tersebut menjadi 12.
– Pasukan AS Korea menyatakan bahwa seorang anggota layanan AS yang ditempatkan di Korea Selatan dinyatakan positif.
Korban tewas melewati 2.750; pemulihan meningkat
– Jumlah kematian akibat coronavirus telah meningkat menjadi lebih dari 2.750 pada akhir 25 Februari.
– Jumlah kasus yang terinfeksi telah meningkat menjadi sekitar 81.000 sementara kasus yang dipulihkan melebihi 30.000.
Korea Selatan melaporkan kasus baru
– KCDC telah melaporkan tambahan 169 kasus baru, sehingga total menjadi 1.146. Dengan kematian baru yang dilaporkan, jumlah total kematian di negara itu mencapai 11.
————

28 Feb:

– WHO telah meningkatkan risiko wabah global coronavirus menjadi ‘Sangat Tinggi’
Jumlah kematian Iran mencapai 34
– Jumlah korban Covid-19 di Iran telah meningkat menjadi 34, seorang juru bicara Kementerian Kesehatan mengatakan. Jumlah total kasus juga meningkat menjadi 388.
AS melaporkan dua kasus penyebaran komunitas
– Negara bagian Oregon dan California melaporkan tambahan kasus penyebaran komunitas, yang menjadikan total kasus menjadi 62.
Prancis, Italia mengkonfirmasi kasus tambahan
– Perancis telah mengkonfirmasi tambahan 19 kasus, dengan total menjadi 57 kasus, dengan dua kematian sejauh ini.
– Jumlah total kasus di Italia telah meningkat menjadi 888. Negara ini juga melaporkan empat kematian baru, sehingga menambah jumlah kematian negara menjadi 21.
Update Princess Diamond: kematian keenam dilaporkan
– Penumpang lain, seorang pria dari Inggris, yang berada di kapal pesiar Diamond Princess telah meninggal. Ini adalah kematian Putri Berlian keenam.
Inggris melaporkan satu kasus tambahan
– Inggris telah mengumumkan kasus tambahan. Total kasus di Inggris, termasuk Irlandia Utara dan Wales, mencapai 20.
Korea Selatan melaporkan 315 kasus tambahan
– KCDC telah mengumumkan 2.337 kasus di negara ini, termasuk 315 kasus yang baru dilaporkan. Jumlah korban tewas di negara itu adalah 13.
Yunani melaporkan kasus tambahan
– Yunani telah melaporkan tambahan kasus Covid-19, sehingga totalnya menjadi empat. Pasien itu adalah seorang wanita Yunani berusia 36 tahun yang tiba dari Italia utara.
Kasus di Kroasia naik menjadi lima
– Dua orang tambahan di Kroasia dinyatakan positif coronavirus, sehingga totalnya menjadi lima. Yang baru terinfeksi berada dalam kontak dekat dengan kasus awal, kata menteri kesehatan negara itu.
Kuwait mengkonfirmasi dua kasus baru; total 45
– Kuwait telah mencatat dua kasus baru pada orang yang sebelumnya melakukan kontak dengan warga Iran. Jumlah total infeksi di negara ini sekarang mencapai 45.
Belanda melaporkan kasus kedua
– Negara ini telah melaporkan kasus kedua di ibukotanya, Amsterdam. Pasien ini dikatakan tidak memiliki tautan ke kasus pertama.
Kasus Inggris meningkat menjadi 19
– Wales telah mengkonfirmasi kasus pertamanya pada seorang pasien yang tiba dari Italia Utara dan Inggris telah melaporkan dua kasus lagi, sehingga total Inggris menjadi 19.
Tes anjing positif untuk coronavirus di HK
– Seorang Pomeranian telah dites positif untuk coronavirus di Hong Kong. Anjing itu konon tertular virus dari pemiliknya yang terinfeksi.
– Anjing tidak menunjukkan gejala apa pun dan diuji ‘lemah positif’. Saat ini berada di bawah karantina selama 14 hari.Penumpang Putri Berlian Kelima meninggal
– Penumpang lain dari kapal pesiar Diamond Princess telah meninggal karena coronavirus.
– Pasien adalah seorang wanita Jepang berusia 70-an yang dites positif pada 6 Februari dan dipastikan menderita pneumonia pada 12 Februari.
Jepang melaporkan kematian kelima
– Kementerian Kesehatan, Perburuhan dan Kesejahteraan Jepang telah mengumumkan kematian kelima di negara itu karena virus korona. Pasien itu adalah seorang pria Jepang berusia 70-an yang dirawat di rumah sakit pada 6 Februari karena demam.
Malaysia melaporkan dua kasus baru; total 25
– Negara itu mengkonfirmasi dua kasus tambahan dengan total 25. Pemerintah Malaysia memberlakukan pembatasan sementara pada pengunjung dari Korea.
Thailand melaporkan satu kasus tambahan
– Pejabat kesehatan Thailand telah menyatakan bahwa negara tersebut telah melaporkan kasus virus coron-nya yang ke-41. Pasien telah tiba dari Korea Selatan dan dievolusikan pada 24 Februari.
UAE melaporkan enam kasus tambahan
– Total kasus di UEA telah meningkat menjadi 19, dengan enam kasus yang baru dilaporkan. Dari enam kasus, empat berasal dari Iran, satu dari Bahrain dan satu dari Cina.
– Orang Iran dikatakan telah memasuki negara itu sebelum UEA melarang penerbangan ke dan dari Iran.
Australia Barat mendaftarkan kasus kedua
– Seorang wanita dari kapal pesiar Diamond Princess, yang dievakuasi pekan lalu telah dinyatakan positif menderita Covid-19. Ini adalah kasus kedua di WA dan ke-24 di Australia.
Lituania dan Belarus melaporkan kasus pertama
– Seorang wanita yang kembali dari Verona di Italia telah dites positif terkena coronavirus di Lithuania. Ini adalah kasus positif pertama negara itu.
– Belarus juga telah mendaftarkan kasus pertama Covid-19.
NZ mengkonfirmasi kasus pertama; untuk sementara melarang perjalanan ke Iran
– Selandia Baru telah mengumumkan kasus pertama Covid-19 pada seseorang yang tiba dari Iran melalui Bali. Kementerian Kesehatan Selandia Baru telah meminta orang-orang dalam penerbangan yang sama, untuk menghubungi otoritas kesehatan.
– NZ telah membatasi perjalanan ke Iran mengingat meningkatnya kasus dan kematian di negara Timur Tengah.
Nigeria melaporkan kasus pertama
– Seorang pria Italia yang tiba di Lagos, Nigeria minggu ini, dinyatakan positif Covid-19, menandai kasus pertamanya di negara dan wilayah Sub-Sahara.
Korea Selatan mengkonfirmasi 256 kasus tambahan
– KCDC telah melaporkan 256 kasus tambahan, sehingga total menjadi 2.022. Jumlah kematian di negara itu mencapai 13, tanpa kematian tambahan, seperti yang dilaporkan pada 28 Februari pagi.
Korban tewas meningkat menjadi lebih dari 2.850 secara global
– Korban tewas Covid-19 telah meningkat menjadi lebih dari 2.850, pada akhir 27 Februari.
– Jumlah total infeksi telah meningkat menjadi sekitar 83.300, dengan sekitar 78.000 infeksi di Cina Daratan. Pemulihan di seluruh dunia telah melampaui 36.000.

————

29 Feb:
AS melaporkan kematian pertama

– AS melaporkan kematian pertamanya; almarhum berusia 50-an dan berasal dari Seattle, Washington. Dia dilaporkan memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.
– AS juga telah meningkatkan pembatasan perjalanan Korea Selatan, Iran dan Italia karena meningkatnya jumlah kasus di negara-negara tersebut.
Kasus-kasus baru dilaporkan di Ekuador dan Luksemburg
– Menteri Kesehatan Ekuador menyatakan bahwa negara tersebut telah mencatat kasus pertama coronavirus.
– Seorang pria yang tiba dari Italia ke Luksemburg telah dinyatakan positif Covid-19.
Total kasus melintasi 1.000 di Italia
– Kepala Perlindungan Sipil Italia Angelo Borrelli mengkonfirmasi bahwa total kasus yang dikonfirmasi meningkat menjadi 1.128 dengan 29 kematian sejauh ini.
Qatar melaporkan kasus baru
– Qatar telah mengkonfirmasi kasus pertama Covid-19, seorang warga Qatar yang tiba dari Iran baru-baru ini. Pasien dikatakan stabil.
Kasus pertama dilaporkan di Monako, Meksiko, dan Azerbaijan
– Seorang pria dari Monako melaporkan kasus pertama Covid-19. Pria itu dirawat di rumah sakit di Prancis.
– Meksiko melaporkan dua kasus pertamanya di negara itu, satu yang dites positif dan satu lagi sedang menunggu hasil tes. Kasus kedua dianggap telah dikonfirmasi.
– Azerbaijan telah melaporkan kasus Covid-19 pertamanya. Pasien itu dari Rusia yang datang dari Iran.
Rumania, Denmark, Norwegia, dan Georgia melaporkan kasus baru
– Rumania telah melaporkan dua kasus tambahan, sehingga total menjadi tiga.
– Denmark mengkonfirmasi kasus coronavirus keduanya, seorang pria yang kembali dari Italia utara.
– Tiga orang lainnya dinyatakan positif di Norwegia, sehingga total kasus di negara itu menjadi empat.
– Georgia juga telah mencatat kasus virus kedua. Wanita berusia 31 tahun dan bepergian ke Italia.
Singapura mengkonfirmasi empat kasus coronavirus
– Singapura telah melaporkan empat kasus tambahan, sehingga totalnya menjadi 102. Kementerian Kesehatan Singapura telah menambahkan bahwa Singapura juga memberhentikan tiga kasus.
– Total kasus yang pulih di negara ini mencapai 72.
Korea Selatan melaporkan kasus-kasus tambahan; satu kematian
– KCDC telah mengumumkan 219 kasus tambahan dan satu kematian baru. Jumlah korban tewas di negara itu adalah 17 sedangkan jumlah kasus adalah 3.150.

– Total kasus di Irak telah meningkat menjadi delapan sementara kasus di Lebanon mencapai empat.
– Seorang pria yang tiba di Israel dari Italia telah diuji positif untuk Covid-19, sehingga totalnya menjadi tujuh di negara itu.
– Finlandia telah melaporkan bahwa total negara sekarang mencapai tiga kasus yang dikonfirmasi.
– Bahrain mengkonfirmasi dua kasus coronavirus, yang satu dari Arab Saudi. Total di Bahrain adalah 38.Korban tewas meningkat menjadi lebih dari 2.900
– Korban tewas karena telah meningkat menjadi lebih dari 2.900, pada akhir 28 Februari.
– Jumlah kasus yang dikonfirmasi di seluruh dunia telah meningkat menjadi lebih dari 85.000, sementara pemulihan mencapai 39.000.
Korea Selatan melaporkan kasus-kasus tambahan; tiga kematian
– Korea Selatan melaporkan 594 kasus lagi, meningkatkan total kasus menjadi 2.931. Korban tewas mencapai 16, sesuai laporan KCDC 29 Februari pagi.
Singapura melaporkan dua kasus tambahan
Jumlah total kasus di Singapura telah meningkat menjadi 98, termasuk dua kasus baru yang dilaporkan hari ini.

————

1 Maret:
Prancis mencatat total 130 kasus

– Pejabat kesehatan Prancis mengatakan bahwa total kasus di negara itu sekarang mencapai 130, sembilan di antaranya dalam kondisi serius.
Kasus di Norwegia mencapai 19; Kasus Finlandia jam enam
– Dengan dilaporkannya kasus baru, total kasus Covid-19 positif Norwegia mencapai 19, termasuk lima pekerja rumah sakit.
– Finlandia mengkonfirmasi empat kasus baru, yang menjadikan total negara menjadi enam.
Kasus Ekuador meningkat menjadi enam
– Jumlah total kasus di Ekuador melonjak menjadi enam, dengan lima kasus baru dilaporkan sehari setelah negara melaporkan kasus pertamanya.
– Semua lima pasien baru dikatakan telah melakukan kontak langsung dengan kasus pertama.
Bahrain mengatakan total kasus bertambah menjadi 47
– Kementerian Kesehatan Bahrain mengkonfirmasi enam kasus baru coronavirus menjadi total 47. Pasien baru adalah lima warga negara Bahrain dan satu warga negara Saudi yang tiba dengan penerbangan tidak langsung dari Iran.
Meksiko melaporkan lebih banyak kasus; total lima
– Pihak berwenang Meksiko melaporkan tambahan kasus positif coronavirus, sehingga totalnya menjadi lima. Semua lima pasien memiliki riwayat bepergian ke Italia.
Jumlah kematian Iran meningkat 11
– Jumlah korban tewas di Iran telah meningkat menjadi 54 dengan 11 kematian baru dilaporkan. Jumlah total kasus juga meningkat menjadi 978.
Skotlandia mencatat kasus pertama
– Seorang pria dengan riwayat perjalanan sebelumnya ke Italia telah dites positif di Skotlandia. Ini adalah kasus Covid-19 terkonfirmasi pertama di kawasan ini.- Inggris juga telah melaporkan 12 kasus confimed baru. Total kasus di Inggris adalah 36.
Qatar melaporkan dua kasus tambahan
– Kementerian Kesehatan Masyarakat Qatar telah melaporkan dua kasus tambahan Covid-19, menjadikan total negara menjadi tiga.
– Kasus yang dikonfirmasi adalah dua warga negara yang dipulangkan dari Iran, dan berada di bawah karantina.
– Qatar memberlakukan larangan sementara terhadap masuknya wisatawan yang datang dari Mesir melalui poin perantara.

– Mengingat meningkatnya kasus Covid-19, Prancis telah menutup Museum Louvre di Paris dan Korea Selatan telah menutup beberapa gereja.
Kasus tambahan dilaporkan di Libanon, Kuwait, Yunani, Brasil dan Pakistan
– Lebanon telah mengkonfirmasi tambahan kasus Covid-19, sehingga total kasus menjadi sepuluh.
– Kuwait mengumumkan satu kasus lagi coronavirus, sehingga totalnya menjadi 46.
– Dengan tiga kasus baru, Yunani telah mengkonfirmasi total tujuh kasus. Dua dari kasus yang dikonfirmasi terkait dengan kasus yang ada di negara itu sementara yang lain mengunjungi Italia dalam beberapa kali.
– Brasil telah mengkonfirmasi kasus coronavirus kedua di negara itu – seorang pasien yang bepergian ke Italia utara.
– Pakistan telah melaporkan dua kasus coronavirus lagi di negara itu, sehingga totalnya menjadi empat.
Republik Dominika, Armenia, Republik Ceko, dan Irlandia mencatat kasus pertama
– Pejabat kesehatan Republik Dominika telah mengumumkan bahwa seorang pria yang datang dari Italia telah dites positif terkena virus korona.
– Seorang warga negara Armenia yang kembali dari Iran telah dinyatakan positif, Perdana Menteri Nikol Pashinyan menyatakan dalam sebuah posting Facebook.
– Republik Ceko telah mengkonfirmasi tiga kasus pertama dari coronavirus – ketiganya dengan sejarah perjalanan ke Italia utara.
– Irlandia telah mencatat kasus Covid-19 pertamanya – seorang pria yang memiliki sejarah perjalanan ke Italia utara.
Singapura mencatat empat kasus tambahan
– Minstry of Health di Singapura telah mengumumkan empat kasus tambahan Covid-19, sehingga totalnya menjadi 106. Selain itu, pemulihan mencapai 74, termasuk dua kasus yang baru saja diberhentikan.
Korea Selatan melaporkan beberapa kasus tambahan, satu kematian
– Total kasus di Korea Selatan meningkat 210, sehingga total menjadi 3.736. Jumlah kematian di negara ini juga telah meningkat menjadi 18, termasuk satu kematian yang baru dilaporkan, sesuai laporan KCDC 1 Maret malam.
Kasus dan kematian Italia terus meningkat
– Kementerian Kesehatan Italia telah mengumumkan bahwa total kasus di negara ini telah meningkat menjadi 1.577.
– Kematian di negara ini telah meningkat menjadi 34 dari 29 sebelumnya. Selain itu, 83 orang telah pulih.
AS melaporkan kematian kedua
– AS telah melaporkan kematian kedua di King County, Washington. Almarhum adalah seorang pria berusia 70-an yang dilaporkan memiliki masalah kesehatan yang mendasarinya.
Korban tewas mendekati 3.000 di seluruh dunia, pemulihan melewati 42.000
– Jumlah kematian karena Covid-19 lebih dari 2.970, pada akhir 29 Februari.
– Jumlah total kasus meningkat menjadi lebih dari 86.500, dengan lebih dari 79.824 kasus dikonfirmasi di China Daratan. Pemulihan juga meningkat menjadi lebih dari 42.000 secara global.
– Daratan China melaporkan 573 kasus baru dan 35 kematian lainnya.
Iran melaporkan sembilan kematian baru
– Iran telah melaporkan sembilan kematian baru dan 205 kasus yang dikonfirmasi, menjadikan angka kematian menjadi 43 dan mengonfirmasi kasus menjadi 593.
– Salah satu dari sembilan kematian baru adalah kematian anggota parlemen negara itu yang terinfeksi virus corona.Korea Selatan melaporkan 376 kasus
– KCDC melaporkan tambahan 376 kasus, dengan total menjadi 3.526 sementara jumlah korban jiwa 17.
Australia dan Thailand melaporkan kematian pertama
– Seorang pria 78 tahun yang dipulangkan dari kapal pesiar Diamond Princess telah meninggal di Australia, kasus kematian pertama di negara itu. Total kasus di negara ini mencapai 27, termasuk dua kasus baru yang dikonfirmasi.
– Thailand juga melaporkan kematian pertamanya, lapor Kementerian Kesehatan Publik. Almarhum adalah seorang pria berusia 35 tahun yang juga menderita demam berdarah sebelum dites positif terkena virus corona. Total kasus di Thailand mencapai 42.
————

2 Mar:

– UEA telah mengevakuasi warganya dari Iran, di mana 66 orang telah meninggal karena virus korona. Warga dikarantina dan kesehatannya dipantau.
Prancis melaporkan dua kematian baru; total empat
– Dua pasien lagi meninggal di Prancis utara, menjadikan korban jiwa di negara itu menjadi empat, kata surat kabar Le Parisien mengutip walikota Compiegne.
Kasus di Inggris mencapai 40
– Jumlah total kasus virus corona di Inggris meningkat menjadi 40, termasuk murid Sekolah Tata Bahasa Churston Ferrers di Torbay, Devon.
– Pada tanggal 3 Maret, Perdana Menteri Boris Johnson akan meluncurkan rencana aksi pemerintah untuk memerangi penyebaran virus corona.
Tunisia, Maroko mengkonfirmasi kasus pertama
– Tunisia membenarkan kasus pertamanya pada warganegara yang kembali dari Italia.
– Di Maroko, pasien Covid-19 pertama adalah warga negara Maroko yang kembali dari Italia.
Kasus Qatar meningkat menjadi tujuh
– Kementerian Kesehatan Qatar melaporkan empat kasus virus corona baru menjadi tujuh.
– Dari pasien baru, dua adalah warga negara Qatar dan dua ‘pekerja rumah tangga’ berkebangsaan tertutup yang menemani mereka ke Iran.
Korban tewas AS naik menjadi enam
– Negara bagian Washington di AS telah melaporkan empat kasus kematian lagi, sehingga total menjadi enam di negara itu.
– Total kasus di negara itu mencapai 91, dimana 45 di antaranya adalah warga yang dipulangkan dari kapal pesiar Diamond Princess dan tiga dari Wuhan.
Oman melarang pengunjung
– Oman melarang pengunjung dari negara-negara di mana coronavirus telah menyebar, kementerian luar negeri negara itu men-tweet, tanpa menyebutkan negara.
– Langkah ini dikatakan sebagai tindakan pencegahan, yang berlaku di semua pelabuhan, termasuk darat, laut, dan udara.
Pakistan melaporkan kasus tambahan
– Pakistan telah melaporkan kasus Covid-19 lainnya, sehingga totalnya menjadi lima. Pasien dilaporkan memiliki riwayat perjalanan sebelumnya ke Iran.
Jumlah kematian Iran meningkat menjadi 66; Anggota Dewan Kemanusiaan Iran meninggal
– Wakil Menteri Kesehatan Alireza Raisi mengatakan kepada televisi pemerintah bahwa negara itu telah melaporkan 523 kasus tambahan dan 12 kematian, sehingga totalnya menjadi 1.501 kasus dengan 66 kematian.
– Di antara yang meninggal adalah anggota Dewan Kemanusiaan Mohammad Mirmohammadi. Banyak pejabat senior lain juga dinyatakan positif mengidap coronavirus.
Kasus dan kematian Italia meningkat
– Seperti yang dilaporkan 2 Maret, Kementerian Kesehatan Italia telah menyatakan bahwa 52 orang telah meninggal, peningkatan yang tajam dibandingkan dengan 34 yang kemarin.- Jumlah kasus juga meningkat dari 1.577 menjadi 1.835. Lombardy di wilayah utara terus menjadi wilayah yang paling terkena dampak dengan 1.254 kasus.
Kapal pesiar menghadapi protes di Pulau Reunion
– Kapal pesiar Sun Princess, milik Princess Cruises, menghadapi protes keras ketika merapat di Pulau Reunion karena ketakutan Covid-19.
Kasus pertama dikonfirmasi di Arab Saudi dan Yordania
– Arab Saudi mengkonfirmasi bahwa seorang warga negara Saudi yang kembali dari Iran melalui Bahrain dinyatakan positif terkena virus corona. Ini adalah kasus pertama di negara ini.
– Jordan telah mengkonfirmasi kasus pertamanya, seorang warga negara yang tiba dari Italia 16 hari yang lalu. Pasien telah dikarantina selama dua minggu dan dilaporkan sembuh.
Wuhan menutup satu rumah sakit Covid-19
– Wuhan, pusat wabah, telah menutup salah satu dari 16 rumah sakit yang dibangun untuk merawat orang yang terkena dampak epidemi coronavirus.
– Penyiar negara bagian CCTV menyatakan bahwa rumah sakit menutup pintunya setelah mengeluarkan paten terakhir yang pulih.
– Cina melihat penurunan dalam kasus harian yang dilaporkan di Provinsi Hubei dan Wuhan dalam beberapa hari terakhir sementara China memantau orang-orang yang mungkin kembali dari negara lain di mana wabah telah menyebar.
Tes pengungsi negatif di India
– Kementerian Kesehatan India telah menyatakan bahwa para pengungsi dari Tiongkok dan kapal pesiar Puteri Berlian telah diuji negatif pada putaran pertama pengujian di kamp-kamp isolasi di Chhawla dan Manesar
– Seorang pria Italia dilaporkan memiliki hasil tes positif Covid-19 di negara bagian Rajasthan di India. Sampel dikirim untuk konfirmasi ke National Institute of Virology di Pune.
Staf WHO dinyatakan positif
– Dalam briefing media, direktur jenderal WHO menyatakan bahwa seorang anggota staf WHO telah dites positif untuk Covid-19 dan dikatakan memiliki ‘penyakit ringan’.
Jepang melaporkan 15 kasus baru
– Kyodo newswire telah menyatakan bahwa Jepang telah mengkonfirmasi minimal 15 kasus baru coronavirus pada 2 Maret.
Islandia melaporkan tiga kasus pertama
– Departemen Perlindungan Sipil dan Manajemen Darurat Islandia mengumumkan tiga kasus pertama di negara itu, Minggu malam. Ketiga kasus yang dikonfirmasi memiliki riwayat perjalanan sebelumnya ke Italia.
Kasus di Jerman naik menjadi 150
– Institut Robert Koch untuk Pengendalian Penyakit di Jerman telah menyatakan bahwa kasus yang dikonfirmasi di negara ini telah meningkat menjadi 150 dari 129 yang kemarin.
UE menaikkan tingkat risiko menjadi tinggi
– Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa (ECDC) telah meningkatkan tingkat risiko coronavirus di Uni Eropa dari sedang ke tinggi, kata presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen pada konferensi pers.
– Komisaris kesehatan Stella Kyriakides mencatat bahwa 2.100 kasus Covid-19 dikonfirmasi di 18 dari 27 negara Uni Eropa, dan 38 warga negara Uni Eropa telah meninggal karena infeksi.
Kasus dan kematian meningkat di Iran
– Dalam pengumuman di TV pemerintah, wakil menteri kesehatan Iran Alireza Raisi mengatakan bahwa coronavirus menyebabkan 1.501 infeksi dan 66 kematian sejauh ini.
Andorra, Portugal melaporkan kasus pertama
– Negara Eropa Andorra telah melaporkan kasus pertama Covid-19 – seorang pria berusia 20 tahun yang baru-baru ini mengunjungi Milan, Italia.
– Portugal juga mencatat dua kasus pertamanya – satu dikatakan sebagai pria yang baru-baru ini mengunjungi Italia dan satu lagi pada pria yang kembali dari Spanyol.
Kuwait mengonfirmasi sepuluh kasus tambahan
– Seorang pejabat kementerian kesehatan mengumumkan sepuluh kasus baru, sehingga total menjadi 56.
Australia mengkonfirmasi dua kasus penularan komunitas- Australia telah melaporkan dua kasus penularan komunitas pada seorang wanita berusia 41 tahun yang saudaranya kembali dari Iran dan seorang dokter berusia 31 tahun.
– Total kasus di Australia saat ini mencapai 33.
India mengkonfirmasi dua kasus baru
– India telah mengkonfirmasi dua kasus baru infeksi coronavirus, sehingga totalnya menjadi lima.
– Salah satu kasus baru, yang diidentifikasi di ibukota New Delhi, memiliki sejarah perjalanan ke Italia.
– Kasus kedua yang diidentifikasi di negara bagian Telangana baru-baru ini bepergian ke Dubai.
Indonesia melaporkan kasus pertama
– Dua warga negara Indonesia dinyatakan positif Covid-19, kasus pertama di negara ini.
Korea Selatan melaporkan 476 kasus tambahan
– KCDC telah mengumumkan 476 kasus baru yang dikonfirmasi, menjadikan totalnya menjadi 4.212 dengan 22 kematian, termasuk empat yang diumumkan hari ini.
Kasus-kasus di Israel meningkat menjadi sepuluh
– Kementerian Kesehatan Israel mengkonfirmasi tambahan kasus coronavirus, sehingga totalnya menjadi sepuluh di negara itu.
Lebih banyak kasus dilaporkan di Aljazair dan Mesir
– Aljazair telah melaporkan dua kasus lagi yang dikonfirmasi, yang menjadikan hitungan negara menjadi tiga.
– Dalam sebuah posting Facebook, kementerian kesehatan Mesir telah mengumumkan kasus kedua coronavirus yang dikonfirmasi. Juga dilaporkan bahwa kasus pertama yang dikonfirmasi telah pulih dari virus.
Kematian melintas 3.000 secara global, kasus yang dikonfirmasi melewati 89.000
– Korban tewas karena Covid-19 telah melampaui 3.000, pada akhir 1 Maret. Jumlah kematian di Cina Daratan mencapai 2.912.
– Total kasus yang dikonfirmasi di seluruh dunia telah meningkat menjadi lebih dari 89.000 sementara pemulihan melewati 45.000.
– Cina Daratan melaporkan 42 kematian dan 204 kasus baru, sesuai laporan breifing harian oleh NHC pada 2 Maret.

————

5 Mar:

– Kementerian Kesehatan Luksemburg mengkonfirmasi kasus Covid-19 kedua.
– Dengan tiga kasus baru, jumlah total infeksi di Ekuador meningkat menjadi 13.
– Delapan kasus positif tambahan di Islandia menjadikan total negara menjadi 34.
– Kementerian Kesehatan Republik Ceko mengkonfirmasi 12 kasus sejauh ini.
– Arab Saudi melaporkan tiga kasus baru hingga total lima.
– Menteri Singapura Lawrence Wong mengatakan bahwa wabah “mulai terlihat seperti pandemi global”.
Spanyol mencatat kematian ketiga
– Spanyol mencatat kematiannya yang ketiga pada seorang wanita berusia 99 tahun yang tinggal di panti jompo di Madrid.
– Setidaknya sembilan orang lain di panti jompo telah dinyatakan positif, menurut otoritas kesehatan Madrid. Penduduk lain juga akan diuji.
Jepang mengatakan kasus Diamond Princess 696
– Kementerian Kesehatan, Perburuhan dan Kesejahteraan di Jepang telah mengoreksi jumlah kasus Puteri Berlian menjadi total 696, dengan mengatakan bahwa beberapa orang dihitung dua kali.
Estonia mengkonfirmasi kasus ketiga; Pakistan enam
– Otoritas kesehatan Estonia melaporkan kasus Covid-19 pertama di negara tersebut secara pribadi yang menggunakan penerbangan yang sama dari Italia sebagai kasus kedua.
– Pakistan telah mengkonfirmasi total enam kasus sejauh ini.
Kasus-kasus baru di Austria, Swiss, Norwegia dan Belanda
– Dengan konfirmasi infeksi tambahan, jumlah kasus di Austria telah mencapai 42.
– Swiss juga melaporkan total kasus coronavirus yang dikonfirmasi menjadi 119, sementara infeksi di Norwegia meningkat menjadi 91.
– Jumlah kasus di Belanda bertambah menjadi 82, dengan 44 kasus baru dilaporkan pada 05 Maret.
Palestina mengkonfirmasi tujuh kasus
– Palestina mengkonfirmasi tujuh kasus virus korona di Betlehem di Tepi Barat yang diduduki. Presiden Mahmoud Abbas mengumumkan keadaan darurat 30 hari.
– Pemerintah memberlakukan larangan dua minggu pada pengunjung ke kota dan situs, termasuk Gereja Kelahiran Betlehem.
Kasus di Slovenia naik menjadi enam- Sebanyak enam kasus telah dikonfirmasi di Slovenia. Kasus pertama di negara ini dilaporkan pada 04 Maret.
Korban tewas di Italia melonjak menjadi 148
– Italia mengkonfirmasi 41 kematian terkait virus corona baru, sehingga total menjadi 148. Jumlah infeksi di negara itu meningkat menjadi 3.858.
Kasus Brazil meningkat menjadi delapan
– Sebanyak delapan kasus telah dilaporkan di Brasil, termasuk kasus penularan lokal pertama dari seorang pria Sao Paulo.
Legislator di Prancis dirawat di rumah sakit
– Salah satu anggota Majelis Nasional Prancis telah dirawat di rumah sakit setelah terinfeksi coronavirus, lapor Reuters.
– Perancis telah mengkonfirmasi 423 Covid-19 kasus, dengan total tujuh kematian, pada akhir 05 Maret.
Kasus dan kematian meningkat di AS; Alokasi Kongres $ 8,3 miliar
– Jumlah kasus di AS meningkat menjadi total 233, termasuk 12 kematian.
– Kongres meloloskan tagihan pengeluaran darurat $ 8,3 miliar untuk melawan wabah, yang kini telah menyebar ke setidaknya 14 negara. Presiden Trump belum menandatangani RUU ini.
Polandia, Gibraltar, Hongaria melaporkan kasus pertama
– Polandia mengumumkan kasus pertama coronavirus. Hampir 70 orang diuji untuk Covid-19.
– Gibraltar mengkonfirmasi kasus pertama coronavirus.
– Hongaria mengkonfirmasi dua kasus pertamanya, keduanya adalah mahasiswa Iran.
– Tiga kematian baru telah dilaporkan di Korea Selatan, menjadikan angka kematian negara itu menjadi 35. Jumlah infeksi juga meningkat menjadi 5.766.
– Irak melaporkan kematian ketiga, dari seorang individu berusia 65 tahun yang tinggal di Baghdad.
– Spanyol melaporkan kematian ketiga, dari seorang wanita berusia 99 tahun.
– Ilmuwan terkemuka Profesor Neil Ferguson, dari Imperial College London mengatakan kepada BBC Program Today bahwa dunia berusaha keras untuk menghentikan virus tetapi telah gagal dan lebih dari 80 negara telah mengkonfirmasi kasus.
– Seorang ahli dengan panel top China mengatakan bahwa Wuhan kemungkinan akan melihat infeksi baru turun ke nol pada akhir Maret.
– Cina memberikan persetujuan untuk menggunakan obat antiinflamasi Roche Acetemra untuk melawan Covid-19.
– Putri Puteri Princess Cruises ditahan di lepas pantai California karena kekhawatiran bahwa penumpang dan anggota kru mengembangkan coronavirus (Covid-19).
– India melaporkan kasus baru, membawa kasusnya yang dikonfirmasi ke 30.
– India akan mendirikan laboratorium di Teheran, ibukota Iran, untuk pengujian wajib penumpang sebelum naik pesawat ke negara itu.
– Anjing peliharaan dari pasien yang terinfeksi coronavirus di Hong Kong dipastikan terinfeksi Covid-19, membuatnya menjadi kemungkinan penularan dari manusia ke hewan.
– Tunisia, yang mengkonfirmasi kasus pertama Covid-19 pada 2 Maret, telah mengumumkan rencana untuk menangguhkan layanan feri penumpang ke Italia utara.
-Portugal melaporkan kasus keenamnya, dan yang pertama dari seorang wanita. Pasien berada di Italia dan sekarang dirawat di rumah sakit di Lisbon.
– Senegal mengkonfirmasi kasus ketiga dan keempat.
Arab Saudi menegaskan kasus keduanya. Para pasien datang dari Iran melalui Bahrain. Saudi melaporkan kasus pertamanya pada 2 Maret.
-Tiga lebih banyak orang dinyatakan positif di Republik Ceko, sehingga totalnya menjadi delapan.
-Iceland mengkonfirmasi sepuluh kasus lagi, sehingga totalnya menjadi 26.
-Ecuador melaporkan sepuluh kasus hingga 4 Maret, sedangkan Republic of San Marino melaporkan 15 kasus.
– Republik Irlandia melaporkan empat kasus lagi, sehingga totalnya menjadi enam.
– Siswa India di Dubai tes positif.
– Rumania melaporkan kasus keenam yang dikonfirmasi.
-Algeria melaporkan sembilan kasus baru sehingga totalnya menjadi 17.- Total kasus Yunani menyentuh sembilan, sedangkan di Kroasia, kasus kesepuluh telah dikonfirmasi.
– Swiss, yang merupakan salah satu dari sepuluh negara yang paling terpengaruh oleh coronavirus Covid-19, memiliki lebih dari 100 kasus positif.
-Bahrain mengkonfirmasi tiga kasus baru, sementara Lebanon mengkonfirmasi dua kasus baru.
-16 Kasus baru yang dilaporkan di Stockholm membuat total Swedia menjadi 57.
– Thailand melaporkan empat kasus baru, sehingga totalnya menjadi 47, sementara angka Malaysia menyentuh 55.
– Perancis sekarang melaporkan 285 kasus yang dikonfirmasi.
– Coronavirus dapat membuat industri penerbangan kehilangan $ 113 miliar dalam pendapatan yang hilang, kata badan industri penerbangan IATA.
– Belgia mencapai 50 kasus yang dikonfirmasi, dengan tambahan 27 kasus baru.
Korban tewas meningkat menjadi lebih dari 3.200
– Korban tewas karena Covid-19 telah meningkat menjadi lebih dari 3.200, pada akhir 4 Maret.
– Kasus yang dikonfirmasi telah meningkat menjadi 95.000 dengan 80.000 kasus di Cina Daratan, sementara jumlah pemulihan mencapai lebih dari 53.000.
4 Maret:
Korea Selatan melaporkan tambahan kasus dan kematian
– KCDC telah mengumumkan tambahan 516 kasus, dengan total menjadi 5.328. Korban tewas di negara itu juga telah meningkat menjadi 32, dengan empat kematian baru dilaporkan.
Korban tewas di Iran meningkat menjadi 92
– Kementerian Kesehatan Iran telah mengkonfirmasi tambahan kematian baru, yang menjadikan total kematian menjadi 92. Kasus yang dikonfirmasi di negara ini mencapai 2.922.
Abu Dhabi menghentikan Perawatan Pasien Internasional
– Departemen Kesehatan Abu Dhabi (DoH) telah mengumumkan bahwa mereka telah menangguhkan layanan perawatan pasien internasional sementara karena epidemi Covid-19.
– Di bawah IPC, warga negara UEA dikirim ke luar negeri untuk perawatan jika prosedur yang diperlukan tidak tersedia di Emirates.
Kasus tambahan dikonfirmasi di Malaysia, Inggris, Jerman
– Malaysia telah mengkonfirmasi tambahan 14 kasus, sehingga totalnya menjadi 50. Kasus yang dipulihkan berjumlah 22.
– Kasus di Inggris telah meningkat menjadi 85, dengan 34 kasus baru dilaporkan. Dari 34, 29 pasien memiliki riwayat bepergian ke luar negeri sementara tidak diketahui di mana tiga lainnya terinfeksi.
– Kasus di Jerman juga meningkat menjadi 240, diumumkan Robert Koch Institute.
India mengkonfirmasi kasus Covid-19 yang baru; total 28
– India telah mengkonfirmasi tambahan kasus Covid-19 di dua negara lain, sehingga totalnya menjadi 28 di negara tersebut.
– Dari kasus-kasus baru, 16 adalah warga negara Italia sementara satu adalah pengemudi India yang dinyatakan positif di Jaipur, Rajasthan.
– Enam kasus lainnya dikonfirmasi di Agra, anggota keluarga pria yang dites positif di Delhi.
– Sebelumnya, tiga kasus dikonfirmasi di Kerala, satu di Hyderabad, satu di Delhi. Para pasien dari Kerala telah pulih.
Korban tewas meningkat menjadi 3.198; kasus yang dikonfirmasi lebih dari 93.000
– Korban tewas Covid-19 telah meningkat menjadi lebih dari 3.198 pada akhir 3 Maret.
– Jumlah kasus yang dikonfirmasi telah melewati 93.000 sementara pemulihan mencapai lebih dari 50.000.
3 Maret:
Portugal, Kanada, dan Qatar melaporkan peningkatan kasus
– Dua orang lagi dinyatakan positif Covid-19, sehingga totalnya menjadi empat.
– Kanada telah mengkonfirmasi tiga kasus lagi di British Columbia, sehingga total penghitungan negara menjadi 33.
– Qatar telah mengumumkan bahwa total kasus telah meningkat menjadi delapan, termasuk satu kasus baru yang dikonfirmasi.Spanyol mengkonfirmasi kematian pertama
– Spanyol telah mengumumkan kematian pertama di negara itu, seorang pria yang meninggal pada 13 Februari.
– Dalam konferensi pers, kepala kesehatan regional Ana Barcelo menyatakan bahwa tes post-mortem menunjukkan bahwa coronavirus adalah penyebab kematian.
Iran untuk sementara membebaskan 54.000 tahanan
– Iran untuk sementara waktu membebaskan lebih dari 54.000 tahanan dari penjaranya yang padat untuk menghentikan penyebaran virus corona.
– Namun, tahanan yang telah dijatuhi hukuman lebih dari lima tahun belum dibebaskan.
UAE melaporkan enam kasus baru
– UEA telah melaporkan enam kasus Covid-19 baru, dua Italia, dua Rusia, satu Kolombia dan satu Jerman. Total kasus di negara ini mencapai 27.
– Kasus yang dikonfirmasi adalah bagian dari tur bersepeda UEA yang dibatalkan, dari mana dua kasus lainnya dikonfirmasi.
Kematian AS meningkat menjadi sembilan
– Jumlah korban tewas di AS telah meningkat menjadi sembilan, dengan kematian tambahan dilaporkan di negara bagian Washington.
– Semua kematian sejauh ini telah dilaporkan dari Washington; delapan dari King County dan satu di Snohomish County. Total kasus di Washington adalah 27.
– Total kasus di AS berjumlah 124.
Korban tewas di Italia naik menjadi 79
– Korban tewas di Italia telah meningkat menjadi 79 dari 52 yang dilaporkan kemarin.
– Total kasus yang dikonfirmasi juga meningkat menjadi 2.263 sementara 160 orang dikatakan telah pulih.
Jerman melaporkan peningkatan kasus
– Jerman telah mengumumkan bahwa total kasus di negara ini telah meningkat menjadi 196. Rhine-Westphalia Utara adalah yang paling terpengaruh dengan 103 kasus.
– Ada kasus kematian di Jerman sejauh ini.
WHO menyatakan tingkat kematian Covid-19 meningkat menjadi 3,4%
– WHO telah menyatakan bahwa tingkat kematian virus corona Covid-19 adalah 3,4% secara global, yang lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya 2%.
– Direktur Jenderal WHO menyatakan bahwa Covid-19 ‘menyebar kurang efisien daripada flu’ dan merupakan hasil dari penyakit parah dibandingkan dengan flu. Tidak ada vaksin atau terapi untuk itu dan dimungkinkan untuk menampungnya.
Malaysia melaporkan tujuh kasus baru
– Malaysia telah melaporkan tujuh kasus baru di negara itu, sehingga totalnya menjadi 36. Semua pasien dilaporkan stabil.
Kasus pertama dilaporkan di Ukraina, Argentina dan Chili
– Ukraina telah melaporkan kasus pertamanya, seorang pria yang tiba dari Italia melalui Rumania. Pasien dikatakan stabil sementara istrinya berada di bawah isolasi diri.
– Argentina telah mengumumkan bahwa warga negara yang tiba dari Italia pada 1 Maret dinyatakan positif Covid-19, kasus pertama di negara itu.
– Chili telah mengkonfirmasi kasus pertamanya pada seorang Chili berusia 33 tahun yang tiba dari Singapura pada 25 Februari.
Kasus tambahan dilaporkan di Republik Ceko
– Republik Ceko telah melaporkan dua kasus tambahan coronavirus. Dua wanita yang melakukan kontak dengan kasus sebelumnya dinyatakan positif.
Kasus meningkat di Jerman
– Jerman telah melaporkan bahwa jumlah total kasus di negara ini telah meningkat menjadi 188.
Iran melaporkan 11 kematian lagi
– Iran telah mengumumkan 11 kematian lagi, menjadikan angka kematian negara menjadi 77. Jumlah total kasus adalah 2.336.
Korea Selatan melaporkan 600 kasus baru, enam kematian- KCDC telah melaporkan 600 kasus tambahan di negara ini, sehingga total menjadi 4.812. Itu juga melaporkan enam kematian baru. Korban tewas di Korea Selatan mencapai 28.
Korban tewas meningkat menjadi 3.100; Kasus China menurun
– Korban tewas karena Covid-19 telah meningkat menjadi sekitar 3.100, pada akhir 2 Maret. Kematian di Cina Daratan mencapai 2.943.
– Jumlah total kasus telah melewati 90.000, dengan sekitar 80.000 kasus di Cina Daratan.
– Sesuai laporan NHC pada 3 Maret, 125 orang dinyatakan positif sementara 31 orang meninggal, semuanya di Provinsi Hubei. Selain itu, 2.742 orang pulih dan dipulangkan.
Senegal melaporkan kasus pertama
– Senegal telah melaporkan infeksi pertamanya pada hari Senin pada seorang pria Prancis yang tiba dari Prancis pada 26 Februari.

————

8 Mar:
Kapal Costa Fortuna menuju ke Singapura

– Kapal pesiar Costa Fortuna dikatakan akan menuju ke Singapura setelah ditolak masuk di pelabuhan di Malaysia dan Thailand karena kekhawatiran akan virus coronavirus.Kasus AS di dekat 550; Karantina Grand Princess
– Jumlah kasus di AS telah mendekati 550, termasuk 22 kematian.
– Menurut pejabat kesehatan, pelayaran Grand Princess akan diizinkan untuk berlabuh di terminal dekat Oakland, tempat penumpang akan turun. Para penumpang akan dikirim untuk karantina di tempat lain di California.
– Angkatan Darat AS membatasi perjalanan ke dan dari Italia dan Korea Selatan.
Kematian baru di Belanda, Swiss
– Pejabat kesehatan melaporkan dua kematian tambahan di Belanda, sehingga total kematian menjadi tiga. Jumlah total kasus di negara ini meningkat menjadi 265.
– Seorang pasien di Liestal di Swiss telah meninggal, dengan total menjadi dua. Jumlah kasus mencapai 281.
Bulgaria, Moldova melaporkan kasus pertama
– Bulgaria mengkonfirmasi empat kasus pertamanya – dua pria dari Pleven dan dua wanita dari Gabrovo dinyatakan positif.
– Kementerian Kesehatan Moldova melaporkan kasus pertama negara itu pada seorang wanita berusia 48 tahun yang kembali dari Italia.
Sepuluh orang tewas dalam keruntuhan hotel karantina Tiongkok
– Sebanyak sepuluh orang tewas dan 23 lainnya terjebak di lokasi keruntuhan hotel di kota Quanzhou, Cina.
Kasus Korea Selatan naik menjadi 7.134
– KCDC telah melaporkan 367 kasus baru, sehingga totalnya menjadi 7.134. Ia juga melaporkan enam kematian baru sehingga jumlah kematian menjadi 50 di negara itu.
Kematian di Italia meningkat menjadi 366
– Jumlah total kematian di Italia telah meningkat menjadi 366 sementara total kasus di negara itu mencapai 7.375.
Bangladesh melaporkan kasus pertama
– Negara tetangga India, Bangladesh, telah melaporkan kasus virus korona pertamanya pada hari Minggu.
– Direktur Institut Epidemiologi, Pengendalian Penyakit, dan Penelitian Meerjady Sabrina Flora membenarkan tiga kasus baru infeksi coronavirus di negara itu, di mana dua adalah laki-laki dan satu adalah perempuan.
– Dua dari tiga orang yang terkena dampak memiliki sejarah perjalanan dari Italia dan orang ketiga terkait dengan salah satunya.
Iran menandai jumlah korban satu hari tertinggi dengan 49 kasus baru
Iran melaporkan korban satu hari tertinggi pada hari Minggu dengan 49 kematian akibat virus korona baru, menjadikan jumlah kematian menjadi 194.
Kasus-kasus di India meningkat menjadi 39
– Lima orang tambahan di Kerala, India telah dites positif, meningkatkan total menjadi 39. Kelima kasus tersebut berasal dari distrik Pathnamthitta.
– Tiga dari pasien baru telah kembali dari Italia pada tanggal 29 Februari, sementara dua lainnya adalah saudara mereka.
Kematian pertama di Argentina
– Argentina melaporkan kematian pertama pasien Covid-19, menandai kematian pertama di Amerika Latin.
21 kasus baru di Yunani; total 66
– Yunani mendaftarkan 21 kasus virus corona baru dalam satu hari, sehingga totalnya menjadi 66.
– Sebagian besar dari kasus-kasus ini adalah bagian dari kelompok perjalanan yang melakukan ziarah ke Israel dan Mesir
Kematian ketiga di Australia
– Otoritas kesehatan Australia mengkonfirmasi kematian ketiga di negara itu sebagai seorang pria berusia 80-an di sebuah rumah sakit di Sydney.
– Jumlah total kasus di negara ini mencapai 74.
Empat orang tewas dalam keruntuhan hotel Cina- Empat orang tewas dalam keruntuhan hotel di kota Quanzhou, Cina, lapor media setempat.
– Selain itu, empat memiliki cedera parah dan satu dalam kondisi kritis.
Korban tewas mendekati 3.600
– Kematian dari Covid-19 telah mendekati 3.600, termasuk 3.097 di daratan Cina, pada akhir 07 Maret.
– Jumlah infeksi global telah meningkat menjadi lebih dari 106.150, dengan hampir 59.930 pemulihan.
– Pada tanggal 7 Maret, daratan Cina mengalami 44 kasus baru dan 27 kematian.
Italia mengunci bagian utara
– Italia akan melakukan penguncian virtual di wilayah utara, termasuk ibu kota Milan, Lombardy dan 11 provinsi di empat wilayah lain.
– Penguncian berlaku untuk hampir 16 juta orang. Ini melibatkan penutupan semua museum, gimnasium, pusat budaya, resor ski dan kolam renang di daerah sasaran.
– Jumlah kasus dan kematian di negara masing-masing mencapai 5.883 dan 233.
Bahrain menyerukan karantina sendiri
– Dalam sebuah tweet, Bahrain meminta orang-orang yang bepergian ke Libanon, Mesir, Italia atau Korea Selatan untuk melakukan karantina sendiri selama dua minggu.
7 Maret:
Jumlah kematian Iran melonjak menjadi 145
– Iran mengkonfirmasi 21 kematian tambahan, sehingga total menjadi 145. Seorang pejabat kementerian kesehatan mencatat bahwa jumlah infeksi telah meningkat menjadi 5.823.
Case di UK melonjak ke 206
– Dengan tambahan kasus yang dilaporkan, total di Inggris mencapai 209. Sejauh ini, dua orang telah meninggal di negara itu.
Kasus Jerman mencapai 684
– Jumlah kasus virus corona di Jerman berdiri di 684. Ini mewakili sekitar sepuluh kali peningkatan dibandingkan minggu sebelumnya, ketika total 66 kasus dilaporkan pada tanggal 29 Februari.
Hotel karantina di Tiongkok runtuh
– Hampir 70 orang dikatakan terjebak di hotel yang runtuh yang digunakan untuk karantina pasien coronavirus di kota Quanzhou.
– 42 orang telah diambil dari lokasi keruntuhan, sementara sekitar 38 orang masih terjebak.
Kematian AS mencapai 19
– Dua pasien tambahan di negara bagian Washington telah meninggal, sehingga total menjadi 19.
– Jumlah kasus di New York meningkat 13 menjadi 89. Negara menyatakan darurat.
Maladewa, Paraguay, Malta melaporkan kasus pertama
– Maladewa telah mengkonfirmasi dua kasus pertamanya, yang diyakini telah terinfeksi setelah melakukan kontak dengan seorang turis Italia. Turis itu dinyatakan positif setelah kembali ke Italia.
– Dua resor pulau di Maladewa telah dikunci untuk mencegah penyebaran coronavirus.
– Paraguay mengkonfirmasi kasus pertamanya dalam tweet, yang tidak mengungkapkan rincian lebih lanjut.
– Kasus pertama Malta adalah seorang gadis Italia berusia 12 tahun yang kembali dari Trentino melalui Roma.
India melaporkan tiga kasus baru; total melompat ke 34
– India melaporkan tiga kasus covid-19 baru pada hari Sabtu (dua dari Ladakh dan satu dari Tamil Nadu), menjadikan total 34 kasus yang dikonfirmasi di negara tersebut.
– Kasus-kasus Ladakh memiliki riwayat perjalanan dari Iran, sementara pasien Tamil Nadu memiliki riwayat perjalanan dari Oman.
– Sekretaris khusus Kementerian Kesehatan Uni Sanjeeva Kumar mengatakan bahwa ketiga pasien dalam kondisi stabil dan sedang menjalani perawatan secara terpisah.
Kuwait menangguhkan penerbangan; Saudi membatasi penyeberangan darat
– Direktorat penerbangan sipil Kuwait mengatakan dalam sebuah tweet bahwa negara itu menangguhkan penerbangan ke dan dari Mesir, Libanon, Suriah, Bangladesh, Filipina, India dan Sri Lanka selama tujuh hari.- Arab Saudi membatasi penyeberangan darat dengan UEA, Kuwait dan Bahrain untuk truk komersial dalam upaya untuk menahan virus. Penerbangan dari tiga negara untuk sementara terbatas pada tiga bandara.
Kasus Korea Selatan mencapai 6.767
– Korea Selatan melaporkan 174 kasus baru, sehingga total nasional menjadi 6.767. Jumlah kematian mencapai 44.
Dokter di Australia dinyatakan positif
– Otoritas kesehatan Australia menutup sebuah klinik setelah seorang dokter yang baru saja kembali dari AS dinyatakan positif.
– Petugas kesehatan menghubungi sekitar 70 pasien dokter dan juga akan menghubungi penumpang yang sedang dalam penerbangan.
– Jumlah total kasus di Australia telah mendekati 70.
Korban tewas melintasi 3.450
– Kematian dari Covid-19 telah melewati 3.450, termasuk 3.070 di daratan Cina, pada akhir 06 Maret.
– Jumlah infeksi global telah meningkat menjadi lebih dari 101.731, dengan hampir 57.390 pemulihan.
Inggris mengkonfirmasi kematian kedua
– Kepala petugas medis Inggris Chris Whitty mengkonfirmasi kematian kedua di negara itu di Rumah Sakit Universitas Milton Keynes.
6 Maret:
– Vietnam melaporkan kasusnya yang ke 17, yang dikatakan sebagai yang pertama dalam tiga minggu.
– UEA mengidentifikasi 15 kasus baru hingga total 45, kata kementerian kesehatan.
– Irak mencatat delapan kasus baru, yang totalnya menjadi 46, dan total tiga kematian. Negara itu menambahkan Prancis dan Spanyol ke daftar larangan masuknya.
– Dengan dua kasus baru, total Indonesia meningkat menjadi empat.
Kolombia, Costa Rice, Peru, Togo melaporkan kasus pertama
– Kolombia melaporkan kasus pertamanya pada seorang wanita berusia 19 tahun yang telah mengunjungi Italia.
– Kasus pertama di Kosta Rika adalah seorang wanita berusia 49 tahun dari AS.
– Presiden Peru Martin Vizcarra mengkonfirmasi kasus pertama di negara itu pada seorang pria berusia 25 tahun yang telah melakukan perjalanan ke Eropa.
– Kasus pertama Togo adalah seorang wanita berusia 42 tahun dengan riwayat perjalanan baru-baru ini ke Prancis.
Kasus AS melonjak ke 329
– AS mencatat peningkatan tajam hampir 100 kasus dalam 24 jam menjadi total 329. Kematian terkait virus Corona di negara itu mencapai 17.
Kematian Italia melonjak ke 197
– Italia mencatat peningkatan jumlah kematian hingga 197. Total kasus di negara itu mencapai 4.636.
21 orang di kapal Grand Princess tes positif
– 21 orang di atas kapal Grand Princess, yang ditolak masuk di San Francisco Bay, telah dinyatakan positif.
– Dari 46 orang, 19 anggota awak dan dua penumpang diketahui terjangkit virus.
– Kapal akan dibawa ke pelabuhan non-komersial dan semua penumpang akan diuji.
– Kasus di Belgia meningkat lebih dari dua kali lipat menjadi 109, kata kementerian kesehatan. Sebagian besar pasien baru telah melakukan perjalanan ke Italia.
– Rumania mengkonfirmasi kasus ketujuh pada seorang gadis berusia 16 tahun di Timisoara.
– Estonia melaporkan delapan kasus baru dengan total sepuluh. Dewan Kesehatan negara memeriksa sampel dari 183 penumpang dalam penerbangan dari Bergamo, Italia ke Riga dan sepuluh dinyatakan positif.
– Kementerian Kesehatan Iran mengkonfirmasi 1.234 kasus baru dan 17 kematian dari sehari sebelumnya menjadi total 4.747 infeksi dan 124 korban.
– Mesir melaporkan 12 kasus baru di kapal pesiar Nil. Negara itu sebelumnya mengkonfirmasi tiga kasus.
– Kementerian Kesehatan Malaysia melaporkan 28 kasus baru hari ini, sehingga totalnya menjadi 83.Belanda mencatat kematian pertama
– Belanda mendaftarkan kematian koronavirus pertamanya pada seorang pria berusia 86 tahun di Rumah Sakit Ikazia di Rotterdam.
– Sumber infeksi pada pria tersebut dikatakan tidak jelas.
Kasus pertama di Slovakia
– Slovakia melaporkan kasus pertama pada pria berusia 52 tahun. Pasien tidak bepergian ke luar negeri tetapi putranya, yang tidak memiliki gejala, mengunjungi Venesia, Italia.
Vatikan, Kamerun, Serbia mengkonfirmasi kasus pertama
-Vatican City telah mengkonfirmasi kasus Covid-19 pertamanya, kata juru bicara Matteo Bruni. Layanan rawat jalan di klinik Vatikan telah ditangguhkan untuk sanitasi, sementara layanan darurat akan terus berlanjut.
– Kamerun telah melaporkan kasus pertama negara itu sebagai warga negara Prancis berusia 58 tahun yang tiba pada bulan Februari.
– Sementara itu, Serbia mendaftarkan kasus virus korona positif pertamanya pada pria berusia 43 tahun yang bepergian ke Budapest, Hongaria.
Jerman melaporkan 134 kasus baru; total 534
– Robert Koch Institute di Jerman melaporkan 134 kasus baru, sehingga total menjadi 534.
Kasus-kasus di India mencapai 31
– Kasus yang dikonfirmasi di India meningkat menjadi 31, dengan seorang pria Delhi yang baru-baru ini bepergian ke Thailand dan Malaysia, dinyatakan positif.
Bhutan mengkonfirmasi kasus pertama
Bhutan, yang berbagi perbatasan dengan India, membenarkan kasus pertamanya di Amerika yang berkunjung. Negara itu telah mengakui delapan turis India dengan gejala di rumah sakit setempat.
Kasus Hungaria naik menjadi tiga; Filipina punya lima
– Hongaria mengkonfirmasi total tiga kasus. Yang terbaru adalah seorang pria Hongaria yang telah kembali dari Milan, Italia. Dua kasus pertama adalah mahasiswa Iran.
– Dengan dua kasus baru, jumlah kasus di Filipina meningkat menjadi lima.
Irlandia melaporkan tujuh kasus baru dengan total 13
– Tujuh kasus baru coronavirus telah dilaporkan di Irlandia, meningkat dari enam hari sebelumnya. Jumlah total kasus di negara ini mencapai 13.
– Empat dari kasus baru adalah laki-laki yang kembali dari Italia, dua adalah perempuan yang diyakini telah melakukan kontak dekat dengan orang yang terinfeksi dan satu laki-laki dikatakan sebagai kasus penularan masyarakat.
Pria yang terinfeksi menghadiri konser rock di NZ
– Seorang pria di Selandia Baru dikonfirmasi memiliki Covid-19 yang terungkap hari ini telah menghadiri konser Tool di Spark Arena di Auckland pada 28 Februari.
– Menurut kementerian kesehatan, pria itu berada di area penerimaan umum di kuadran kiri depan. Kementerian meminta orang-orang yang berada di daerah yang sama untuk mengetahui gejalanya.
– Pria itu telah diisolasi di rumah sejak 04 Maret.
Sekolah pertama ditutup di Australia setelah hasil tes siswa positif
– Australia menutup sekolah pertamanya – Epping Boys High School – di Sydney setelah seorang siswa berusia 16 tahun dinyatakan positif.
– Murid diyakini sebagai kasus penularan lokal.
– Jumlah total kasus yang dikonfirmasi di negara ini mencapai 60, termasuk kematian dua orang lanjut usia.
Kasus di Korea Selatan mencapai 6.593
– Jumlah infeksi Covid-19 di Korea Selatan telah mencapai 6.593. Negara itu melaporkan 43 kematian sejauh ini.
Korban tewas naik menjadi 3.380
– Jumlah kematian Covid-19 telah meningkat menjadi sekitar 3.383 di seluruh dunia, dengan lebih dari 98.380 kasus infeksi dan 55.420 pemulihan, pada akhir 05 Maret.
– Cina melaporkan 143 kasus baru dan 30 kematian dengan total 80.552 infeksi dan 3.042 kematian.Inggris, Swiss melaporkan kematian pertama
– Kepala petugas kesehatan Inggris Chris Whitty mengkonfirmasi kematian terkait virus korona pertama di negara itu pada seorang pria lanjut usia dengan kondisi kesehatan yang mendasarinya.
– Jumlah total kasus di Inggris mencapai 116.
– Swiss melaporkan kematian pertamanya pada seorang wanita berusia 74 tahun dari Vaud.
Bosnia mengkonfirmasi kasus pertama
– Bosnia telah mengkonfirmasi dua kasus pertamanya pada seorang pria yang kembali dari Italia dan anaknya.
Republik Dominika melaporkan kasus kedua
– Republik Dominika melaporkan kasus keduanya sebagai turis Kanada berusia 70 tahun yang tiba pada 25 Februari.
Provinsi di Cina melaporkan 11 kasus baru dari Iran
– Provinsi Gansu di China melaporkan 11 kasus virus corona baru pada orang yang tiba dengan penerbangan komersial dari Iran, kata media pemerintah.
– 311 penumpang dari Iran telah dikarantina di ibu kota provinsi Lanzhou, lapor penyiar negara CCTV.
Karantina dua minggu untuk pengunjung Korea Selatan di Jepang
– Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe memberlakukan karantina dua minggu bagi orang-orang yang datang dari Korea Selatan dan melarang pengunjung dari daerah yang sangat terkena dampak.
– Korea Selatan memprotes keputusan Jepang, menyebutnya tidak masuk akal dan berlebihan. Kementerian luar negeri Seoul berencana untuk bertemu dengan duta besar Jepang untuk membahas masalah tersebut.

————

8 Mar:
Kapal Costa Fortuna menuju ke Singapura

– Kapal pesiar Costa Fortuna dikatakan akan menuju ke Singapura setelah ditolak masuk di pelabuhan di Malaysia dan Thailand karena kekhawatiran akan virus coronavirus.
– Mongolia telah mengumumkan kasus virus korona pertamanya, seorang warga negara Prancis yang tiba dari Moskow. Negara ini telah melarang perjalanan dari dan ke kota-kota selama enam hari.
– Seorang wanita yang tiba di Panama dari Spanyol dinyatakan positif Covid-19, kasus pertama di negara itu.

Italy Covid-19 korban jiwa dan kasus meningkat
– Otoritas Italia mengumumkan bahwa kasus di Italia telah meningkat menjadi 9.172 dengan 463 kematian di negara itu. Pemulihan telah meningkat menjadi 724.

Korban tewas AS meningkat menjadi 26
– Jumlah total kematian di AS telah meningkat menjadi 26 dengan kematian baru dilaporkan. Kasus yang dikonfirmasi berdiri di lebih dari 700.

Enam orang tewas dalam kerusuhan di penjara Italia
– Enam tahanan telah tewas dalam kerusuhan penjara di Italia, sementara penjaga disandera di penjara lain, menunjukkan meningkatnya kerusuhan di penjara negara itu karena virus corona.

Jumlah kematian Iran melonjak ke 237; membebaskan tahanan
– Coronavirus telah merenggut 237 nyawa dan total 7.161 orang terinfeksi di Iran, dengan 595 infeksi baru dan 43 kematian dalam 24 jam terakhir.
– Negara itu untuk sementara membebaskan hampir 70.000 tahanan karena wabah itu, kata kepala kehakiman Ebrahim Raisi.

Indonesia mengonfirmasi 13 kasus baru dari total 19
– Indonesia mengkonfirmasi 13 kasus baru – 11 warga negara dan dua orang asing, yang totalnya adalah 19 negara.

Kasus UAE berdiri di 59
– Dengan 14 kasus baru, UEA mengkonfirmasi total 59 kasus, menurut kantor berita pemerintah WAM.

Vietnam untuk sementara menangguhkan perjalanan bebas visa ke delapan negara Eropa
– Vietnam mengumumkan rencana untuk menangguhkan sementara perjalanan bebas visa bagi warga negara dari Denmark, Norwegia, Finlandia, Swedia, Inggris, Jerman, Prancis dan Spanyol.
– Langkah ini diambil setelah 11 dari 14 kasus baru negara tersebut memiliki riwayat perjalanan ke Eropa. Sebanyak 30 kasus telah dikonfirmasi di negara ini.

Kasus di Kosta Rika mencapai sembilan
– Jumlah total kasus Covid-19 di Kosta Rika meningkat menjadi sembilan.

Kanada untuk memulangkan warga di atas Grand Princess
– Kanada telah mengatur penerbangan untuk memulangkan warganya di atas kapal pesiar Grand Princess.
– Para penumpang akan dibawa dari San Francisco ke pangkalan pasukan Trenton Kanada di Ontario dan dikarantina.

Qatar memberlakukan larangan perjalanan di 14 negara
– Qatar untuk sementara menangguhkan masuknya pelancong dari 14 negara, setelah jumlah kasus di negara tersebut meningkat menjadi 15.
– Larangan ini berlaku untuk India, Bangladesh, Cina, Mesir, Iran, Irak, Lebanon, Nepal, Pakistan, Filipina, Korea Selatan, Sri Lanka, Suriah, dan Thailand.- Negara yang sebelumnya menangguhkan penerbangan ke dan dari Italia.
– Hari ini, negara itu juga mengumumkan rencana untuk menangguhkan sekolah dan universitas mulai 10 Maret.

Filipina menyatakan darurat kesehatan
– Filipina mengumumkan darurat kesehatan karena kekhawatiran akan penularan masyarakat.
– Sebanyak sepuluh kasus telah dikonfirmasi di negara ini, termasuk satu kematian.

Kasus-kasus di India meningkat menjadi 43
– Dengan kasus baru yang dilaporkan di Kerala, Jammu & Kashmir, Delhi dan Uttar Pradesh, jumlah kasus di negara ini meningkat menjadi 43.

Albania mengkonfirmasi kasus pertama
– Albania mengkonfirmasi kasus Covid-19 pertamanya pada seorang ayah dan anak yang baru-baru ini bepergian ke Italia.

Korea Selatan melaporkan 69 kasus baru
– Korea Selatan melaporkan 69 kasus baru menjadi total 7.382 pada hari Senin. Korban tewas di negara itu adalah 51.
– Tingkat kenaikan infeksi baru dikatakan telah turun ke level terendah dalam sepuluh hari pada hari Minggu.

Jumlah korban tewas melonjak menjadi 3.800
– Korban tewas karena Covid-19 naik menjadi 3.800 termasuk sekitar 3.100 di China Daratan, pada akhir 8 Maret.
– Jumlah total kasus di dunia telah meningkat menjadi lebih dari 110.000 di 108 negara di seluruh dunia. Pemulihan saat ini berdiri di 61.000.

Wuhan menutup 11 rumah sakit darurat
– Wuhan telah menutup 11 dari 14 rumah sakit darurat karena jumlah infeksi baru menurun, lapor stasiun televisi pemerintah CCTV.

Inggris melaporkan 273 kasus dan tiga kematian
– Departemen Kesehatan dan Perawatan Sosial Inggris melaporkan 64 kasus baru, yang mewakili kenaikan 30% dari total 273.
– Selain itu, negara ini menyaksikan kematian terkait Covid-19 yang ketiga pada pria berusia 60 tahun yang memiliki ‘kondisi kesehatan mendasar’.

Kematian pertama di Mesir
– Kementerian Kesehatan Mesir mengkonfirmasi kematian pertama di negara itu sebagai turis Jerman berusia 60 tahun yang meninggal pada hari Minggu.
– Jumlah total kasus nasional adalah 55.

Arab Saudi memberlakukan kuncian, membatasi perjalanan
– Arab Saudi, yang mengkonfirmasi total 15 kasus, memberlakukan penguncian sementara di provinsi Qatif, di mana sebagian besar kasusnya dilaporkan.
– Negara ini juga menangguhkan sekolah dan universitas, dan menangguhkan perjalanan dengan sembilan negara, termasuk UEA, Bahrain, Kuwait, dan Mesir.

————

10 Mar:
Bolivia, Turki, Jamaika melaporkan kasus pertama

– Menteri Kesehatan Bolivia Anibal Cruz mengkonfirmasi dua kasus Covid-19 pertama di negara itu.
– Turki melaporkan kasus pertamanya sebagai warga negara laki-laki yang kembali dari Eropa.
– Kasus pertama Jamaika adalah wanita dengan riwayat perjalanan ke Inggris.
Korban tewas di Italia meningkat 36%
– Jumlah korban tewas di Italia telah meningkat menjadi 631, lonjakan dalam 168 kasus yang menandai kenaikan 36%, menurut Badan Perlindungan Sipil.
– Jumlah total kasus yang dikonfirmasi meningkat dari 9.172 menjadi 10.149.
Republik Demokratik Kongo mengkonfirmasi kasus pertama
– Republik Demokratik Kongo melaporkan kasus positif pertama coronavirus pada seseorang yang kembali dari Perancis.
Panama mengkonfirmasi kematian pertama
– Panama melaporkan kematian Covid-19 pertama dan mengkonfirmasi tujuh kasus baru, hanya sehari setelah negara melaporkan kasus pertamanya.
Pasangan di Grand Princess menggugat jalur pelayaran
– Sepasang suami istri dari Florida, AS yang dikarantina oleh Grand Princess, mengajukan gugatan terhadap perusahaan Princess Cruises.
– Gugatan tersebut menyatakan “pendekatan yang tidak penting untuk keselamatan penggugat, penumpangnya, dan awaknya tentang Grand Princess, penggugat berada pada risiko aktual cedera fisik langsung”.
Spanyol meningkatkan langkah-langkah untuk mencegah penyebaran
– Spanyol telah menutup sekolah di beberapa bagian negara dan menghentikan semua penerbangan yang datang dari Italia untuk ‘menghindari skenario Italia’.
– Total kasus di Spanyol mencapai 1.695 dengan 35 kematian sejauh ini.
Anggota parlemen Spanyol tes positif
– Seorang anggota parlemen Spanyol dari partai politik Vox dinyatakan positif menggunakan Covid-19. Bersama dengan 51 anggota parlemen partai lainnya, ia akan bekerja dari rumah.
Jepang mengumumkan paket $ 4 miliar untuk Covid -19
– Jepang telah mencanangkan paket $ 4 miliar untuk mendukung perusahaan kecil dan menengah yang terkena dampak Covid-19. Ini adalah perangkat bantuan kedua yang diumumkan oleh pemerintah.
– Negara ini melaporkan 59 kasus baru pada 10 Maret, dengan total menjadi 1.278 kasus, termasuk 696 dari Diamond Princess dan 14 pengungsi dari Cina.
– Kenaikan ini pada 10 Maret dikatakan sebagai kenaikan satu hari terbesar sejak awal wabah.
India mengevakuasi warga dari Iran
– Sebuah pesawat angkut milik Angkatan Udara India telah mengevakuasi 58 warga India dari Iran.
UAE melaporkan 15 kasus tambahan
– UEA telah mengumumkan 15 kasus tambahan di negara itu, sehingga total menjadi 74. Total pemulihan mencapai 12.
Pasangan Italia di India diberikan obat anti-HIV untuk perawatan
– Pasangan Italia yang dites positif Covid-19 di India telah diberi kombinasi dua obat yang umumnya digunakan untuk mengendalikan HIV. Ini menandai contoh pertama penggunaan obat anti-HIV terhadap Covid-19 di India.
Filipina melaporkan peningkatan kasus
– Departemen Kesehatan di negara tersebut telah mengumumkan 11 kasus tambahan, sehingga totalnya di Filipina menjadi 35.
Presiden Xi Jinping mengunjungi Wuhan
– Presiden Cina Xi Jinping telah mengunjungi Wuhan untuk pertama kalinya, untuk bertemu para profesional kesehatan yang membantu dalam merawat virus corona.
– Provinsi Hubei telah merencanakan untuk mengadopsi kode kesehatan untuk mengizinkan orang kembali bekerja.
Kasus meningkat di India
– Total kasus di India telah meningkat menjadi lebih dari 50, dengan kasus baru dilaporkan di Kerala dan Karnataka.
– Kerala melaporkan enam kasus baru, menjadikan kasus di seluruh negara bagian menjadi 15. Ketua Menteri Kerala telah mengumumkan penutupan total negara bagian tersebut.
– Karnakata telah melaporkan ulang tiga kasus lagi di negara bagian. Karnataka sekarang memiliki empat kasus.
Korban tewas meningkat menjadi 4.000
– Jumlah kematian meningkat menjadi lebih dari 4.000, dengan sekitar 3.100 kasus di Daratan China, pada akhir 10 Maret.
– Total kasus yang dikonfirmasi telah meningkat menjadi lebih dari 113.000 di seluruh dunia sementara pemulihan telah meningkat menjadi sekitar 59.000.
9 Mar:
Kematian pertama dilaporkan di Kanada
– British Columbia di Kanada telah melaporkan kematian pertamanya, seorang pria berusia 80-an yang dilaporkan memiliki masalah kesehatan lainnya.
– Lima kasus lagi juga dilaporkan di British Columbia, menjadikan kasus provinsi menjadi 32. Total kasus di Kanada mencapai 77.

PM Italia memberlakukan kuncian di seluruh negara
– Dalam konferensi pers, Perdana Menteri Giuseppe Conte mengumumkan bahwa pembatasan perjalanan yang berlaku di utara Italia akan meluas ke seluruh negara.

Kasus-kasus baru dilaporkan di Siprus, Brunei, Burkina Faso, Mongolia dan Panama
– Siprus telah mengumumkan dua kasus pertama di negara itu, seorang pria dengan sejarah perjalanan ke Italia utara dan satu ke Inggris.
– Seorang pria dinyatakan positif mengidap coronavirus di Brunei, kasus pertama di negara itu. Pria itu kembali dari Malaysia pada 3 Maret.
– Burkina Faso melaporkan dua kasus pertama Covid-19, menurut media setempat. Yang terinfeksi adalah pasangan dengan riwayat perjalanan ke Prancis.- Negara yang sebelumnya menangguhkan penerbangan ke dan dari Italia.
– Hari ini, negara itu juga mengumumkan rencana untuk menangguhkan sekolah dan universitas mulai 10 Maret.

Filipina menyatakan darurat kesehatan
– Filipina mengumumkan darurat kesehatan karena kekhawatiran akan penularan masyarakat.
– Sebanyak sepuluh kasus telah dikonfirmasi di negara ini, termasuk satu kematian.

Kasus-kasus di India meningkat menjadi 43
– Dengan kasus baru yang dilaporkan di Kerala, Jammu & Kashmir, Delhi dan Uttar Pradesh, jumlah kasus di negara ini meningkat menjadi 43.

Albania mengkonfirmasi kasus pertama
– Albania mengkonfirmasi kasus Covid-19 pertamanya pada seorang ayah dan anak yang baru-baru ini bepergian ke Italia.

Korea Selatan melaporkan 69 kasus baru
– Korea Selatan melaporkan 69 kasus baru menjadi total 7.382 pada hari Senin. Korban tewas di negara itu adalah 51.
– Tingkat kenaikan infeksi baru dikatakan telah turun ke level terendah dalam sepuluh hari pada hari Minggu.

Jumlah korban tewas melonjak menjadi 3.800
– Korban tewas karena Covid-19 naik menjadi 3.800 termasuk sekitar 3.100 di China Daratan, pada akhir 8 Maret.
– Jumlah total kasus di dunia telah meningkat menjadi lebih dari 110.000 di 108 negara di seluruh dunia. Pemulihan saat ini berdiri di 61.000.

Wuhan menutup 11 rumah sakit darurat
– Wuhan telah menutup 11 dari 14 rumah sakit darurat karena jumlah infeksi baru menurun, lapor stasiun televisi pemerintah CCTV.

Inggris melaporkan 273 kasus dan tiga kematian
– Departemen Kesehatan dan Perawatan Sosial Inggris melaporkan 64 kasus baru, yang mewakili kenaikan 30% dari total 273.
– Selain itu, negara ini menyaksikan kematian terkait Covid-19 yang ketiga pada pria berusia 60 tahun yang memiliki ‘kondisi kesehatan mendasar’.

Kematian pertama di Mesir
– Kementerian Kesehatan Mesir mengkonfirmasi kematian pertama di negara itu sebagai turis Jerman berusia 60 tahun yang meninggal pada hari Minggu.
– Jumlah total kasus nasional adalah 55.

Arab Saudi memberlakukan kuncian, membatasi perjalanan
– Arab Saudi, yang mengkonfirmasi total 15 kasus, memberlakukan penguncian sementara di provinsi Qatif, di mana sebagian besar kasusnya dilaporkan.
– Negara ini juga menangguhkan sekolah dan universitas, dan menangguhkan perjalanan dengan sembilan negara, termasuk UEA, Bahrain, Kuwait, dan Mesir.
————

11 Maret:
WHO menyatakan wabah itu sebagai pandemi

– Menanggapi meningkatnya wabah Covid-19, WHO telah menyatakan situasi sebagai pandemi. Direktur jenderal WHO Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan dalam sebuah pernyataan: “Kami belum pernah melihat pandemi yang dipicu oleh virus #corona. Dan kami belum pernah melihat pandemi yang dapat dikendalikan pada saat yang sama. ”
Irlandia mengkonfirmasi kematian pertama
– Kementerian Kesehatan Irlandia melaporkan kematian virus korona pertama di negara itu. Jumlah kasus di negara itu mencapai 43.
Kuba, Pantai Gading melaporkan kasus pertama
– Kuba mengkonfirmasi tiga kasus pertamanya pada wisatawan yang dinyatakan positif hari ini. Pemerintah meminta warga untuk membuat topeng mereka sendiri, selain industri tekstil, di tengah menurunnya pasokan global.
– Pantai Gading melaporkan kasus pertamanya pada seorang warga negara berusia 45 tahun yang baru-baru ini bepergian ke Italia.
AS membatasi perjalanan dari Eropa
– AS telah membatasi perjalanan dari Eropa selama 30 hari dalam upaya untuk mengendalikan penyebaran virus corona dengan cepat.
– Presiden Donald Trump mengatakan bahwa pembatasan, yang akan mulai berlaku pada Jumat tengah malam, tidak berlaku untuk Inggris.- Negara ini memiliki 1.322 kasus yang dikonfirmasi dan 38 kematian sejauh ini.
Qatar melaporkan 238 kasus baru
– Qatar mengkonfirmasi 238 kasus baru di antara orang-orang yang dikarantina di satu kompleks perumahan. Ini meningkatkan total kasus menjadi 262.
– Pasien baru ini tinggal di kompleks yang sama dengan tiga orang yang didiagnosis pada hari Minggu.
Kasus-kasus baru di Spanyol, Mesir dan Kosta Rika
– Jumlah kasus di Spanyol meningkat menjadi 2.277, termasuk 55 kematian. Di ibukota Madrid, jumlah kasus telah meningkat menjadi 1.024 dari 782 pada hari Selasa, lapor otoritas kesehatan. Museum yang dikelola pemerintah di Madrid akan ditutup untuk menampung penyebaran.
– Mesir melaporkan tujuh kasus baru sehingga total menjadi 67.
– Total kasus di Kosta Rika meningkat menjadi 22 dari yang sebelumnya dikonfirmasikan 13.
Italia memperketat kuncian
– Italia telah memperketat penguncian nasionalnya termasuk menutup bar, penata rambut, dan restoran.
– Jumlah kasus di negara ini telah meningkat menjadi 12.462 dan jumlah kematian meningkat menjadi 827.
Kasus Inggris naik menjadi 456
– Dengan 74 kasus baru, jumlah total infeksi di Inggris mencapai 456, termasuk enam kematian.
– Perdana Menteri Boris Johnson akan memimpin komite darurat pada 12 Maret. Pertemuan ini membahas untuk pindah ke phase fase penundaan ’dari‘ berisi ’.
Honduras melaporkan kasus pertama
– Honduras mengkonfirmasi dua kasus pertama Covid-19, dua wanita dengan riwayat perjalanan ke Spanyol dan Swiss.
Kasus-kasus baru dilaporkan di Maladewa, Pakistan, Denmark dan Filipina
– Total kasus di Maladewa telah meningkat menjadi delapan, termasuk dua kasus yang baru dilaporkan.
– Satu kasus lagi telah terdeteksi di Gilgit Baltistan, sehingga total Pakistan menjadi 20.
– Denmark telah melaporkan 78 kasus tambahan, sehingga total negara menjadi 340.
– Filipina telah mengkonfirmasi 16 kasus baru Covid-19 di negara tersebut. Total kasus yang dikonfirmasi di negara ini mencapai 49.
Kasus meningkat di Malaysia, Afrika Selatan dan Israel
– Malaysia telah melaporkan tambahan 20 kasus Covid-19, sehingga totalnya menjadi 149.
– Menteri Kesehatan Afrika Selatan telah mengumumkan enam kasus baru, sehingga total menjadi 13.
– Kementerian Kesehatan Israel telah mengumumkan delapan kasus tambahan coronavirus. Total negara berdiri di 76.
Bahrain mencatat 77 kasus baru
– Bahrain mendaftarkan 77 kasus baru di kalangan pengungsi dari Iran, sehingga total menjadi 189.
Kematian pertama dilaporkan di Indonesia dan Belgia
– Kementerian Kesehatan Indonesia telah mengumumkan kematian seorang perempuan asing berusia 53 tahun karena Covid-19. Dia dilaporkan dalam kondisi serius ketika dirawat.
– Kantor berita Belga menyatakan bahwa kementerian kesehatan Belgia melaporkan kematian pertama di negara itu. Pasien dilaporkan berusia 90 tahun.
Kasus Vietnam melonjak menjadi 35
– Negara ini melaporkan hampir 20 kasus baru dengan total 35. 13 pasien baru dalam penerbangan Vietnam Airlines dari London ke Hanoi pada 2 Maret.
Kasus Australia naik menjadi 122; mengumumkan paket kesehatan $ 1,6 miliar
– Jumlah kasus di Australia telah meningkat menjadi 122, termasuk tiga kasus baru perempuan yang mengunjungi Eropa.
– Negara ini mengumumkan paket kesehatan A $ 2,4 miliar ($ 1,56 miliar) untuk membantu memerangi wabah koronavirus.
Kasus-kasus di India mencapai 62- Dengan kasus-kasus baru yang dilaporkan pada malam 10 Maret dari Kerala, Karnataka, Jammu & Kashmir, total di India meningkat menjadi 62.
– Dari 18 kasus baru yang dilaporkan pada 10 Maret, delapan berasal dari Kerala, lima dari Maharashtra, empat di Karnataka dan satu di Jammu & Kashmir.
– Negara itu membatalkan visa yang diberikan kepada warga negara Jerman, Prancis, dan Spanyol pada dan sebelum Kamis. Warga India telah diminta untuk menghindari bepergian ke negara-negara ini.
Menteri Kesehatan Inggris positif; kematian keenam dilaporkan
– Menteri Kesehatan Inggris Nadine Dorries telah dites positif untuk Covid-19 dan saat ini sedang menjalani isolasi diri di rumah.
– Negara ini juga telah melaporkan kematiannya yang keenam – seorang pria berusia 80-an dengan masalah kesehatan lainnya. Total kasus yang dikonfirmasi di Inggris berjumlah 373.
KCDC melaporkan 242 kasus baru
– KCDC telah menyatakan bahwa 242 kasus tambahan terdeteksi di negara itu, dengan perhitungan menjadi 7.755.
– Jumlah total kematian juga meningkat menjadi 60, dengan enam kematian baru dilaporkan pagi ini.
361 Pengungsi Taiwan kembali dari Wuhan
– Dua penerbangan dengan total 361 orang Taiwan telah kembali dari Wuhan.
– Satu pesawat menerbangkan warga kembali ke pulau itu pada awal Februari dan perselisihan menunda yang lain.
Korban tewas meningkat menjadi lebih dari 4.200
– Jumlah korban Covid-19 telah meningkat menjadi lebih dari 4.200, dengan sekitar 3.100 kasus di China Daratan, pada akhir 11 Maret.
– Total kasus yang dikonfirmasi telah meningkat menjadi lebih dari 119.000 di 114 negara sementara pemulihan telah meningkat menjadi sekitar 65.000.

————

12 Mar:
Dewan Hubungan Luar Negeri AS membatalkan konferensi yang disebut ‘Melakukan Bisnis Di Bawah Coronavirus’ di New York di tengah wabah coronavirus.

– Bulgaria bermaksud mengumumkan keadaan darurat, kata Perdana Menteri Boyko Borissov. Kasus-kasus negara meningkat dari tujuh pada hari Rabu menjadi 23, dengan kematian pertama dilaporkan pada hari Rabu.
– Penasihat medis China Zhong Nanshan mengatakan wabah coronavirus bisa berakhir pada Juni jika negara-negara mengambil langkah tegas.
– Universitas Tecnologico de Monterrey di Meksiko akan menangguhkan semua acara dan kelas akademik mulai 17 Maret untuk mengendalikan penyebaran.
– Perdana Menteri Portugal Antonio Costa mengatakan di TV bahwa semua sekolah akan ditutup mulai Senin untuk menampung wabah tersebut.
– Pemerintah Belgia juga memerintahkan penutupan sekolah, kafe, restoran dan beberapa toko dari Jumat tengah malam hingga 3 April.
– Kosta Rika memerintahkan penangguhan semua kelas universitas dan sekolah-sekolah tertentu karena ketakutan akan virus corona.
– Pemerintah Qatar juga mengumumkan serangkaian langkah-langkah pengaturan untuk mencegah penyebaran, termasuk penutupan teater, area bermain dan pusat kebugaran.
– Sekolah-sekolah Turki akan ditutup selama satu minggu dan universitas selama tiga minggu mulai 16 Maret, sementara semua acara olahraga akan berlangsung tanpa penonton hingga akhir April.
Trinidad & Tobago mengkonfirmasi kasus pertama
– Trinidad & Tobago mengkonfirmasi kasus pertamanya sebagai pria berusia 52 tahun yang tiba dari Switzerland pada hari Senin.
Kematian Italia melewati 1.000
– Kematian akibat coronavirus di Italia meningkat 23% menjadi 1.016. Jumlah kasus naik 21,7% dari 12.462 menjadi 15.113.
– Sebanyak 1.258 pasien di negara ini telah pulih sepenuhnya.
Istri Perdana Menteri Kanada dinyatakan positif
– Istri Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dinyatakan positif terkena virus corona setelah kembali dari London.
– Trudeau tidak memiliki gejala tetapi akan di isolasi selama dua minggu sebagai tindakan pencegahan. Jumlah kasus di Kanada mencapai 142, termasuk satu kematian.
Kasing UK di 590; puncak 10 hingga 14 minggu lagi
– Kasus-kasus di Inggris tumbuh 29% menjadi 590 dalam 24 jam terakhir, dengan total sepuluh kematian.
– Kepala penasihat ilmiah pemerintah Patrick Vallance mengatakan bahwa puncak virus corona di negara itu mungkin 10 hingga 14 minggu lagi.
Raja Felipe dan Ratu Letizia dari Spanyol diuji
– Raja Felipe VI, Ratu Letizia dan seluruh kabinet diuji setelah menteri kesetaraan Irene Montero dinyatakan positif.
– Hanya satu menteri kabinet – Carolina Darias – sejauh ini dinyatakan positif.
– Sebanyak 3.146 kasus telah dilaporkan di Spanyol, termasuk 86 kematian.
Kematian pertama di India
Kasus di Irlandia meningkat menjadi 70
– Departemen Kesehatan Irlandia melaporkan bahwa jumlah kasus di negara itu meningkat menjadi 70 dari 43 sehari sebelumnya.
Mesir melaporkan 13 kasus baru; total 80
– Mesir mengkonfirmasi 13 kasus virus corona baru, yang meningkat menjadi 80. Kasus-kasus baru juga termasuk satu kematian.
Kasus Jerman meningkat menjadi 2.369
– Robert Koch Institute mengatakan bahwa jumlah kasus di Jerman meningkat menjadi 2.369 dari 1.567 hari sebelumnya.
– Negara ini melihat lima kematian sejauh ini.
Maroko menangguhkan perjalanan ke Spanyol dan Aljazair
– Maroko menangguhkan semua penerbangan dan kapal penumpang ke dan dari Spanyol, lapor kantor berita pemerintah Maroko.
– Pernyataan kepresidenan Aljazair mengatakan bahwa semua penerbangan antara Aljazair dan Maroko telah ditangguhkan.
Infeksi di Belanda melonjak menjadi 614
– Jumlah kasus baru di Belanda tumbuh 22% menjadi 614 pada hari Kamis, menurut pejabat kesehatan.
– Institut Nasional Kesehatan Masyarakat Belanda (RIVM) mencatat bahwa 273 infeksi ada di provinsi selatan Noord-Brabant.
Kematian di Spanyol meningkat menjadi 84; Iran mencapai 429
– Jumlah kematian akibat virus korona di Spanyol meningkat menjadi 84 dari 47 pada hari Rabu. Sebanyak 2.968 kasus telah dilaporkan sejauh ini.
– Jumlah korban Covid-19 di Iran mencapai 429. Juru bicara Kementerian Kesehatan Kianush Jahanpur melaporkan total 10.075 infeksi.
– Iran meminta Dana Moneter Internasional (IMF) dana darurat $ 5 miliar untuk mengendalikan wabah koronavirus.
Armenia mengganti uang kertas bekas
– Bank sentral Armenia mengumumkan rencana untuk mengganti uang kertas bekas dalam upaya untuk mengendalikan penyebaran virus corona.
– Bank meminta orang untuk lebih memilih pembayaran online daripada uang tunai.
Thailand melaporkan 11 kasus baru; sembilan di Malaysia
– Pejabat kesehatan Thailand mengkonfirmasi 11 kasus baru, sehingga totalnya menjadi 70.
– Malaysia melaporkan sembilan kasus baru hari ini menjadi total 158.
Transmisi lokal pertama di Afrika Selatan
– Kasus penularan lokal pertama di Afrika Selatan adalah seorang pria berusia 32 tahun yang melakukan kontak dengan seorang pengusaha Cina, kata kementerian kesehatan.
– Jumlah kasus yang dikonfirmasi di negara ini mencapai 17.
Menteri Spanyol dinyatakan positif
– Menteri Kesetaraan Spanyol Irene Montero dinyatakan positif terkena virus corona baru, sementara Wakil Perdana Menteri Pablo Iglesias dikarantina.
– Perdana menteri negara itu akan mengadakan pertemuan lebih lanjut melalui konferensi video.
Singapura menutup masjid
– Singapura akan menutup semua masjid selama minimal lima hari untuk pembersihan mendalam. Penutupan akan berlaku pada hari Jumat, kata Dewan Agama Islam Singapura.
– Negara ini melaporkan total 178 kasus.
Kematian pertama di Austria, Polandia, Aljazair, Norwegia
– Austria melaporkan kematian pertama Covid-19 sebagai pria berusia 69 tahun di Wina. Negara ini memiliki 302 kasus hingga saat ini.
– Kematian coronavirus pertama Polandia terjadi di Poznan, lapor TVN24. Negara ini mengkonfirmasi 47 kasus hingga saat ini.
– Kematian pertama dari Covid-19 di Aljazair telah terjadi hari ini. Jumlah kasus di negara ini mencapai 24.
– Norwegia melaporkan kematian pertamanya pada pasien lansia. Jumlah total infeksi di negara ini melewati 620. Restoran, kafe, bar, sekolah, pusat penitipan anak dan perusahaan telah ditutup untuk mengendalikan penyebaran.
114 kasus baru di Korea Selatan
– Korea Selatan mengkonfirmasi 114 kasus baru, yang totalnya menjadi 7.869, termasuk 66 kematian.
– Otoritas kesehatan bekerja untuk melacak dan mengendalikan beberapa kluster baru, termasuk di ibukota Seoul.
Kasus-kasus di India mencapai 73
– Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga mengatakan bahwa jumlah total kasus di India mencapai 73.
– Dari total pasien, 17 adalah warga negara asing.
Kasus-kasus baru di Arab Saudi; menunda perjalanan
– Jumlah kasus di Arab Saudi meningkat menjadi 45, dengan 24 infeksi baru dilaporkan awal hari ini, kata kantor berita pemerintah.
– Dari 24 kasus baru, dua orang kembali dari Irak, satu kontak dengan orang yang terinfeksi dari Iran, dan 21 orang kontak dengan pengunjung Mesir yang sebelumnya dinyatakan positif.
– Negara itu menangguhkan perjalanan dan penerbangan ke beberapa negara, termasuk Uni Eropa, India dan Filipina.
Guyana, Polinesia Prancis, St Vincent mengkonfirmasi kasus pertama
– Guyana melaporkan kasus Covid-19 pertamanya pada seorang wanita berusia 52 tahun yang meninggal setelah kembali dari AS minggu lalu. Pasien memiliki penyakit yang mendasari dan dites positif koronavirus setelah kematian.
– Kasus pertama Polinesia Prancis adalah politisi Maina Sage yang kembali dari Paris pada 7 Maret.
– St Vin¬cent dan Grenadines mengonfirmasikan kasus pertamanya dalam suatu pesta yang telah ditransfer ke Inggris.
Swedia, Yunani mengumumkan kematian pertama

– Swedia melaporkan kematian pertamanya pada pasien usia lanjut dengan penyakit yang mendasarinya. Pemerintah melarang pertemuan publik lebih dari 500 orang.
– Kematian pertama Yunani dikatakan sebagai pria berusia 67 tahun yang baru saja kembali dari Israel dan Mesir.
Aktor Tom Hanks dan isteri tes positif
– Aktor peraih Oscar Tom Hanks dan istrinya Rita Wilson telah dinyatakan positif di Australia.
– Dalam sebuah tweet, aktor itu mengatakan bahwa dia sedang mengerjakan sebuah film di Australia dan diuji bersama istrinya setelah mengalami sedikit demam.
Bank Pembangunan Asia, Senat Filipina ditutup
– Senat Filipina dan kantor pusat Manila di Asian Development Bank ditutup setelah pengunjung dari kedua gedung dinyatakan positif.
Korban tewas meningkat menjadi 4.600
– Kematian dari Covid-19 telah mencapai lebih dari 4.600, termasuk 3.169 di daratan Cina, pada akhir 11 Maret.
– Infeksi global telah meningkat menjadi hampir 126.140, dengan total sekitar 68.200 pemulihan
————

13 Mar:
Perdana Menteri Jamaika Andrew Holness menyatakan bencana lebih dari coronavirus. Negara itu, yang melaporkan delapan kasus, juga mencari 100 perawat Kuba untuk membantu.

– Presiden Chili Sebastian Pinera memerintahkan larangan acara publik lebih dari 500 orang mulai Senin. Negara ini mendaftarkan 43 kasus sejauh ini.
– Spanyol mengumumkan keadaan darurat hari ini karena wabah koronavirus. Ini adalah yang pertama dari tiga keadaan darurat.
– Mulai hari Senin, Singapura akan melarang masuknya orang yang pernah ke Italia, Prancis, Spanyol dan Jerman dalam 14 hari terakhir.
– Perdana Menteri sementara Rumania Ludovic Orban akan dikarantina sendiri setelah melakukan kontak dengan salah satu senator partainya yang kemudian dinyatakan positif.
– Moldova akan menangguhkan semua penerbangan ke wilayah Eropa mulai hari Minggu. Negara ini memiliki enam kasus hingga saat ini.
– Prancis akan menutup semua pembibitan, sekolah, dan universitas mulai Senin untuk memerangi penyebaran virus, kata Presiden Emmanuel Macron. Negara ini juga melarang pertemuan publik lebih dari 100 orang.
– Pejabat Boeing mengatakan bahwa lebih dari 50% penerbangan telah dibatalkan di Asia Pasifik karena kekhawatiran akan virus corona.
– Republik Ceko mengumumkan bahwa negara itu akan menolak masuknya orang asing dan melarang warga negaranya bepergian ke luar negeri pada hari Senin.
– Kementerian luar negeri Bulgaria melarang semua perjalanan ke Iran, dan meminta orang untuk menghindari perjalanan tidak mendesak ke 11 negara. Negara itu sudah menangguhkan kunjungan ke China dan menyarankan agar tidak bepergian ke Italia.
– Makedonia Utara menunda pertemuan publik dan akan melarang masuknya warga negara asing yang datang dari ‘negara-negara berisiko tinggi’. Sebanyak sembilan kasus telah dilaporkan di negara ini.
– Irak melarang masuknya pengunjung dari Jerman dan Qatar, memperluas daftar ke 13 negara.
– Menteri Dalam Negeri Australia Peter Dutton dinyatakan positif.
Kasus pertama di Guinea, Sudan, Mauritania
– Kasus pertama Guinea adalah karyawan delegasi Uni Eropa.
– Sudan mengkonfirmasi kasus pertamanya pada seorang pria yang meninggal pada hari Kamis dan telah tiba dari UEA awal bulan ini. Negara ini menangguhkan penerbangan ke delapan negara.
– Kementerian Kesehatan Mauritania juga melaporkan kasus coronavirus pertama.
Korban tewas Italia naik menjadi 1.266
– Jumlah kematian di Italia meningkat 25% dalam 24 jam terakhir menjadi total 1.266. Juga, jumlah infeksi melonjak hampir 17% menjadi 17.660.
Guatemala, Kosovo, Uruguay, Venezuela mengkonfirmasi kasus pertama
– Guatemala mengkonfirmasi kasus pertama infeksi coronavirus. Negara itu melarang kedatangan dari beberapa negara yang sangat terpengaruh, termasuk AS dan Kanada.
– Kasus pertama Kosovo adalah seorang wanita Italia berusia 20 tahun dan pria Kosovar berusia 77 tahun.
– Uruguay mengkonfirmasi empat kasus pertamanya pada orang yang datang dari Milan, Italia.
– Venezuela melaporkan dua kasus pertamanya dan menyatakan keadaan khawatir karena negara tersebut dikatakan tidak siap untuk memerangi pandemi.
Kasus Jerman melintasi 3.000
– Jumlah kasus di Jerman bertambah 671 menjadi 3.062, termasuk lima kematian.
Kematian kedua di India
– India melaporkan kematian keduanya pada seorang wanita 68 tahun dengan kondisi kesehatan lainnya di New Delhi.
– Negara ini mengkonfirmasi 82 kasus sejauh ini.
Kasus-kasus baru di Meksiko, Panama, Mesir, Arab Saudi
– Kasus di Meksiko tumbuh menjadi 26 dari 15 hari sebelumnya.
– Kasus-kasus yang dikonfirmasi oleh Panama meningkat menjadi 36, termasuk tiga warga negara asing.
– Dengan 13 kasus baru, total kasus di Mesir mencapai 93.
– Arab Saudi mengonfirmasi 24 kasus baru menjadi total 86 kasus.
Kanada meningkatkan langkah-langkah
– Kanada mendorong langkah-langkah untuk memerangi wabah, termasuk langkah-langkah darurat seperti pengurangan suku bunga setengah poin.
– Ottawa meminta warga untuk menghindari perjalanan asing yang tidak penting.
– Total kasus di negara itu mendekati 200, termasuk satu kematian.
Iran mengosongkan jalan-jalan kota; kasus mencapai 11.364
– IRNA melaporkan bahwa pasukan keamanan Iran akan mengosongkan jalan-jalan kota dalam 24 jam ke depan untuk memerangi penyebaran virus corona.
– Negara ini mendaftarkan 11.364 kasus dan 514 kematian sejauh ini.
Infeksi di Belanda naik ke 804
– Jumlah infeksi coronavirus di Belanda meningkat dari 614 sehari sebelumnya menjadi 802 hari ini.
– Jumlah kematian di daerah itu berlipat dua menjadi sepuluh.
Kasus Indonesia berlipat ganda menjadi 69
– Indonesia mengkonfirmasi 35 kasus virus korona baru, yang meningkat menjadi 69. Tiga dari kasus terbaru telah meninggal, kata Reuters.
27 kasus di Belarus
– Belarus mendaftarkan enam kasus baru pada hari Jumat, sehingga totalnya menjadi 27.
17 kasus baru di Arab Saudi; total 62
– Arab Saudi membenarkan 17 kasus baru, termasuk 11 orang Mesir, melaporkan kantor berita negara (SPA). Total kasus mencapai 62.
Thailand mengeluarkan peringatan coronavirus baru
– Thailand mengeluarkan peringatan coronavirus baru untuk orang-orang yang pergi ke pesta setelah sekelompok 13 kasus dilacak ke sekelompok teman yang berbagi rokok dan minuman.
– Jumlah kasus di negara ini mencapai 75.
Kenya, Kazakhstan, Ethiopia mengkonfirmasi kasus pertama
– Menteri Kesehatan Kenya melaporkan kasus pertama negara tersebut pada seseorang yang tiba dari AS melalui London.
– Menteri Kesehatan Kazakhstan Yelzhan Birtanov mengkonfirmasi kasus pertama sebagai warga negara yang kembali secara terpisah dari Jerman pada 9 Maret dan 12 Maret. Kementerian akan mengkarantina orang-orang di penerbangan 9 Maret, sementara orang-orang di penerbangan 12 Maret sudah di bawah karantina.
– Kasus pertama Ethiopia adalah warga negara Jepang, melaporkan lembaga kesehatan masyarakat negara itu.
Karyawan Google di India dinyatakan positif
– Google telah mengumumkan bahwa seorang karyawan di kantornya di Bangalore, Karnataka, India dinyatakan positif.
– India melaporkan hampir 80 kasus COVID-19 sejauh ini, termasuk karyawan Google.
Korea Selatan melaporkan lebih banyak pemulihan untuk pertama kalinya
– Korea Selatan melaporkan 110 kasus baru hari ini, mewakili penurunan dari 114 yang dikonfirmasi sehari sebelumnya. Ini total menjadi 7.979.
– 177 pasien dilepaskan dari rumah sakit hari ini, menandai pertama kalinya negara itu memiliki lebih banyak pemulihan daripada infeksi sejak wabahnya.
Ghana, Gabon mengkonfirmasi kasus pertama
– Kementerian Kesehatan Ghana mengkonfirmasi dua kasus pertamanya pada orang yang baru-baru ini mengunjungi Norwegia dan Turki.
– Kasus pertama Gabon adalah seorang pria berusia 27 tahun yang telah kembali dari Prancis pada 08 Maret.
Indonesia melarang ekspor masker wajah
– Indonesia akan melarang sementara ekspor masker untuk memastikan pasokan domestik di tengah wabah.
AS menerapkan lebih banyak langkah untuk mencegah penyebaran
– Negara bagian AS menerapkan lebih banyak tindakan untuk mencegah penyebaran virus corona. Beberapa negara bagian, seperti Seattle dan Ohio, bahkan menutup sekolah.
– Rumah sakit di seluruh negeri mendirikan tenda untuk memenuhi peningkatan arus masuk pasien. Di Hawaii, klinik perawatan mendesak menawarkan pengujian drive-through.
– Jumlah kasus di negara ini meningkat menjadi lebih dari 1.300, dengan 39 kematian.
Korban tewas mencapai 4.700
– Kematian akibat Covid-19 telah melampaui 4.700 secara global, dengan total lebih dari 128.330 infeksi dan 68.300 pemulihan, pada akhir 12 Maret.
.

————

15 Maret:
Kasus pertama di Delhi, India pulih

– Kasus pertama yang dikonfirmasi di Delhi, seorang pria berusia 45 tahun, telah sepenuhnya pulih dari virus corona Covid-19. India saat ini memiliki 102 kasus yang dikonfirmasi dan dua kematian.
Presiden AS tes negatif, larangan perjalanan diperpanjang ke Inggris
– Presiden AS Donald Trump telah diuji negatif untuk Covid-19.
– AS telah memperpanjang larangan bepergian untuk memasukkan Inggris dan Irlandia.
Seberapa khawatir Anda tentang penyebaran Coronavirus?
• Sangat peduli
• Sedikit khawatir
• Tidak peduli atau tidak peduli
• Tidak terlalu peduli
• Tidak peduli
Lihat hasil
– AS telah mengkonfirmasi lebih dari 2.900 kasus dengan 57 kematian sejauh ini.
NHS dan rumah sakit swasta bermitra untuk mengatasi pandemi coronavirus
– NHS telah mengumumkan rencananya untuk bermitra dengan rumah sakit swasta untuk menangani pandemi karena rumah sakit umum di negara-negara tersebut kabarnya tidak diperlengkapi untuk menangani gelombang besar pasien coronavirus.
– Inggris memiliki 1.143 kasus yang dikonfirmasi dengan 21 kematian sejauh ini.
Istri PM Spanyol positif
– Begoña Gómez, istri Perdana Menteri Spanyol dinyatakan positif Covid-19. Dia, bersama dengan PM, dilaporkan baik-baik saja.
Filipina menutup Manila untuk pelancong domestik
– Filipina telah menutup ibukotanya, Manila dengan bantuan polisi, untuk semua pelancong domestik. Kota berpenduduk sekitar 12 juta dilaporkan ditutup selama sekitar satu bulan.
Australia memberlakukan karantina sendiri untuk orang yang datang dari luar negeri
– PM Scott Morrison telah mengumumkan bahwa penumpang yang datang dari luar negeri ke Australia harus menjalani karantina mandiri 14 hari wajib.
– Kapal pesiar juga tidak akan diizinkan untuk berlabuh di negara ini selama satu bulan. Orang-orang juga disarankan untuk menerapkan ‘jarak sosial’.
Korban tewas meningkat menjadi lebih dari 5.800
– Korban tewas karena Covid-19 telah meningkat menjadi lebih dari 5.800 di seluruh dunia dengan sekitar 156.000 kasus yang dikonfirmasi dan hampir 74.000 pemulihan, pada 14 Maret
14 Mar:
– Denmark telah melaporkan kematian pertamanya karena COVID-19 dan telah menutup perbatasannya untuk pelancong asing selama satu bulan.
– Kamboja akan menolak masuknya pengunjung dari Italia, Jerman, Spanyol, Prancis dan AS selama 30 hari mulai 17 Maret. Negara itu mengkonfirmasi tujuh kasus.
– Kolombia memerintahkan penutupan perbatasan dengan Venezuela untuk mengandung penyebaran virus corona. Hingga Jumat, negara itu melaporkan sembilan kasus.
– Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern meminta semua orang memasuki negara itu dari Minggu tengah malam untuk melakukan isolasi diri selama 14 hari. Semua kapal pesiar juga akan ditolak masuk hingga 30 Juni.
Thailand melaporkan tujuh kasus baru; total 82
– Thailand mengkonfirmasi tujuh kasus virus corona baru, sehingga total menjadi 82.
Kematian keenam di Filipina
– Filipina mengkonfirmasi kematian keenamnya dalam seorang warga Metro Manila yang berusia 54 tahun. Negara ini melaporkan setidaknya 64 kasus.
Kasus Jepang naik menjadi 1.423
– NHK melaporkan total 1.423 infeksi awal hari ini, termasuk 697 dari kapal pesiar Diamond Princess dan 14 pengungsi dari Cina.
– Negara itu melihat 28 kematian, termasuk tujuh dari kapal pesiar,
107 kasus baru di Korea Selatan; total 8.086
– Untuk hari kedua berturut-turut, Korea Selatan melaporkan lebih banyak pemulihan daripada infeksi baru.
– Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC) mengkonfirmasi 107 kasus baru, sehingga totalnya menjadi 8.086. Sementara itu, 204 orang telah pulih dan keluar dari rumah sakit.
Australia melarang acara publik
– Perdana Menteri Scott Morrison membekukan semua pertemuan tidak penting yang melibatkan lebih dari 500 orang, termasuk acara olahraga dan budaya.
– Pemerintah juga menyarankan orang-orang agar tidak bepergian ke luar negeri.
– Sebanyak 197 kasus dan tiga kematian telah dilaporkan.
AS mengumumkan keadaan darurat nasional
– Presiden AS Donald Trump mengumumkan keadaan darurat nasional terkait penyebaran virus corona, memungkinkan $ 50 miliar bantuan federal.
– Negara ini sekarang memiliki lebih dari 1.700 kasus yang dikonfirmasi dan 40 kematian.
Eropa sekarang menjadi pusat wabah, kata WHO
– WHO menyebut Eropa pusat pandemi saat ini, dengan benua sekarang melaporkan lebih banyak kasus dan kematian dibandingkan dengan wilayah global yang tersisa, kecuali Cina.
Korban tewas mendekati 5.500
– Kematian karena COVID-19 telah mendekati 5.500, pada 13 Maret. Total infeksi meningkat menjadi 145.300 di seluruh dunia, dengan lebih dari 71.600 pemulihan.
13 Mar:
– Perdana Menteri Jamaika Andrew Holness menyatakan bencana lebih dari coronavirus. Negara itu, yang melaporkan delapan kasus, juga mencari 100 perawat Kuba untuk membantu.
– Presiden Chili Sebastian Pinera memerintahkan larangan acara publik lebih dari 500 orang mulai Senin. Negara ini mendaftarkan 43 kasus sejauh ini.
– Spanyol mengumumkan keadaan darurat hari ini karena wabah koronavirus. Ini adalah yang pertama dari tiga keadaan darurat.
– Mulai hari Senin, Singapura akan melarang masuknya orang yang pernah ke Italia, Prancis, Spanyol dan Jerman dalam 14 hari terakhir.
– Perdana Menteri sementara Rumania Ludovic Orban akan dikarantina sendiri setelah melakukan kontak dengan salah satu senato partainya

 

Sumber : pharmaceutical-technology.com

Coronavirus: A timeline of how the deadly COVID-19 outbreak is evolving

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *