Menu

Strategy Lunas Hutang Riba Secara Berkah

Jan
12
2020
by : pakdhe. Posted in : uncategorized

Kali ini saya mencoba berbagi Ilmu caa atau strategy Lunas Hutang Riba Secara Berkah. Kita tahu bahwa riba adalah dosa besar sehingga sudah semestinya kita tinggalkan. Riba adalah penetapan bunga atau melebihkan jumlah pinjaman saat pengembalian berdasarkan persentase tertentu dari jumlah pinjaman pokok yang dibebankan kepada peminjam. Riba secara bahasa bermakna ziyadah (tambahan). Dalam pengertian lain, secara linguistik riba juga berarti tumbuh dan membesar. Berjuang Sendirian Untuk Lunas Hutang itu Berat , Mari Kita Saling Tolong Menolong. Dalam Upaya Lunas Hutang Bersama , Inilah Solusinya Kita Saling Membantu Untuk Lunas Hutang secara berkah. Ada 2 tahap langkah berkah yaitu BERBISNIS BERKAH kemudian LUNAS BERKAH.

STRATEGY BERBISNIS SECARA BERKAH


Berbisnis secara berkah ini pada pronsipnya diberi pondasi AMAL TAAT dengan berbisnis dengan amal yang taat maka INSYA ALLAH pertolongan ALLAH datang kepada hamba-hamba yang taat. Berikut langkah-langkahnya :

Semua harta didunia ini sebenarnya milik ALLAH. Semua rejeki dan kekayaan dunia ini adalah milik ALLAH maka awal mulanya sebetulnya ALLAH menitipkan harta kepada kita untuk dikelola di jalan-NYA sesuai dengan SyariatNYA.

“Dan kepunyaannya (Allah) apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi..,” (QS An-Najm: 31)

“Ingatlah sesungguhnya hanya milik-Nya makhluq yang ada di langit dan makhluk yang ada di bumi.,” (QS Yunus: 66)

“Maka terangkanlah kepadaku tentang yang kamu tanam, kamukah yang menumbuhkannya atau Kami yang menumbuhkannya,” (QS AI Waqi’ah: 63-64)

“Dan berikanlah kepada mereka sebagian dari harta Allah yang dikaruniakan-Nya kepadamu…,”(QS. An-Nuur: 33)

“Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karunia-Nya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka..,” (QS Ali ‘Imran: 180)

Maka ketika kita tahu semua dari ALLAH maka sudah selayaknya kita sadar bahwa MODAL itu datangnya dari ALLAH ketika kita sadar akan hal itu sebetulnya kita memiliki banya modal mulai dari panca indra, relasi, nama baik, lingkungan, kesehatan dll dapat kita gunakan untuk modal.

 

Semua harta yang berkah selalu di beri pondasi SEDEKAH & INFAQ karena 2 hal tersebut adalah perintah ALLAH dan dengan 2 hal itu Allah berjanji akan memberi pertolongan dan sudah tentu ALLAH akan mencintai hambaNya yang patuh akan perintahNYA.

Al-Baqarah (2) : 3. “Adapun orang-orang yang beriman dengan yang ghaib dan mendirikan sembahyang dan menginfakkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka”.

al-Baqarah (2) : 195. “Dan berinfaklah kamu (bersedekah atau nafakah) di jalan Allah dan janganlah kamu mencampakkan diri kamu ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah kerana sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berbuat baik”.

al-Baqarah (2) : 215. “Mereka bertanya kepada engkau tentang apa yang mereka infakkan, Jawablah! Apa sahaja harta yang kamu infakkan hendaklah diberikan kepada ibu bapa, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan. Dan apa sahaja kebajikan yang kamu buat, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahui”.

al-Baqarah (2) : 245. Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.

 

Bisnis hanyalah sebuah sarana untuk menjalankan amanah dari ALLAH maka sudah sepantasnya bisnis yang berkah itu yang sesuai syariat yang ALLAH tentukan.

Bisnis menurut islam adalah suatu yang dihalalkan banhkan sangat dianjurkan oleh islam. Bisnis bahkan dilakukan oleh Nabi dan Sahabat Rasulullah di zaman dahulu. Sangat banyak sekali sahabt-sahabat Nabi yang merupakan para pembisnis dan dari hartanya tersebut dapat memberikan manfaat yang sangat besar bagi perkembangan islam. Orientasi bisnis menurut islam sejatinya tidak bertentangan dengan Tujuan Penciptaan Manusia, Proses Penciptaan Manusia , Hakikat Penciptaan Manusia , Konsep Manusia dalam Islam, dan Hakikat Manusia Menurut Islam sesuai dengan fungsi agama . Bisnis islam tentu saja mengedapankan kepada keadilan dan kompetisi yang fair. Bisnis islam bukanlah hal yang sekedar mendapatkan keuntungan namun juga mengedepankan nilai-nilai yang dimiliki oleh syariah. Tanpa ada etika berbisnis tentu saja jauh dari keberkahan. Berikut ini adalah etika bisnis didalam Islam :

Menjauhi Hal yang Samar

Menghindari Judi

Menghindari Penindasan

Menjauhi Riba

Menjauhi Penipuan

Menjauhi Barang atau Produk Haram

Menghindari Monopoli Bisnis

 

 

…………………

STRATEGY LUNAS HUTANG SECARA BERKAH


“Hutang membuat kehinaan di siang hari, Dan kegelisahan di malam hari” -Muhammad SAW- Dari Aisyah, bahwa Rasulullah SAW sering membaca do’a: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, fitnah kehidupan & fitnah kematian. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan dosa & hutang.” Seseorang bertanya kepada Rasul, “Kenapa tuan banyak meminta perlindungan dari hutang?” Rasul menjawab: “Sesungguhnya seseorang apabila berhutang dia akan cenderung berkata dusta & berjanji lalu mengingkarinya.”(HR. BUKHARI)
….

Hutang tidak bisa lunas dalam hitungan jam makwusss!! Kecuali hutang 1-2 juta dan kita pas ada uang membayarnya.Yang bikin pusing mayoritas pembaca disini adalah hutang senilai puluhan juta, ratusan juta bahkan milyaran! Atau juga yang sebel sampai ke ubun-ubun kartu kredit tiap bulan dicicil bertahun-tahun tapi gak lunas-lunas! Hehe.. Ya iyalah, sistem bunga berbunga di kartu kredit itulah yang bikin jebakan hutang tak berkesudahan. Langkah-langkah ini saya rangkum dari ceramah Aa Gym, Ustadz Yusuf Mansur dan juga panduan yang disampaikan Ustadz Samsul Arifin lewat diskusi malam-malam via telpon kepada saya.. Yuk kita mulai!
….

Langkah-langkah supaya bebas hutang dunia yang menjerat:
….

TAUBAT

Minta ampun sama Allah atas perbuatan kita, apapun kesalahan kita. Ketika kita berdosa namun tidak merasa berdosa dan terus cuek bebek maka ridho Allah tidak adan turun. Dan Allah terus kirimkan kesulitan demi kesulitan yang mencengkeram hidup kita.Nabi yang tak berdosa sehari 100 kali Istigfar.”Barang siapa membiasakan bacaan ISTIGHFAR, maka Allah akan menjadikan untuknya KELAPANGAN dari setiap kesedihan dan JALAN KELUAR bagi setiap kesempitan, serta Allah karuniakan REZEKI kepadanya dari arah yang tidak di sangka-sangka. (Hadist Riwayat Abu Dawud, Ibnu Majah & Baihaqi)Ngaku deh, semua hutang apapun bentuknya bikin hidup sumpek, dada sesek, gairah mendlep!
….

BERAZAM HUTANG LUNAS

Maksudnya adalah bercita-cita dengan sungguh-sungguh hutang lunas! Bukan hanya di bibir pengen hutang lunas, tapi besok masih cari hutangan kesana-sini, wah! Pada level ini harus berani ngomong: saya kapok berhutang dan berjanji tidak akan berhutang lagi!Tidak akan nambah hutang lagi!
….

MENJUAL ASSET

Banyak yang menahan hutangnya, padahal dia masih punya asset yang bisa dijual dahulu untuk menutup sebagian atau malah seluruh hutangnya.Hutang mobil sampai nunggak bayar tapi terlalu sayang sama mobilnya, kalo dijual apa kata dunia?! Saya gak gaya lagi dong mas!…. Haiyaaah! Makan tuh gaya.Atau ada yang hutang modal kerja dengan cicilan flat misal 5 juta/bulan, tapi usaha bangkrut.. modal ludes! Terus? Ya sisa usaha apapun dijual..Barang-barang apapun yang bisa jadi duit lepaskan untuk mengurangi beban hutang, termasuk menjual barang-barang pribadi yang tidak ada hubungannya dengan usaha itu.
….

MENCICIL LEBIH BANYAK

Banyak yang punya hutang, tapi juga punya penghasilan tetap tiap bulan. Kuncinya MENUNDA SEMUA KESENANGAN, alokasikan dua sampai tiga kali lipat untuk membayar hutang.Semakin kita mengurangi pokok, beban cicilan juga berkurang.Kalo yang punya usaha, stop dulu ekspansi. Tiap dapat untung langsung hajarrr buat nyicil hutang lebih banyak. Asset kantor yang bisa dijadikan uang juga dilepas saja, bikin list semua barang di kantor apa saja yang bisa diuangkan, dan selama ini hanya mubazir menuh-menuhin ruangan.
….

LEVEL PASRAH DINAIKKAN!

Yakin bahwa selama kita punya niat baik berikhtiar, Allah akan memberi jalan. Kalo kata AaGym “ini episode yang harus dihadapi dalam hidup kita.. ya hadapi saja, gak usah mengeluh! Kembali ke Allah, karena hanya Allah Yang Maha Pemberi Solusi. Delapan tahun lalu bisnis saya hancur, karena yang dikejar hanya ketenaran dan uang. Sekarang semua bangkit kembali, yang datang ke pesantren ini banyak lagi sampai kita nolak-nolak santri”Ustadz Yusuf Mansur berkata “mau ludes ya ludes deh! Ini cara Allah membersihkan hidup kita”. Gakpapa kita bangkrut, yang penting hidup dan harta kita juga dah bersih, nanti pelan-pelan bangkit lagi, yakin seyakinnya Allah bakal kasih jalan.Saya dipenjara karena sesuatu yang diarahkan ke saya oleh orang lain, ya udah terima aja, di penjara saya dapat hikmah supaya bisa bangkit lagi” Seorang ustadz kawan saya di Bantul kena tipu biro travel umroh abal-abal yang mendompleng di acara pengajiannya. Si biro promosi usai acara pengajian iming-iming umroh murah 15 juta, dan malam itu 5 orang ibu-ibu langsung gesek pakai mesin EDC yang disiapkan si biro, total DP terkumpul 45 juta. Besoknya si biro kabur entah kemana.. Abal abal beneran!Ustadz kawan saya itu kelimpungan dituntut mengganti uang rombongan ibu-ibu itu.Besoknya ada orang datang membawa uang 42 juta untuk membantu pembangunan pondok pesantrennya. Cobaan datang lagi, uang itu tercecer di perjalanan ketika mengisi pengajian, uangnya entah kemanaPusing! Puyeng! Dihantam dua masalah berurutan. Satu-satunya tempat mengadu ya hanya kepada Allah, kita ngadu kepada manusia juga belum tentu dia ngasih solusinya.Setiap malam dia berzikir: Hasbunallah wani’mal wakil, ni’mal maula wa ni’mannasir (Cukup bagiku Allah sebaik-baik pelindung dan penolongku) Hingga 450 kali rutin tiap malam.
….

KEMBALI FOKUS KE BISNIS, BUKAN KE HUTANG

Mulai mengatur hidup kita, arahnya diluruskan kembali, yang kemarin sibuk menumpuk aset hutangan dan gaya hidup berlebihan sekarang fokus bagaimana membuat bisnis bisa berputar kembali,kerja keras lagi, pantang hutang lagi, sampai menunggu moment hutang kita lunas dengan perjuangan karena cita-cita sudah diluruskan.
….

SEDEKAH dan DOA IBU

Dalam kondisi apapun sedekah tidak boleh berhenti. Bantu urusan orang lain agar urusan kita juga dibantu oleh Allah. Jangan lupa, minta doa dari ibu atau ayah kita.. Mereka yang sejak kecil merawat kita, doa mereka membuka pintu-pintu keberkahan dalam hidup kita.Ustadz Samsul Arifin yang punya gerakan Pengusaha Tanpa Riba sering banget mengirimkan capture chat dengan anggotanya kepada saya, orang-orang yang berproses sejak berazam bebas hutang hingga hutangnya semua lunas tak bersisa! Beliau mengijinkan saya membagi chat testimoni orang-orang yang sudah bebas hutangnya dibawah ini..Ada yang bebas dalam setahun..Ada yang dua tahun..Ada yang tiga tahun..Namun proses itulah yang luarrr biasa! Mereka bisa tuh.. pasti kita yakin juga bisa Rindu pada masa-masa dulu bangun tidur tak punya hutang kan?Senyum lepas tanpa beban.. tanpa beban. Ya Allah… Kabulkan..
….

Rangkuman

  1. TAUBAT, ISTIGHFAR tidak utang lagi
  2. BERAZAM HUTANG LUNAS Pada level ini harus berani ngomong: saya kapok berhutang dan berjanji tidak akan berhutang lagi!Tidak akan nambah hutang lagi!
  3. MENJUAL ASSET
  4. MENCICIL LEBIH BANYAK, MENUNDA SEMUA KESENANGAN
  5. LEVEL PASRAH DINAIKKAN! Ustad Yusuf Mansyur berkata “mau ludes ya ludes deh! Ini cara Allah membersihkan hidup kita”. Gakpapa kita bangkrut, yang penting hidup dan harta kita juga dah bersih, nanti pelan-pelan bangkit lagi, yakin seyakinnya Allah bakal kasih jalan. Saya dipenjara karena sesuatu yang diarahkan ke saya oleh orang lain, ya udah terima aja, di penjara saya dapat hikmah supaya bisa bangkit lagi” Setiap malam dia berzikir: Hasbunallah wani’mal wakil, ni’mal maula wa ni’mannasir (Cukup bagiku Allah sebaik-baik pelindung dan penolongku) Hingga 450 kali rutin tiap malam.
  6. KEMBALI FOKUS KE BISNIS, BUKAN KE HUTANG
  7. SEDEKAH dan DOA IBU

 

ALOKASI UANG UNTUK LUNAS HUTANG

Sedekah 10% dari profit sisaya buat angsur LUNAS

 

AMALAN UNTUK LUNAS HUTANG

  • Sholat dhuha
  • Tahajud
  • Puasa senin kamis
  • Dzikir hasbunaallah wanikmal wakil nikmal maula wanikmannasir
  • Do’a : ALLAHUMMA AKFINI BIHALALIKA ‘AN HARAMIKA WA`AGHNINI BIFADLIKA ‘AMMAN SIWAKA (Ya Allah, cukupkanlah aku dengan yang halal dariMu dan cukupkanlah aku dengan fadlilahMu dari selainMu).” (HR. Ahmad)
  • Do’a :Qulillahumma malikal mulki tu’til mulka man tasyau wa tanzi’ul mulka mimman tasyau, wa tu’izzu man tasyau wa tudzillu man tasyau, biyadikal khayru innaka ‘ala kulli syay-in qadir. Tulijul layla fin nahari wa tulijun nahara fil layli, wa tukhrijul hayya minal mayyiti wa tukhrijul mayyita minal hayyi wa tarzuqu man tasyau bighayri hisab.Qulillahumma malikal mulki tu’til mulka man tasyau wa tanzi’ul mulka mimman tasyau, wa tu’izzu man tasyau wa tudzillu man tasyau, biyadikal khayru innaka ‘ala kulli syay-in qadir. Tulijul layla fin nahari wa tulijun nahara fil layli, wa tukhrijul hayya minal mayyiti wa tukhrijul mayyita minal hayyi wa tarzuqu man tasyau bighayri hisab.Katakanlah: “Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.
  • Sholat tobat
  • Sholat 5 waktu

PORTOFOLIO

UNIT USAHA





Sunday 10 May 2020 | Blog

Asalamualaikum wrwb. Perkenalkan say budi kayamara .. Masa pandemik ini akan sangat panjang. Tentu perlu doa…

Saturday 17 March 2018 | Bisnis, Blog

Jaman semakin cepat melaju, hari demi hari terus berganti informasi dan inovasi. Kami Kayamara tak mau…

Monday 1 June 2020 | Blog

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Anak–anak adalah amanah dan asset bagi kedua orang tua. Anak yang shalih dan…

Thursday 9 May 2019 | Blog

Jika anda ingin memiliki usaha dibidang advertising tapi minim modal inilah solusinya. Kayamara Advertising, anak perusahan…

Tuesday 22 January 2019 | Blog, Investasi

Dalam kesempatan yang baik ini kayamara akan membahas tentang Pengertian Mengenai Apa Itu Investasi Syariah Investasi…

Thursday 15 March 2018 | Bisnis, Blog

Dear SAHABATKU, Anda bisa mengatasi Tagihan Rutin Bulanan Anda dengan Sangat Mudah dan Praktis Ini solusinya!!!!…

Wednesday 28 June 2017 | Blog

Syirkah menurut bahasa berarti percampuran. Sedangkan menurut istilah syirkah berarti kerja sama antara dua orang atau…

Tuesday 8 August 2017 | Bisnis, Blog

BACA juga: Kerja Sama Investasi Bagi Hasil Keuntungan dari Profit (Syariah) Kayamara Bersilaturahmi Bisnis Bersama Muhammad…