Categories
uncategorized

Budi Kayamara Berjuang Bersama Kawan IIBF Jateng

kawan - iibf jateng

Perjuangan belum berakhir kawan, kalau dulu para pahlawan berjuang melawan penjajah negeri ini dengan bambu runcing dan jelas musuhnya adalah bangsa kolonial. Kali ini berbeda perjuangan kita lebih berat, perjuangan kita melawan hawa nafsu daripada bangsa sendiri.


“Perjuanganku lebih mudah karena melawan penjajah. Tapi perjuangan kalian akan lebih berat, karena melawan saudara sendiri,” itulah yang pernah dikatakan Ir. Soekarno, presiden pertama Republik Indonesia.


Dulu kita mungkin tidak akan membayangkan kemungkinan perkataan tersebut. Mana mungkin ada yang lebih sulit dari berjuang melawan penjajah? Namun jika kita kembali menelaah apa yang terjadi sekarang ini, kata-kata Soekarno kemungkinan besar memang benar adanya. Mungkin juga beliau sudah melihat tanda-tanda bagaimana kita kini memiliki tabiat yang tidak biasa.


Perjuangan bertahun-tahun melawan penjajah memang telah usai. Para penjajah berhasil diusir dari bumi Indonesia tercinta. Namun perjuangan kita belum benar-benar selesai. Ada banyak pekerjaan rumah bagi setiap lapisan masyarakat untuk membangun negara kita menjadi lebih kuat dan makmur. Tapi rupanya hal ini juga sama sekali tidak mudah, dan hal ini membuat kita kembali mengingat kata-kata Soekarno yang mungkin memang ada benarnya.


Keserakahan, ketamakan dan kesewang-wenangan menunjukan semua orang ingin kaya sendiri. Dulu di masa penjajahan, seluruh rakyat bersatu karena mereka memiliki musuh yang sama, yaitu para penjajah. Sekarang, kita harus berjuang melawan saudara sendiri untuk memajukan negara kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *