fbpx
Menu

Kerja Sama Syirkah Persewaan Molen Beton/Cor dengan Bagi Hasil 30% dari Profit (Syariah)

Dec
24
2018
by : .... Posted in : Blog, Investasi

SYIRKAH_SEWAMOLEN2

PELUANG SYIRKAH USAHA PERSEWAAN MOLEN COR

Assalamu ‘alaikum Wr. Wb. Bismillahirrahmanirrahim. Usaha molen cor mulai berkembang dan hampir peka jaman seiring berkembangnya bisnis property, dimana bisnis property tidak akan usang dimakan jaman. Banyak orang ataupun perusahaan yang mengalami masalah efisiensi dalam menejemen produktifitas kerja terutama dalam proyek pembangunan sarana property. Mesin Molen Cor atau mesin aduk cor merupakan salah satu peralatan yang di gunakan oleh pekerja konstruksi. Biasanya mesin molen di gunakan untuk membantu pekerja saat mengaduk semen. Dengan mesin ini hasil adukan akan tercampur lebih merata dan lebih bagus hasil pekerjaannya. Usaha ini pada umumnya saling berkaitan dengan usaha lain seperti toko besi dan bangunan, developer perumahan, pemborong, kontraktor, toko bahan bangunan, jasa konstruksi dengan demikian kunci dari kesuksesan bisnis ini ada pada jaringan tersebut. Pembangunan berbagai sarana fisik dan infrastruktur sudah bukan jaman lagi mengandalkan fisik manusia. Sehingga penggunaan alat sudah menjadi kebutuhan pokok dalam proses pembangunan sarana umum, gedung, jalan, jembatan, sekolah, mall dan lain sebagainya. Hal inilah yang membuat bisnis sewa alat molen cor mempunyai prospek cerah saat ini. Sangat sayang jika anda melewatkan peluang bisnis persewaan molen cor karena pembangunan fisik akan berlangsung secara terus menerus. Bukan hanya pembangunan jembatan, gedung, perumahan, pabrik, rumah sakit dll. Tapi dalam peristiwa bencana banjir, tanah longsor, gempa bumi dan lain-lain menambah peluang mempergunakan molen cor untuk proses pembangunan kembali. Namun sama seperti peralatan dan perlengkapan lain, molen cor bisa mengalami yang namanya kerusakan. Sehingga ketika anda membeli molen cor di toko pastikan mempunyai garansi. Berdasarkan penelitian ternyata umur ekonomis molen cor sampai lima tahun. Selepas 3-4 tahun maka molen cor cenderung akan mengalami kerusakan ringan hingga berat. Bagaimana anda tertarik untuk menekuni bisnis persewaan molen cor. Untuk itulah kami membuka peluang Syirkah atau kerja sama dengan akad syariah yang menerapkan prinsip sharing profit dan sharing resiko yang tentunya tidak hanya lebih untuk tetapi Inshaa Allah lebih berkah. Secara garis besar inilah beberapa alasan kenapa bisnis persewaan molen cor ini layak.

Kelebihan Usaha Rental Persewaan Molen Cor

  • Mudah dijalankan. Karena prinsip kerjanya sederhana, tak perlu menguasai ilmu bisnis secara mendalam untuk mengelolanya.
    Tak perlu karyawan terlalu banyak.
  • Cepat balik modal dan tentunya cepat Return of Investment (ROI).
  • Pangsa pasar jelas, calon pelanggan potensial untuk rental molen cor, scafolding, alat pemadat tanah adalah pengembang property dan pemborong bangunan.
  • Aset molen dapat dijual kembali.

GAMBARAN KEBUTUHAN MODAL

Berikut adalah gambaran perhitungan modal dan biaya – biaya sekaligus rencana penyediaanya yang diperlukan untuk memulai sebuah usaha persewaan alat molen cor dimana semua biaya, investasi dan  resiko ditanggung sendiri jika kita menjalankan usaha ini.

ANALISA BISNIS

Dalam usaha ini cukup menarik penghasilannya, untuk harga sewa molen cor dipasaran berkisar Rp. 150.000,- s/d Rp. 200.000,- perhari itu jika disewa langsung ke pengguna terakhir, namun jika melalui reseller / mitra penjual berkisar Rp. 100.000,- s/d Rp. 120.000,-. Sedangkan peluang penyewaan rata-rata adalah 15 s/d 20 hari dalam sebulan. Jika kita ambil nilai tengah untuk rata-rata harga sewa yaitu Rp. 170.000,- dengan jumlah hari disewa adalah 20 maka laba hasil sewa adalah Rp. 17.000.000,- /bulan untuk 5 unit molen cor yang keluar secara produktif. Berikut tabel perkiraan penghasilan per bulannya.

02. TABEL BISNIS

PELUANG SYIRKAH

Dengan syirkah maka resiko dapat diperkecil dan peluang saling memberi manfaat lebih besar. Dengan syirkah / kerjasama maka akan dibagi penanggungan resiko sesuai porsinya maka akan menjadi seperti berikut ini :

Kami kayamara group membuka peluang dengan dalam hal keikutsertaan modal mulai 1 unit molen cor atau Rp. 10.000.000,- dimana mitra tidak perlu menanggung biaya-biaya operasional yang tidak melekat pada aset yang dibeli. Sedangkan biaya-biaya yang melekat seperti biaya servis / perawatan dan biaya tak terduga yang melekat pada aset yang dibeli ditanggung dua belah pihak yaitu mitra dan kayamara group. Sedangkan nilai penyusutan aset molen cor ditangung oleh mitra dengan kata lain jika syirkah ini selesai masa kontraknya maka aset molen cor akan dijual dan 100% hasil penjualan akan dikembalikan kepada mitra. Dengan cara ini maka resiko mitra menjadi lebih kecil. Kenapa kayamara group dapat menerapkan cara ini ? karena beberapa fasilitas seperti nampak pada tabel sudah dimiliki oleh kayamara group untuk operasional bisnis lain sehingga dengan cara ini kayamara group memaksimalkan fungsi aset / fasilitas tersebut untuk mensubsidi silang program syirkah ini. Berikut adalah perhitungan syirkah yang kayamara group tawarkan. Berikut tabel penghasilan syirkah (gambaran) untuk 5 unit molen cor jika penghasilan konsisten seperti pada tabel diatas dimana 5 unit molen maksimal produktifitasnya yaitu memenuhi 20 hari tersewa:

03. TABEL SYIRKAH 5 PCS

Sehingga dengan kondisi tersebut diatas biaya-biaya jauh lebih murah jika mitra beSyirkah dengan kayamara daripada menjalankan bisnis sendiri. Jika menjalankan bisnis sendiri biaya operasional adalah Rp. 8.466.667,- / bulan menjadi Rp. 1.750.000,- / bulan.
Berikut tabel penghasilan syirkah (gambaran) untuk 1 unit molen cor jika penghasilan konsisten seperti pada tabel diatas dimana 1 unit molen maksimal produktifitasnya yaitu memenuhi 20 hari tersewa:

04. TABEL SYIRKAH 1 PCS04. TABEL SYIRKAH 1 PCS

Hasil ini tentunya jika kondisi sesuai dengan rencana dimana harga dan volume sewa benar-benar tercapai. Kondisi ini akan mampu mencapai Return of Investment (ROI) atas dana syirkah mitra kembali dalam hitungan kurang dari 1 tahun atau tepatnya 11 bulan dan mitra masih memiliki hak penuh atas hasil penjualan asset molen cor jika habis masa kerja samanya. Kerja sama ini rencananya akan dilakukan dengan tempo 3 tahun dan dapat diperbaharui sesuai dengan musyawarah mufakat.

KETENTUAN UMUM

Mitra selaku pemilik modal menyerahkan sejumlah uang tertentu kepada kayamara group untuk dipergunakan sebagai modal usaha untuk jenis usaha persewaan molen cor. Kayamara group selaku pengelola modal dari Mitra bertanggungjawab untuk mengelola usaha secara penuh. Kayamara menerima modal dalam bentuk uang dari mitra yang diserahkan pada saat perjanjian / sebelum syirkah disepakati dan ditandatangani. Mitra akan mendapatkan keuntungan bagi hasil usaha menurut persentase keuntungan yang telah disepakati bersama sebagaimana diatur dalam dalam perjanjian syirkah.

MODAL SYIRKAH

Besar uang modal usaha adalah minimal sebesar Rp. 10.000.000,- sesuai dengan harga 1 unit molen cor atau kelipatannya maksimal Rp.50.000.000,- atau 5 unit molen cor. Modal mitra tersebut diserahkan sebelum akad ini ditandatangani.

PENGELOLAAN USAHA

Kayamara bekerja mengelola usaha sebagaimana tercantum dalam akad syirkah. Dalam mengelola usahanya, kayamara bisa dibantu oleh sejumlah staf yang semuanya berstatus sebagai partner usaha, pekerja lepas ataupun karyawan.

PEMBAGIAN KEUNTUNGAN

Keuntungan usaha adalah keuntungan bersih berupa keuntungan (net profit) yang diperoleh dari kegiatan usaha dan bersifat relatif menyesuaikan volume penyewaan setiap bulannya. Keuntungan tersebut dikurangi zakat ( 2,5% dari profit ). Nisbah bagi hasil atas keuntungan usaha untuk mitra disepakati sebesar 30% & untuk kayamara 70% dari net profit. Pajak usaha adalah 1% dari omset usaha yang diambil tiap bulannya yang akan disetor kepada negara indonesia.

MENEJEMEN RESIKO

Semua kerugian usaha sebagaimana tercantum akad syirkah ditanggung oleh mitra dan kayamara sesuai porsinya dengan mengutamakan asas musyawarah/kekeluargaan dalam menyelesaikan masalah kerugian tanpa meninggalkan kewajiban. Berikut adalah tabel penaggungan resiko dalam akad syirkah ini.

05. TABEL RESIKO

LAPORAN

Tutup buku akhir usaha dilakukan setiap bulan. Laporan bulanan terinci mengenai hasil penyewaan molen akan dikirimkan paling lambat 10 hari pada bulan berikutnya oleh Kayamara kepada Mitra. Penyerahan hasil keuntungan sebagaimana dalam akad syirkah dilakukan selambatnya-lambatnya 10 hari setelah jatuh tempo pembayaran akan diserahkan melalui transfer ke nomor rekening mitra.

JANGKA WAKTU

Jangka waktu syirkah ini 36 bulan terhitung sejak akad syirkah ini disepakati dan ditandatangani. Ketika masa berakhirnya modal masih dalam bentuk asset barang maka akan dijual dan hasil penjualan molen 100% akan diserahkan kepada mitra. Akad syarikat ini akan ditinjau kembali setiap akhir periode untuk diperbarui dan/atau dimusyawarahkan kembali oleh kedua belah pihak.

HAK DAN KEWAJIBAN

Mitra berkewajiban untuk :

  • Tidak mencampuri kebijakan usaha yang sedang dijalankan oleh kayamara
  • Tidak melakukan pemaksaan kepada kayamara untuk menjalankan usul, saran, ataupun keinginannya dalam melaksanakan kegiatan usaha ini
  • Tidak melakukan kegiatan teknis di tempat usaha tanpa seizin kayamara
  • Tidak mengambil atau menambah sejumlah modal usaha sebelum masa kontrak
  • Tidak menjalankan bisnis usaha yang serupa dilakukan oleh kayamara
  • Berhak membatalkan perjanjian dan/atau mengambil kembali sebagian modal usaha dari kayamara setelah terbukti kayamara melakukan penyelewengan, pelanggaran hukum negara dan/atau mengkhianati isi akad ini
  • Berhak untuk menunjuk ahli waris yang akan menerima keuntungan bagi hasil usaha bila berhalangan, yang dibuktikan dengan surat kuasa bertandatangan diatas materai selama jangka waktu Syirkah

Kayamara berkewajiban untuk:

  • Mengelola modal usaha yang telah diterima dari mitra untuk suatu kegiatan usaha yang telah ditetapkan, selambat-lambatnya 1 minggu setelah akad disepakati
  • Membuat laporan periodik kegiatan usaha setiap bulan untuk diserahkan kepada mitra
  • Melaporkan hal-hal yang bersifat luar biasa/musibah yang terjadi ketika kegiatan usaha sedang berjalan kepada mitra selambat-lambatnya 10 hari setelah kejadian.
  • Wajib menyerahkan keuntungan bagi hasil kepada pewaris mitra bila berhalangan dan menunjuk seorang ahli warisnya untuk menerima keuntungan tersebut.
  • Berhak mengelola dan menentukan kebijakan-kebijakan dalam kegiatan usaha
  • Berhak membatalkan perjanjian dan/atau mengembalikan kembali sebagian modal usaha dari mitra setelah terbukti mitra melakukan penyelewengan, pelanggaran peraturan negara dan/atau mengkhianati isi akad ini.

PERSELISIHAN

Apabila terjadi perselisihan antara kedua belah pihak sehubungan dengan akad Syirkah ini, kedua belah pihak bersepakat menyelesaikannya secara musyawarah. Segala sesuatu yang merupakan hasil penyelesaian perselisihan akan dituangkan dalam suatu berita acara

PROSES KESEPAKATAN

Syirkah mengikat secara hukum kepada kedua belah pihak. Hal-hal lain yang mungkin kelak akan muncul dikemudian hari dan belum diatur dalam surat akad syirkah akan dimusyawarahkan kedua belah pihak dan akan dituangkan dalam bentuk addendum. Surat akad syirkah dibuat rangkap 2, seluruhnya ditandatangani oleh kedua belah pihak pada hari dan tanggal dimuka setelah dibubuhi materai.

Demikian, atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.
Wa’ala ikumssalam Wr. Wb.

Hormat kami,
Direksi
Budi Prihono, S.Sos

Lampiran : Download versi Pdf

 

*Perhitungan diatas berdasar harga sebelumnya, untuk perhitungan ter update menyesuaikan harga pasar saat ini

klikaja

artikel lainnya Kerja Sama Syirkah Persewaan Molen Beton/Cor dengan Bagi Hasil 30% dari Profit (Syariah)

Tuesday 20 February 2018 | Blog, Relasi

Investasi Network, Kayamara Silaturahmi ke Zaky Digital Media produsen jam digital masjid Jam digital masjid adalah…

Thursday 15 March 2018 | Bisnis, Blog

Kami Kayamara Advertising melayani segala pembuatan aksesoris property dari mulai pagar, teralis, jendela, kanopi, pagar dll…

Friday 16 November 2018 | Blog, Relasi

Kami segenap staff & menejemen KAYAMARA JAYA mengucapkan selamat dan sukses atas dibukanya outlet baru DOCAN…

Thursday 17 August 2017 | Blog

Inilah Cara Bagi Hasil Keuntungan Usaha untuk Investor , inilah Cara bagi hasil keuntungan usaha untuk…

Untuk ikut andil dalam melestarikan batik Indonesia, kami dari KAYAMARA BATIK ingin menawarkan produk sragam batik baik berupa kain ataupun sragam jadi yang dapat digunakan untuk keperluan kerja di kantor ataupun untuk acara-acara lainnya. Kami melayani pembuatan seragam batik lebih dari 5 tahun
Kami melayani berbagai pekerjaan besi dan baja ringan seperti kanop, teralis, pagar, baja ringan dan juga melayani persewaan molen cor. Kami memberikan servis untuk property anda dimana property rumah, tanah dan gedung memerlukan banyak perawatan agar memiliki nilai jual dan tahan lama dalam menunjang kegiatan usaha anda
Head Office: Jl. Salak 5 No. 125 RT. 4/19 Ngringo, Jaten, Karanganyar, 57772
0271-8202839
085647595948
085725072225
marketingkayamara@gmail.com